Ingin Pasang Pintu? Ketahui 5 Jenis Pintu Ini Supaya Tidak Salah Beli!

Ingin Pasang Pintu? Ketahui 5 Jenis Pintu Ini Supaya Tidak Salah Beli!

Buat kamu yang sedang renovasi rumah, pintu pastinya menjadi salah satu bagian rumah yang paling penting karena fungsinya yang esensial. Karena itu, mempelajari jenis-jenis pintu yang ada di pasaran bisa jadi hal yang sangat berguna buat kamu, khususnya untuk membantu kamu memilih jenis pintu apa yang paling pas buat setiap ruangan di rumah kamu.

Pintu punya banyak ragam jenisnya dan setiap pintu memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing. Dengan mempelajari ilmu ini, kamu juga bisa jadi tahu jenis pintu apa yang cocok dengan masing-masing ruangan di rumah kamu. Sebagai contoh, pintu lipat cocok dijadikan pintu untuk garasi mobil karena bentuknya memanjang dan bisa memberi bukaan yang luas.

Berikut penjelasan mengenai beragam jenis pintu yang ada di pasaran, berikut fungsi dan keunggulannya masing-masing:

Pintu Geser/Sorong (Sliding Door)

Tipe pintu ini memiliki roda-roda yang dipasang di bagian atas pintu dan dapat digerakkan sepanjang rel pintu. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menggesernya ke kiri atau ke kanan. Ada juga pintu geser/sorong yang dibuka secara vertikal, tapi jenis ini cenderung digunakan di pabrik-pabrik, bukan di rumah.

Keunggulan dari pintu jenis ini adalah bisa menghemat ruang karena tidak memakan banyak tempat saat dibuka. Pintu geser juga cocok digunakan pada ruangan yang ukurannya sempit dan bentuknya memanjang.

Beberapa pintu geser juga dilengkapi dengan kaca sebagai bagian dari panel pintu. Kalau kamu memiliki ruangan di rumah yang perlu menerima lebih banyak sinar matahari, kamu bisa memilih pintu geser dengan kaca pada panelnya.

Pintu Sayap (Swing Door)

Pintu sayap adalah jenis pintu yang paling terkenal dan paling sering digunakan karena bisa memenuhi banyak kebutuhan dan cocok dengan berbagai jenis ruangan. Biasanya, pintu jenis ini terdiri dari kusen, daun pintu, engsel, gagang pintu, dan kunci.

Kamu bisa pilih antara tipe tunggal atau tipe ganda, sesuai ukuran ruangan kamu. Bukaan pintu sayap biasanya mencapai sudut 90 derajat saat dibuka.

Salah satu keunggulan jenis pintu ini adalah pemasangannya yang mudah karena terdiri dari komponen yang tidak banyak dan strukturnya juga sederhana.

Pintu sayap yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dapat bertahan lama. Karena itu, kamu dapat memasang pintu ini di ruangan di mana banyak orang atau anggota keluarga akan sering berlalu lalang.

Kamu juga dapat memasangnya pada kamar pribadi karena jenis pintu ini memberi privasi lebih, kedap suara, dan tidak banyak celahnya.

Pintu Lipat (Folding Door)

Bentuk pintu lipat cenderung lebar dan terdiri dari beberapa daun pintu yang saling berkaitan. Bisa dibilang, pintu lipat adalah gabungan dari pintu jenis swing dan pintu jenis sayap karena memiliki komponen yang mirip (rel, engsel, daun pintu).

Untuk menggunakannya, kamu perlu mendorongnya ke kiri atau ke kanan. Pintu akan terbuka dengan cara melipatkan daun pintu ke daun pintu di belakangnya.

Jenis pintu ini cocok dipasang di ruangan dengan bukaan yang besar, seperti di garasi mobil. Pintu ini juga tidak memakan banyak tempat karena hanya perlu digeser secara horizontal.

Pintu Putar (Pivot Door)

Pintu putar memiliki sumbu yang terletak di bagian atas dan bagian bawah daun pintu. Jadi, untuk membukanya, kamu perlu mendorongnya dan pintu akan terbuka dengan cara berputar.

Keunggulan dari pintu jenis ini tentu saja desainnya yang unik yang menjadi daya tarik. Karena desainnya yang tidak biasa, pintu putar juga dapat membuat suatu hunian terlihat mewah.

Jenis pintu ini juga terlihat sangat estetis dan bisa memberi nilai tambah untuk properti kamu.

Jenis pintu ini juga gampang dan praktis buat digunakan karena kamu tinggal mendorongnya saja. Pintu ini bisa kamu gunakan buat ruangan tersembunyi karena bentuknya yang mampu tersamar dengan dinding. Pintu putar juga bisa digunakan sebagai pembatas bagian dalam rumah dan halaman belakang karena bukaannya yang lumayan luas.

Pintu Gulung (Rolling Door)

Jenis pintu ini dapat digulung ke atas untuk dibuka, dan ditarik ke bawah untuk ditutup. Terdapat roll box di bagian atas pintu di mana pintu akan tergulung saat bergerak ke atas.

Ada dua jenis pintu gulung, berdasarkan cara mengoperasikannya. Yang pertama adalah cara manual, di mana kamu bisa mendorongnya dengan menggunakan tenaga sendiri. Yang kedua, kamu bisa mengoperasikannya secara otomatis, dengan memencet tombol pada remot.

Keunggulan pintu gulung ini adalah perawatannya yang gampang, keamanannya yang baik, dan kemudahan membuka-menutup pintu kalau kamu memilih pintu gulung otomatis. Selain itu, pintu gulung juga gak memakan banyak tempat.

Pintu gulung biasanya dipakai sebagai pintu garasi, gudang, dan juga pintu toko-toko di mal.

Europe Enchanting memiliki koleksi pintu hunian dengan tampilan yang estetis, harga terjangkau, dan terbuat dari bahan aluminium alloy yang kuat dan anti korosi. Koleksi pintu Enchanting siap untuk mempercantik hunian kamu.

Penutup 

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis pintu yang bisa kamu temukan di marketplace beserta keunggulan-keunggulannya. Kami harap kamu bisa dapat banyak manfaat dari penjelasan kami. 

Temukan koleksi pintu cantik dari Enchanting di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.

Back to blog