Kamar Mandi Skandinavia

5 Tips Merancang Kamar Mandi Skandinavia, Minimalis Estetis!

Anda sedang mendekorasi kamar mandi? Kamar mandi Skandinavia dapat menjadi salah satu tema interior untuk dipertimbangkan. Tahukah Anda mengenai desain Skandinavia? Jenis desain ini mencuat pada awal abad ke-20 dan berkembang di negara-negara Nordik, seperti Denmark, Finland, Norway, Sweden, dan Iceland. Sifat dari desain Skandinavia adalah kesederhanaan, minimalisme, dan fungsionalitas ketimbang estetika. Desain ini terinspirasi dari alam dan juga cuaca. Karena itu, banyak elemen alami yang digunakan pada desain Skandinavia. Jika Anda menyukai desain interior yang sederhana, terlihat bersih, dan penuh elemen natural, Anda dapat memilih desain interior Skandinavia. Anda dapat menerapkannya pada berbagai ruangan di hunian Anda, termasuk di kamar mandi. Dengan memilih gaya Skandinavia di kamar mandi Anda, Anda dapat memaksimalkan ruang dan membuatnya terlihat bersih, luas, dan rapi. Hal ini tentu berguna, khususnya jika Anda memiliki kamar mandi dengan ruang yang terbatas. Berikut adalah beberapa tips mengenai cara menerapkan desain Skandinavia di dalam rumah, khususnya pada kamar mandi.
  • Memaksimalkan Ruang Penyimpanan

Salah satu ciri khas gaya Skandinavia adalah ruangan yang terlihat bersih dan rapi. Hal ini dapat diwujudkan dengan cara memaksimalkan ruang penyimpanan yang ada. Hindari penyimpanan alat-alat kamar mandi Anda di tempat-tempat yang terbuka karena akan terlihat berantakan. Untuk kamar mandi dengan ukuran terbatas, Anda dapat memilih ruang penyimpanan tanpa kaki, seperti kabinet gantung. Dengan begitu, kamar mandi akan terlihat lebih luas. Anda juga dapat menyiasati keterbatasan ruang di kamar mandi dengan memilih kaca dengan kabinet di dalamnya. Anda dapat memilih ruang penyimpanan yang memiliki bentuk sederhana dan terbuat dari kayu untuk menyerupai desain Skandinavia.
  • Minim Dekorasi

Karena gaya Skandinavia cenderung sederhana, maka dekorasi yang digunakan di kamar mandi bertema Skandinavia juga dapat dibilang tidak banyak. Namun, hal tersebut tentu dapat disesuaikan dengan selera Anda. Gaya Skandinavia juga menggunakan tanaman sebagai salah satu elemen dekorasi karena gaya ini erat dengan elemen-elemen alami. Anda juga dapat menggunakan kaca sebagai elemen dekorasi untuk memaksimalkan cahaya alami yang ada di kamar mandi Anda.
  • Pencahayaan

Pada interior bergaya Skandinavia, pencahayaan alami menjadi pilihan. Untuk memaksimalkan pencahayaan alami di kamar mandi Anda, Anda dapat memasang kaca di tempat-tempat yang strategis, yang dapat memantulkan cahaya alami dari matahari. Anda dapat mengkombinasikan cahaya alami dengan cahaya dari lampu untuk memaksimalkan penerangan di kamar mandi Anda.
  • Pemilihan Warna

Warna yang sering digunakan pada interior Skandinavia adalah warna putih. Namun, skema warna putih monokrom dapat terlihat monoton dan kurang berkarakter. Anda dapat menggabungkan warna putih dengan warna-warna soft, seperti biru muda dan hijau muda, untuk menambah warna pada interior kamar mandi Anda. Kalau masih terasa kurang, Anda dapat menambahkan juga warna-warna berani seperti merah dan oranye. Namun, warna-warna tersebut dapat digunakan sebagai pelengkap saja.
  • Elemen-elemen Natural

Desain interior Skandinavia juga banyak menggunakan elemen-elemen natural, seperti batu-batuan dan juga kayu. Karena itu, Anda juga dapat menggunakan elemen-elemen ini di dalam kamar mandi Anda. Selain terlihat lebih natural, elemen-elemen alami ini juga dapat membuat kamar mandi terlihat lebih mewan dan elegan.
Kamar Mandi Skandinavia Ingin kamar mandi yang terlihat minimalis dan elegan? Pertimbangkan kamar mandi Skandinavia!

Penutup

Demikian beberapa tips yang dapat kami sampaikan mengenai cara menerapkan desain Skandinavia di rumah, khususnya di kamar mandi. Untuk melengkapi desain interior Skandinavia, Anda dapat memilih perabot kamar mandi dari Europe Enchanting. Desain perabot kamar mandi kami termasuk minimalis namun tetap mewah dan elegan. Terbuat dari material berkualitas, perabot kamar mandi Europe Enchanting juga tahan lama dan kuat. Anda dapat menemukan koleksi perabot kamar mandi kami di official store Europe Enchanting di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog