5 Tips untuk Memilih Lampu Dapur yang Pas dengan Dapur Anda!

5 Tips untuk Memilih Lampu Dapur yang Pas dengan Dapur Anda!

Saat memilih lampu dapur, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Lampu adalah salah satu bagian dari suatu hunian yang memiliki fungsi yang sangat penting. Dengan adanya lampu, Anda dapat beraktivitas dengan lebih baik, khususnya pada malam hari dan jika hunian Anda tidak memiliki pencahayaan yang cukup. Berkat lampu, Anda juga dapat terhindar dari bahaya kecelakaan yang dapat saja terjadi, seperti bahaya tersandung atau bahaya-bahaya lainnya yang berhubungan dengan aktivitas Anda. Salah satu ruangan di dalam rumah yang sangat membutuhkan lampu adalah dapur. Kegiatan menyiapkan makanan, memasak, dan mencuci piring semua membutuhkan lampu. Tanpa adanya penerangan yang cukup, aktivitas di dapur akan sulit berjalan dan kecelakaan akan sangat rentan terjadi. Tidak hanya untuk membantu supaya aktivitas berjalan lancar, lampu yang dipasang di dapur juga dapat membantu menciptakan suasana. Jika Anda ingin menciptakan suasana yang romantis atau hangat, Anda dapat bermain dengan warna dan tampilan lampu dapur. Dalam memilih lampu dapur, Anda dapat mempertimbangkan beberapa faktor sebelum membeli. Karena, jika Anda membeli lampu dapur tanpa pertimbangan yang matang, ada kemungkinan lampu yang Anda beli tidak akan berfungsi dengan maksimal. Karena itu, berikut panduan yang dapat kami sampaikan mengenai cara memilih lampu untuk dapur Anda:
  • Menyesuaikan Lampu dengan Warna Dinding

Jika warna dinding di dapur Anda cenderung gelap, maka ada baiknya Anda memilih lampu dapur dengan warna yang lebih terang, seperti warna putih. Atau, Anda juga dapat memilih lampu dapur dengan pencahayaan yang lebih kuat. Dengan begitu, Anda dapat menyeimbangkan cahaya lampu Anda dengan warna dinding di dapur Anda, sehingga terhindar dari tampilan dapur yang terkesan suram.
  • Menyesuaikan dengan Luas Ruangan

Kalau dapur Anda berukuran luas, Anda dapat memilih lampu yang lebih besar ukurannya untuk dipasang di dapur, seperti lampu chandelier. Begitupun sebaliknya, jika ukuran dapur Anda terbatas, Anda dapat memilih lampu dengan ukuran yang lebih ramping, seperti lampu gantung tunggal. Jumlah lampu yang Anda pasang di dapur juga dapat disesuaikan dengan luas ruang. Untuk dapur yang luas, Anda dapat memasang lebih banyak lampu. Namun, untuk dapur yang berukuran terbatas, Anda mungkin perlu membatasi jumlah lampu yang dipasang.
  • Menyesuaikan dengan Tema Interior

Jika tema interior dapur Anda bergaya klasik, Anda dapat menyesuaikan tampilan lampu Anda dan memilih lampu-lampu dengan karakter klasik yang kuat, seperti lampu chandelier. Namun, untuk dapur dengan tema minimalis, Anda dapat memilih lampu yang tampilannya lebih sederhana, seperti lampu downlight.
  • Menyesuaikan dengan Budget

Hal yang tidak kalah penting adalah menyesuaikan budget dengan lampu yang ingin dibeli. Jika Anda sedang menghemat, Anda dapat memilih lampu LED, dimana lampu ini jauh lebih menghemat energi dari lampu bohlam biasa. Tidak hanya itu, lampu LED juga memiliki daya tahan yang lebih lama, dengan umur sekitar 10,000 sampai 50,000 jam.
  • Memilih Lampu Sesuai Fungsi

Anda juga dapat memilih lampu dapur sesuai fungsinya, yaitu sesuai jenis aktivitas yang sering dilakukan di dapur. Untuk kegiatan menyiapkan makanan atau mencuci piring dan makanan, Anda dapat menggunakan task lighting. Lampu ini cenderung terletak di bawah kabinet atas dan menyorot langsung ke countertop dapur. Untuk menunjang suasana atau menyorot suatu titik fokal (focal point) di dapur Anda, Anda dapat menggunakan spotlight (lampu sorot). Anda juga dapat menggunakan lampu dekoratif, seperti chandelier dan lampu gantung, untuk mempercantik dapur dan menunjang suasana. Selain itu, jika Anda butuh lampu yang dapat menerangi keseluruhan ruangan dapur dan membantu mobilitas pengguna dapur, Anda dapat memasang general lighting, yaitu lampu utama dengan sudut sinar yang lebar.
Memilih Lampu Dapur Sebelum memilih lampu dapur, pertimbangkan dahulu beberapa hal yang tertera di artikel ini.

Penutup

Demikian panduan yang dapat kami sampaikan mengenai cara memilih lampu dapur. Kami harap panduan kami dapat memberi manfaat. Anda juga dapat menemukan koleksi lampu dapur yang berkualitas tinggi di Europe Enchanting. Kami menghadirkan beragam jenis lampu, mulai dari lampu dekoratif sampai lampu downlight, yang dapat Anda pilih untuk menghiasi dapur Anda. Anda dapat menemukan koleksi lampu kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog