Menjaga Pola Makan

6 Tips untuk Menjaga Pola Makan! Mudah dan Tidak Menyiksa!

Menjaga pola makan sangatlah penting! Apa rahasia hidup yang bahagia? Tentu salah satunya adalah kesehatan fisik. Tanpa memiliki kesehatan fisik, banyak hal yang tidak dapat dinikmati. Tanpa kesehatan fisik, menikmati hidup juga tidak akan maksimal. Salah satu cara untuk menjaga dan merawat kesehatan fisik adalah dengan menjaga pola makan dan membangun pola makan yang sehat. Dalam menjaga dan membangun pola makan yang baik, Anda tidak perlu mengambil langkah yang ekstrim ataupun menyiksa. Ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda ikuti. Menjaga pola makan bukanlah hal yang sulit. Berikut tips dari kami mengenai cara menjaga pola makan:
  • Cukup Minum Air Putih

Air putih sangat berguna untuk menjaga kesehatan ginjal Anda dan menghindari Anda dari dehidrasi. Air putih juga baik untuk menjaga pencernaan, konsentrasi, dan stamina Anda. Kadar air putih yang direkomendasikan adalah setidaknya 8 gelas per harinya. Namun, jika Anda kesulitan untuk memenuhi jumlah asupan cairan tersebut, Anda dapat memakai dan membawa botol minum dengan kapasitas besar. Dengan memakai botol minum berkapasitas besar, hal ini dapat meminimalisir aktivitas mengisi air pada wadah air, sehingga membuat kegiatan memenuhi asupan cairan menjadi lebih praktis.
  • Memilih Catering Makanan Sehat

Jika Anda terlalu sibuk untuk memasak dan menyiapkan makanan, Anda dapat memilih untuk berlangganan pada usaha catering yang khusus menyediakan makanan sehat. Zaman ini, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai usaha catering yang menyediakan makanan sehat. Usaha catering tersebut juga sangat memperhatikan gizi. Tidak hanya itu saja, jenis makanan yang ditawarkan juga beragam, mulai dari makanan Nusantara sampai makanan khas luar negeri. Rasa yang ditawarkan juga lezat.
  • Mengganti atau Membatasi Konsumsi Cemilan

Anda pasti sudah mengenal bahaya mengkonsumsi gorengan dalam jumlah banyak. Dan, minum kopi atau minuman manis lainnya secara rutin sudah pasti berdampak buruk pada kesehatan. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengganti cemilan dengan cemilan yang lebih sehat. Zaman sekarang, sudah banyak cemilan sehat yang dapat ditemukan dengan mudah, seperti protein bars atau oat cookies. Atau, Anda juga dapat memilih untuk mengkonsumsi buah-buahan sebagai ganti cemilan. Jika cemilan sehat membuat Anda cepat bosan, Anda juga dapat membuat cemilan sendiri, namun dengan proses dan bahan yang sehat, seperti bakwan goreng dengan adonan tepung terigu yang diganti dengan oatmeal. Namun, jika memang Anda memiliki cemilan yang sangat Anda sukai, Anda dapat membatasi konsumsinya, mungkin menjadi hanya dua kali seminggu. Selebihnya, Anda dapat mengkonsumsi cemilan sehat yang pas dengan selera Anda.
  • Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Bagaimanapun juga, buah dan sayuran adalah jenis makanan yang baik untuk kesehatan Anda. Namun, jika Anda tidak menyukai rasa buah atau sayuran, Anda dapat menyiasatinya dengan memasak atau menyiapkannya sesuai selera Anda. Anda juga dapat menggunakan saus untuk disantap bersama buah dan sayuran, sehingga rasanya tidak terlalu pahit atau hambar. Atau, Anda dapat menggabungkan buah dan sayuran dengan makanan yang Anda sukai. Sebagai contoh, Anda dapat mengkonsumsi selada air bersama dengan daging untuk mengurangi rasa pahit pada selada tersebut. Mengkonsumsi buah dan sayuran tidak harus monoton atau menyiksa. Anda dapat menemukan cara-cara kreatif untuk memenuhi asupan buah dan sayuran.
  • Mengkonsumsi Suplemen

Untuk melengkapi kebutuhan gizi harian Anda, Anda dapat mengkonsumsi suplemen sesuai kebutuhan. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai macam suplemen kesehatan. Namun, pastikan suplemen yang dipilih aman untuk kesehatan. Jika Anda kurang yakin akan suplemen mana yang Anda butuhkan, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi. Pastikan juga Anda tetap mengkonsumsi makanan sesuai kebutuhan gizi.
  • Meal Prep dan Membuat Jadwal

Untuk mengurangi waktu memikirkan menu makanan setiap harinya, Anda dapat membuat jadwal makanan yang ingin dimasak, seperti yang dilakukan oleh usaha-usaha catering. Atau, jika Anda tidak memiliki banyak waktu setiap harinya untuk memasak, Anda dapat melakukan meal prep, yaitu penyiapan makanan dalam jumlah banyak untuk dikonsumsi dalam jangka waktu beberapa hari.
Menjaga Pola Makan Ternyata, menjaga pola makan tidak sesulit yang dipikirkan! Ketahui siasat-siasatnya!

Penutup

Demikian tips yang dapat kami sampaikan mengenai cara-cara menjaga pola makan dan membangun pola makan yang sehat. Kami harap tips yang kami sampaikan dapat membawa manfaat untuk Anda dan keluarga. Untuk menunjang kegiatan menyiapkan dan mencuci makanan Anda, Anda dapat memilih dari koleksi bak cuci piring dan keran dapur Europe Enchanting. Beberapa dari koleksi kami memiliki fitur-fitur canggih, seperti kepala keran yang dapat ditarik dan digerak-gerakkan. Bak cuci piring kami terbuat dari bahan berkualitas tinggi, yaitu stainless steel, yang berupa baja tahan karat yang anti korosi dan memiliki daya tahan yang kuat. Selain itu, keran dapur kami terbuat dari bahan kuningan premium, yaitu bahan yang dapat menjaga kualitas dan kebersihan air dan juga anti korosi. Menjaga pola makan akan menjadi lebih praktis bersama perabot dapur dari Europe Enchanting. Anda dapat menemukan koleksi perabot dapur kami melalui official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog