Penting! Pelajari Bagian Pintu Rumah Supaya Lebih Mudah Membeli dan Merawatnya!

Penting! Pelajari Bagian Pintu Rumah Supaya Lebih Mudah Membeli dan Merawatnya!

Buat kamu yang sedang renov rumah, tentunya, semakin mengenal setiap bagian rumah akan semakin baik untuk proses renovasimu. Karena, dengan begitu, kamu dapat mengetahui bagian apa yang perlu/tidak perlu diperbaharui, apakah benda-benda untuk renovasi sudah disiapkan dengan lengkap, dan kamu tidak akan mudah dibohongi oleh pihak ketiga yang membantumu merenovasi. 

Salah satu bagian rumah yang bisa kamu pelajari adalah pintu dan segala bagiannya. Pintu tidak hanya terdiri dari daun pintu saja. Banyak perincian lainnya yang perlu kamu ketahui. Dengan mempelajari bagian-bagian pintu, kamu juga bisa belanja dengan lebih mudah jika ada bagian yang rusak atau perlu diganti.
 
Berikut penjelasan mengenai pintu dan bagian-bagiannya:

Kusen Pintu

Kusen pintu adalah bagian yang bentuknya seperti bingkai yang mengelilingi tiga segi daun pintu. Fungsi kusen pintu adalah untuk menghubungkan daun pintu dengan dinding di mana daun pintu akan dipasang. Tanpa ada kusen pintu, daun pintu tidak akan terpasang dengan kokoh dan akan terlihat berantakan hasilnya. 
Bahan kusen pintu beragam. Ada yang terbuat dari beton, PVC, galvalume, dan beragam jenis kayu. Pemilihan kusen pintu bisa kamu sesuaikan dengan harga dan gaya interior rumah kamu. Pastikan juga kusen yang kamu pilih kokoh, anti rayap, dan tahan air.
 

Daun Pintu

Komponen pintu berikutnya adalah daun pintu. Daun pintu adalah bagian pintu yang menutupi bagian dalam rumah/kamar dari bagian luar dan dapat dibuka-tutup. Tentunya, bagian ini sangatlah penting. 
Daun pintu tersedia dalam beragam bahan, seperti PVC, kayu, galvalume, dsb. Kamu juga bisa memasang kaca di bagian tengah daun pintu kalau memang dibutuhkan, seperti untuk di kantor. Tapi, kalau kamu memerlukan privasi, kamu bisa pilih daun pintu yang terbuat dari bahan tidak tembus pandang. 
Kalau kamu memilih daun pintu berbahan kayu, kamu bisa request untuk menambah ukiran, mulai dari ukiran sederhana sampai yang lebih dekoratif. Hal ini tentu saja bisa mempercantik interior rumah kamu.  
Sama seperti kusen pintu, pastikan kamu memilih daun pintu yang kokoh, anti rayap, dan tahan air.

Engsel Pintu

Komponen yang membantu daun pintu bergerak adalah engsel pintu. Tentu saja, jumlah dan bahan engsel pintu dapat disesuaikan dengan berat dan bahan daun pintu. Daun pintu yang terbuat dari bahan ringan, seperti PVC, mungkin hanya membutuhkan 2 engsel pintu saja. Untuk daun pintu yang lebih berat, kamu bisa menggunakan lebih dari 2 engsel pintu.  
Bahan dan daya engsel pintu juga dapat dipilih sesuai frekuensi penggunaan pintu, ketebalan daun pintu, dan ukuran pintu. 
Engsel pintu yang kuat dan awet biasanya terbuat dari kuningan, stainless steel, atau baja. Bahan stainless steel berupa yang paling bagus karena tahan karat dan tahan aus. 
Kamu juga bisa memperhatikan arah bukaan pintu untuk memilih bentuk engsel pintu.
Kalau bukaan pintu hanya 1 arah saja, engsel pintu kupu-kupu adalah pilihan yang pas. Kalau bukaan pintu lebih dari 1 arah, akan lebih cocok kalau kamu memilih engsel pivot atau engsel cowboy. Kalau kamu menginginkan daun pintu tertutup otomatis, kamu bisa pilih engsel tanam yang pemasangannya di lantai (nama lainnya adalah floor hinge).
 

Lever Handle 

Lever handle (tuas tangan) adalah bagian pintu yang membantu kamu membuka-tutup pintu. 
Di pasaran, terdapat berbagai macam tuas tangan, mulai dari bentuknya sampai materialnya. Kamu bisa memilihnya berdasarkan gaya interior rumahmu, beban daun pintu, atau siapa yang akan menggunakannya. Jika pintu akan digunakan oleh banyak orang, kamu bisa pilih pintu dengan gagang panjang, sehingga akan mudah untuk digenggam dan didorong. Jika pintu akan digunakan oleh anak-anak yang masih kecil, kamu bisa pilih tuas pintu yang tidak tajam, untuk meminimalisir kecelakaan saat anak-anak menggunakannya. 
Kalau kamu ingin keamanan lebih, kamu bisa memilih tuas tangan canggih, di mana penggunaannya bisa dengan sidik jari, pin, atau kartu khusus. 

Lock Case

Untuk beberapa jenis lever handle (tuas tangan), kamu memerlukan lock case untuk menggunakannya. Lock case adalah bagian dari kunci pintu yang fungsinya adalah mengunci dan membuka pintu. Karena itu, fungsi utama lock case adalah membantu menjaga keamanan. Tidak semua tuas tangan lengkap dengan lock case. Tuas tangan yang memiliki anak kunci saja yang sudah dilengkapi dengan benda ini.

Kunci Silinder

Kalau kamu memerlukan daun pintu untuk dapat dikunci, kamu bisa memilih tuas tangan yang dilengkapi kunci silinder. Terkadang, kunci silinder ini satu paket dengan lockcase karena fungsi kedua benda ini adalah untuk mengunci dan membuka kunci pada daun pintu.
 
Supaya kunci silinder kamu kuat dan awet, kamu bisa pilih yang bahannya dari kuningan (brass). Bahan ini cukup kuat dan tahan lama walau sering digunakan. 
Untuk menjaga keamanan rumahmu, kamu bisa memilih kunci silinder dengan teknologi canggih yang tidak akan mudah dibobol atau diduplikat. 

Penutup

Demikian penjelasan mengenai komponen-komponen yang ada di salah satu obyek rumah paling penting yaitu pintu. Kami harap penjelasan yang kami berikan bermanfaat untuk kamu, khususnya untuk proyek renovasi atau pembetulan rumahmu.
 
Europe Enchanting memiliki koleksi daun pintu, gagang, dan E-lock berkualitas premium yang bisa kamu pilih untuk melengkapi rumah kamu. Temukan koleksi kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat. 
Back to blog