Ih, Geli! Yuk, Bersihkan Bak dari Jamur Bersama 5 Cara Praktis Ini!

Ih, Geli! Yuk, Bersihkan Bak dari Jamur Bersama 5 Cara Praktis Ini!

Kapan kamu baru tahu kalau ternyata jamur juga bisa tumbuh di permukaan bak cuci piring? Iya, ternyata bisa, loh! 

Bak cuci piring yang sering dipakai pasti sering ada dalam keadaan lembab. Karena itu, kondisi inilah yang disiasati oleh jamur untuk berkembang biak. 

Walau bak cuci piring kamu mungkin terbuat dari stainless steel, tetap aja, loh, jamur bisa bertumbuh. Karena, bahan stainless steel hanya tahan terhadap karat dan korosi, namun tidak terhadap jamur. 

Apalagi, kalau kamu sering membiarkan sampah organik mengendap di bak, seperti sisa sabun atau sisa makanan, jamur akan menjadikannya nutrisi untuk bertumbuh dan berkembang. 

Adanya jamur pada bak cuci piring kamu bisa memicu beragam masalah. Misalnya, spora, yaitu salah satu sel inti yang fungsinya adalah untuk perkembangbiakan, bisa saja lepas ke udara dan masuk ke sistem pernapasan melalui jamur yang ada di bak cuci piring. 

Jamur yang bertumbuh di bak cuci piring juga bisa mengkontaminasi bahan makanan yang disiapkan di dalam bak cuci piring. Jika bahan makanan tidak dibersihkan secara teliti, bisa saja jamur menempel dan meracuni bahan makanan tersebut. 

Yuk, cari tahu cara menghadapi dan membersihkan jamur yang ada di bak cuci piring, supaya lingkungan dapur dan bahan makanan jadi lebih terjaga! 

  • Pakai Cuka 

Cuka adalah bahan yang sifatnya asam, dan jamur tidak bisa berkembang biak jika bersentuhan dengan bahan yang bersifat asam. Sifat asam pada cuka juga memiliki sifat antimikroba alami yang mampu membunuh berbagai jenis jamur. 

Untuk menggunakannya, tuang cuka ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan ke area yang berjamur. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian, lap sampai bersih. 

  • Soda Kue

Soda kue memiliki sifat basa yang bisa mengganggu pH lingkungan di mana jamur bertumbuh. Saat soda kue bersentuhan dengan jamur, perubahan pH yang terjadi akan menghambat pertumbuhan jamur. 

Saat dilarutkan dengan air, soda kue akan terbentuk menjadi pasta yang memiliki sifat abrasif lembut. Larutan ini mampu mengangkat dan menghilangkan spora jamur dari permukaan yang berjamur.  

Untuk menggunakannya, larutkan soda kue dengan air. Kemudian, tuang larutan tersebut ke dalam botol semprot. Kocok larutan dan semprotkan ke bagian yang berjamur. Lalu, gosok bagian tersebut dengan sikat atau sabut gosok. Terakhir, bilas dengan air hangat. Ulangi jika perlu. 

  • Gel Silika 

Kamu juga bisa pakai gel silika untuk menyerap kelembaban, khususnya kelembaban yang ada di bagian bawah bak cuci piring. 

Gel silika mampu menyerap kandungan air yang ada di udara, mengurangi kelembaban, dan menghilangkan bau tak sedap yang disebabkan oleh kelembaban. 

Untuk menggunakannya, kamu tinggal menaruh sachet gel silika di tempat yang berjamur. Diamkan sampai area di sekitarnya menjadi kering. Setelah itu, buang sachet gel dan gunakan yang baru kalau ingin memakainya lagi. Karena, gel silika memiliki kapasitas penyerapan yang terbatas. 

  • Pembersih Anti-jamur Komersial

Kamu juga bisa pakai pembersih anti-jamur dalam bentuk larutan yang bisa kamu semprot langsung ke area yang berjamur. Pembersih ini bisa kamu temukan dengan mudah di marketplace dengan harga yang cukup terjangkau. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa semprotkan pembersih di area yang berjamur. Diamkan selama 30 menit. Kemudian, lap atau bilas dengan air sampai bersih. 

  • Betulkan Kebocoran 

Kran air atau pipa yang bocor bisa dimanfaatkan oleh jamur untuk bertumbuh. Karena, jamur suka dengan lingkungan yang lembab. Air mendukung proses metabolisme jamur dan mempercepat proses jamur untuk berkembang biak. 

Jamur juga membutuhkan air untuk pertumbuhan sel, sehingga lingkungan yang berair menjadi lingkungan yang ideal untuk jamur. 

Karena itu, ada baiknya kamu segera membetulkan keran air atau pipa yang bocor. Check kran dan pipa secara berkala setidaknya sekali per bulan untuk mencari tanda-tanda kebocoran. 

Penutup 

Bersama tips dari artikel ini, kami harap kamu bisa mengatasi masalah jamur di bak cuci piring kamu dengan lebih maksimal. 

Jika kamu tengah mencari bak cuci piring untuk mengganti bak lama yang sudah rusak, yuk, check koleksi bak cuci piring dari Europe Enchanting! Ada beragam bak yang bisa kamu pilih, dengan beragam fitur dan harga menarik! Temukan di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat! 

Back to blog