Backsplash Dapur

Bingung Cara Memilih Backsplash Dapur? Simak Artikel Ini!

Backsplash dapur adalah bidang dinding yang terletak di antara kabinet bagian atas dan kabinet bawah. Biasanya, bidang dinding ini memanjang sepanjang countertop dapur dan cenderung berada dekat kompor dan bak cuci piring. Fungsi utama dari backsplash adalah untuk melindungi permukaan dinding dari air, noda, atau minyak yang disebabkan oleh aktivitas memasak, mencuci piring, dan menyiapkan makanan. Karena menjaga kebersihan dinding, tentu saja keberadaan backsplash menjadi hal yang penting. Di pasaran, Anda dapat menemukan beragam jenis backsplash. Berikut adalah beberapa dari material backsplash yang dapat Anda temukan:
  • Bahan Keramik

Keramik adalah salah satu bahan backsplash yang mudah untuk dibersihkan karena tahan terhadap noda, bahkan untuk noda yang membandel sekalipun. Untuk membersihkan noda di permukaannya, Anda hanya perlu menggunakan lap basah. Tidak hanya itu, bahan keramik ini juga hadir dalam berbagai motif, warna, bentuk, dan juga ukuran. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk memilih tampilan dan ukuran backsplash yang sesuai dengan selera Anda.
  • Marmer dan Granit

Bahan marmer dan juga granit adalah pilihan yang cukup populer sebagai bahan backsplash. Kedua bahan ini mampu memberi tampilan yang mewah pada dapur Anda. Selain itu, marmer dan granit juga mudah untuk dibersihkan, sehingga perawatannya pun praktis. Satu lagi keunggulan marmer dan granit adalah ketebalannya yang mencapai 2 cm. Hal ini menghasilkan kualitas backsplash yang tidak mudah pecah dan juga tahan lama.
  • Kaca

Kalau Anda ingin menciptakan tampilan dapur yang terlihat unik, bersih dan modern, Anda dapat memilih bahan kaca sebagai backsplash dapur Anda. Seperti halnya keramik, bahan kaca juga mudah untuk dibersihkan. Hanya saja, Anda perlu menjaga kebersihannya karena bahan ini cenderung cepat memburam jika tidak sering dibersihkan. Anda dapat memilih dari bahan kaca buram (sandblast) atau kaca warna (tinted glass).
  • Stainless Steel

Bahan stainless steel adalah bahan yang tahan karat, tahan korosi, kuat, dan juga tahan lama. Tidak hanya itu, bahan ini juga memiliki permukaan yang mudah dibersihkan. Setelah Anda sudah lebih mengenal beberapa bahan backsplash, berikut beberapa tips yang dapat kami sampaikan saat Anda hendak memilih backsplash untuk dapur Anda:
  • Memilih Backsplash yang Berkualitas Tinggi

Keberadaan backsplash di dapur sangat penting. Jangka waktu pemakaiannya juga cenderung sangat lama karena cenderung selaras dengan jangka waktu pemakaian dapur atau rumah. Karena itu, backsplash dapur harus tahan lama dan juga tidak mudah rusak. Memilih backsplash dengan kualitas yang tinggi dapat menjadi investasi yang bagus untuk dapur Anda. Selain material backsplash, Anda juga dapat memilih nat ubin (penahan backsplash) dengan kualitas yang tidak kalah tinggi. Hal ini dikarenakan nat ubin yang berkualitas tinggi tersebut akan membantu backsplash untuk tidak mudah copot atau rusak.
  • Sesuaikan dengan Countertop dan Kabinet Dapur

Jika Anda mementingkan tampilan, Anda dapat menyesuaikan tampilan backsplash Anda dengan countertop dan kabinet dapur. Dapur yang estetis dapat membuat kegiatan menyiapkan makanan dan memasak menjadi lebih menyenangkan.
  • Memilih Ukuran yang Tepat

Untuk menjaga kebersihan backsplash, Anda dapat memilih backsplash dengan ukuran wall tile yang lebih besar. Hal ini akan meminimalisir pemakaian nat ubin. Nat ubin mampu menjadi sarang kotoran karena sifatnya tidak terlalu mudah untuk dibersihkan dari noda. Dengan meminimalisir kadar nat ubin yang dipakai, hal ini dapat menjaga kebersihan backsplash dengan lebih maksimal.
  • Memilih Warna-Warna Cerah

Jika Anda ingin dapur Anda terlihat bersih, Anda dapat memilih backsplash dengan warna-warna yang cerah. Backsplash dengan warna cerah juga dapat membantu Anda untuk menginspeksi kebersihan backsplash dengan lebih mudah karena Anda dapat dengan lebih mudah melihat kondisi permukaannya.
Backsplash Dapur Jika Anda bingung, ikuti tips kami untuk memilih backsplash dapur yang tepat! (Image Source: Unsplash)

Penutup

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai arti backsplash, jenis-jenis backsplash, dan tips yang dapat Anda terapkan saat memilih backsplash untuk dapur Anda. Kami harap penjelasan kami dapat memberi manfaat untuk Anda. Untuk melengkapi dapur Anda, Anda juga dapat menelusuri koleksi bak cuci piring dan keran wastafel dari Europe Enchanting. Perlengkapan dapur kami terbuat dari material berkualitas tinggi dan berstandar Eropa. Selain kualitasnya, koleksi bak cuci piring dan keran wastafel kami juga tampil elegan, modern, dan dapat dipadankan dengan beragam tema interior dapur. Anda dapat menelusuri koleksi kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog