Butuh Healing Tapi Mau Hemat? Healing di Rumah Aja!

Butuh Healing Tapi Mau Hemat? Healing di Rumah Aja!

Kalau bicara tentang healing, pasti yang pertama muncul di benak adalah keluar rumah, jalan-jalan, atau traveling ke luar negeri. Tapi, ternyata aktivitas menyegarkan jiwa ini bisa dilakukan di rumah aja, loh. Healing di rumah juga punya manfaat yang gak kalah ampuh sama jalan-jalan atau traveling. 

Bahkan, kegiatan healing yang dilakuin di rumah saja tentu bisa bantu kamu menghemat. Kamu bisa hemat biaya, hemat waktu, dan hemat tenaga (yang mungkin bakal tersita banyak karena harus persiapin banyak hal sebelum jalan-jalan ke luar rumah). 

Yang gak kalah penting, kamu juga bisa healing dengan lebih puas dan gak terganggu karena kamu gak perlu ngantri atau tunggu giliran dengan orang lain untuk bisa menikmati aktivitas ini. Kalau kamu bingung mau mulai dari mana, yuk, ambil inspirasi dari artikel ini! 

Menikmati Musik 

Ada jenis musik khusus yang memang sengaja dirancang buat menunjang aktivitas healing. Kamu bisa akses jenis musik ini dengan sangat mudah melalui aplikasi musik. Tapi, kalau kamu lebih nyaman dengerin musik yang kamu suka, hal itu tentu tidak jadi masalah. Asalkan, musik yang kamu ingin dengarkan gak mengandung unsur negatif, seperti lirik-lirik tentang patah hati atau balas dendam. Ada juga yang namanya Brown Noise, yaitu sejenis gelombang suara dalam bentuk suara gemuruh yang mirip seperti suara bass. Brown Noise bisa membantu menenangkan pikiran dan juga memudahkan tidur.

Melakukan Kerajinan Tangan 

Menciptakan karya-karya seni punya banyak manfaat positif buat kesehatan mental. Beberapa dari manfaatnya adalah pengurangan rasa cemas, perasaan rileks yang meningkat, dan hormon kebahagiaan (endorfin) yang mencuat.
Aktivitas melakukan kerajinan tangan juga gak harus menghabiskan biaya yang besar. Kamu bisa temuin banyak bahan dasar seni yang murah-murah di marketplace. 
Kegiatan seni juga banyak jenisnya. Jadi, banyak yang bisa kamu eksplorasi. Kalau kamu cepat bosan, kamu juga bisa beralih ke kegiatan seni lainnya yang belum kamu coba. 

Kegiatan Menulis

Kegiatan ini bisa sangat membantu proses healing kamu. Karena, dengan menulis, kamu bisa lebih mengerti emosi dan pikiran-pikiran negatif yang ada di dalam dirimu. Dengan lebih mengerti emosi dan pikiran, kamu juga bisa mengambil tindakan yang lebih tepat untuk benar-benar sembuh. Dikutip dari situs Harvard Business Review, kegiatan menulis yang terpandu dan terperinci (Guided Writing) bisa meregulasi tekanan darah, memperkuat sistem imun, dan menunjang kesehatan secara menyeluruh. Ada juga Expressive Writing. Tipe kegiatan menulis ini mengharuskan kamu untuk menuliskan segala hal yang terlintas di pikiranmu dengan bebas. Kegiatan ini mampu membantu mengurangi kadar stress, kecemasan, dan juga depresi. 

Berolahraga

Olahraga juga bisa jadi salah satu kegiatan healing, apalagi kalau kamu pilih jenis olahraga yang memang tujuannya untuk menyembuhkan, seperti tai chi dan yoga. Saat kamu berolahraga, tubuhmu akan melepaskan hormon endorfin, yaitu tipe hormon yang mampu meredakan rasa cemasmu, rasa khawatir, dan juga rasa tertekan. Tidak hanya bermanfaat untuk perasaan negatif saja, hormon ini juga bisa bantu meredakan nyeri pada tubuh.  Kegiatan ini juga tidak memakan biaya yang besar kalau kamu lakukan sendiri di rumah, dengan alat-alat yang memang sudah kamu miliki. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan video-video panduan di aplikasi video dan musik di gadget-mu yang tidak berbayar. 

Mandi 

Kamu juga bisa healing di kamar mandi, loh. Misalnya, mandi dengan air dingin bisa bantu kamu mengurangi rasa nyeri, menunjang sirkulasi darah, dan mengurangi rasa letih. Kalau kamu mau healing dari stress atau kecemasan, kamu bisa menikmati mandi dengan air panas atau hangat. Uap panas dari air mampu memicu hormon oxytocin, yaitu hormon yang bisa meredakan stress dan bikin rileks. 

Beberapa shower set juga punya fitur-fitur canggih yang mampu menunjang kegiatan healing kamu, seperti shower set dari Europe Enchanting. Kamu bisa nikmatin fitur Rain Massage Mix, dimana arus airnya punya efek positif buat badan kamu. Arus air mode Massage memberikan sensasi seperti sedang dipijat dan bikin rileks. Arus air mode Rain menyerupai air hujan. Mode ini mampu membantu meningkatkan stamina. 

Penutup 

Sekarang kamu pasti sudah punya gambaran ingin ngapain saja untuk healing di rumah.  Kegiatan healing tentu akan lebih menyenangkan bersama shower set Enchanting yang punya fitur-fitur yang bisa manjain kamu dan bantu kamu healing.  Kamu bisa temuin koleksi shower set Europe Enchanting di toko online kami di Tokopedia dan Shopee. Kamu juga bisa mengunjungi showroom kami yang paling dekat dengan hunianmu.  
Back to blog