Memilih Warna Dapur

Cara Memilih Warna Dapur untuk Tampilan yang Maksimal! 

Bagaimana cara memilih warna dapur? Memilih warna untuk interior dan perabotan dapur Anda berupa salah satu keputusan yang harus Anda lakukan saat akan mendekorasi dapur. Terdapat banyak sekali warna yang dapat Anda pilih. Lantas, bagaimana cara memilih warna yang pas untuk dapur Anda? Melalui artikel ini, ada beberapa bahan pertimbangan yang dapat Anda pakai untuk memilih warna dapur.
  • Memilih Warna Dapur Sesuai Ukuran

Jika ukuran dapur Anda terbatas, ada baiknya Anda memilih warna-warna terang untuk interior dan perabotan dapur Anda. Warna-warna terang akan membantu dapur Anda terlihat lebih luas dan bersih. Kalau ukuran dapur Anda lebih besar, Anda dapat memilih warna gelap untuk diaplikasikan pada beberapa bagian dari dapur Anda. Adanya warna gelap pada beberapa bagian di dapur akan memberikan kesan kontras yang dramatis dan berkarakter.
  • Memilih Warna Dapur Sesuai Tema Interior

Anda dapat memilih warna dapur sesuai dengan tema interior yang ingin Anda terapkan. Sebagai contoh, tema interior minimalis membutuhkan warna-warna netral tanpa banyak motif. Atau, jika tema yang Anda ingin terapkan adalah tema interior yang mewah dan berkelas, Anda dapat menyelipkan warna-warna keemasan.
  • Memilih Warna Dapur Sesuai Warna Kabinet

Jika dapur Anda sudah memiliki kabinet dan kabinet tersebut sudah dicat penuh, Anda dapat menyesuaikan warna dapur Anda dengan warna kabinet tersebut. Kabinet warna putih dapat disesuaikan dengan beragam jenis warna. Namun, jika kabinet Anda memiliki warna yang tidak biasa/bukan warna netral, Anda dapat menggunakan roda warna (colour wheel) untuk menentukan warna yang pas. Roda warna sangat berguna untuk memberitahu warna apa yang cocok dipadankan dengan warna-warna yang bukan netral.
  • Mempertimbangkan Cahaya Alami

Kalau dapur Anda tidak memiliki cahaya alami, seperti cahaya matahari yang bersinar melalui jendela, Anda dapat memilih warna-warna terang pada dapur Anda untuk membuatnya terlihat lebih terang.
  • Inspirasi dari Warna-warna Alam

Anda dapat mengambil inspirasi dari alam untuk menentukan skema warna yang diinginkan. Warna-warna yang dapat Anda temui di alam, seperti warna biru langit, cokelat tanah, dan hijau rumput dapat menjadi inspirasi Anda. Warna-warna tersebut akan selalu terlihat menarik karena terinspirasi dari warna-warna alam.
  • Sesuaikan Warna dengan Fungsi Dapur

Jika dapur Anda sering dipakai untuk menjamu tamu, Anda dapat menggunakan warna-warna hangat seperti merah dan kuning, untuk menciptakan rasa keakraban dan keceriaan. Namun, jika Anda akan menggunakan dapur Anda sebagai tempat melepas penat setelah beraktivitas, Anda dapat memilih warna-warna netral yang membantu menciptakan suasana santai.
  • Memilih Warna Dapur Sesuai Warna Perlengkapan Dapur

Anda dapat menemukan produsen-produsen perlengkapan dapur yang merancang produk-produk set mereka dengan warna yang senada. Misalnya, warna hitam sering ditemukan pada set pisau dapur. Anda dapat mengambil inspirasi dari warna-warna ini jika Anda ternyata sudah memiliki set perlengkapan dapur terlebih dahulu. Atau, Anda dapat mengambil inspirasi dari koleksi perabotan maupun peralatan dapur yang sudah ada, jika ternyata ada garis merah pada warna yang dimiliki perabotan dan peralatan dapur tersebut.
  • Sesuaikan dengan Warna Backsplash

Backsplash merupakan bagian dari dinding dapur yang melindunginya dari cipratan air atau minyak. Fitur ini terletak di tengah-tengah kabinet dan countertop dapur. Backsplash cenderung menutupi dinding dengan ukuran yang tidak sedikit, sehingga menjadi salah satu bagian dapur yang menarik perhatian. Karena itu, Anda dapat menyelaraskan warna dapur Anda dengan warna backsplash.
  • Menggunakan Sampel Cat

Anda juga dapat bereksperimen terlebih dahulu dengan menggunakan potongan inti busa atau papan poster. Pilihlah warna-warna yang ingin Anda pakai dan aplikasikan pada potongan maupun papan poster tersebut. Kemudian, tempellah pada area sesuai keinginan Anda. Sampel tersebut dapat membantu Anda untuk memvisualisasikan wujud akhir dari warna-warna yang ingin Anda pakai. Lengkapi koleksi perabotan dan perlengkapan dapur Anda dengan produk-produk dari Europe Enchanting. Kami memiliki koleksi bak cuci piring dengan warna hitam dan perak yang dapat Anda pilih sesuai skema warna dapur Anda. Bak cuci piring kami juga terbuat dari bahan berkualitas seperti stainless steel SS 304 (jenis stainless steel yang lebih tebal dari stainless steel biasa), sehingga menjamin kualitas produk yang tahan lama dan tidak mudah rusak.
Memilih Warna Dapur Pilihlah warna untuk dapur Anda dengan lebih maksimal bersama panduan kami!

Penutup

Demikian panduan yang dapat kami sampaikan mengenai cara menentukan warna dapur. Kami harap panduan ini bermanfaat untuk Anda. Telusuri koleksi produk-produk dari Europe Enchanting di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat Anda. Kami memiliki rangkaian produk yang dapat melengkapi koleksi perabotan dan perlengkapan dapur Anda.
Back to blog