Cara Mengatasi Dapur Lembab, Udara Jadi Bersih dan Plong!

Cara Mengatasi Dapur Lembab, Udara Jadi Bersih dan Plong!

Dapur adalah salah satu ruangan yang paling sering digunakan di dalam rumah. Karena itu, sangat penting untuk menjaganya bersih dan nyaman.

Dapur yang ada dalam kondisi lembab tentu akan mempengaruhi produktivitas kegiatan yang dilakukan di dapur. Bahkan, kelembaban juga bisa mempengaruhi kesehatan.

Perabot dan benda-benda di dapur juga bisa dirusak oleh jamur yang berkembang biak karena kondisi dapur yang lembab. 

Kondisi dapur perlu dijaga agar selalu sehat dan bikin nyaman.

Artikel ini akan menjelaskan alasan-alasan kenapa dapur bisa menjadi lembab dan memberi solusi yang bisa kamu ambil untuk membuat dapur kamu lebih sehat. Berikut penjelasannya: 

  • Ventilasi Udara

Ventilasi udara yang gak cukup bisa buat dapur cepat lembab. Jamur bisa berkembang biak dengan subur karena udara yang mengendap di dalam dapur.

Dampaknya pada kesehatan adalah alergi yang bisa terpicu, reaksi gatal-gatal pada kulit, dan napas yang bisa terasa sesak. 

Ada tiga jenis ventilasi udara untuk perumahan, yaitu alami, mesin, dan model hybrid (campuran).

Ventilasi udara yang alami contohnya seperti jendela yang bisa dibuka tutup atau celah lubang di mana udara dari luar bisa lewat.

Kalau ventilasi berbentuk mesin contohnya kipas angin dan AC. AC akan menghisap udara di dalam ruangan dan membuangnya keluar lewat mesin belakang.

Sementara itu, model hybrid adalah kombinasi dari ventilasi udara yang alami dan mesin. 

Model dan jumlah ventilasi udara yang kamu pilih bisa kamu cocokkan dengan kebutuhan, iklim daerah, dan desain dapurmu. 

  • Curah Hujan

Hujan yang deras dan sering terjadi bisa membuat dapur jadi lembab dan berjamur. Karena, udara otomatis jadi lebih dingin dan kandungan air di udara jadi lebih tinggi.

Untuk menjaga dapur tetap kering, kamu bisa pilih untuk menggunakan cat tahan air pada dinding rumah bagian luar.

Pastikan cat tersebut tahan terhadap jamur, lumut, dan bisa mencegah air hujan meresap ke dalam dinding. 

Kamu juga bisa melakukan waterproofing pada atap rumah, supaya air hujan tidak merembes masuk melalui atap.

Waterproofing adalah kegiatan melapisi atap atau permukaan lainnya dengan pelapis anti bocor, seperti bitumen, aspal, atau acrylic. 

Dengan mengantisipasi dampak dari musim hujan, kamu bisa mengurangi dan bahkan menghindari kemungkinan terciptanya dapur yang lembab karena air hujan. 

  • Lantai 

Tahukah kamu? Ternyata lantai rumah bisa jadi alasan kenapa dapur lembab.

Kalau lapisan adukan pada lantai tidak kedap air, air tanah bisa naik dan merembes ke lantai sehingga membuat lantai dapurmu lembab. 

Ada beberapa tindakan yang bisa kamu ambil untuk mengatasi lantai yang tidak kedap air. Salah satunya adalah membongkar lantai sampai ke dasar fondasinya.

Hal ini bisa kamu coba jika kondisi lantaimu sudah sangat buruk. Kamu bisa menuangkan pasir tebal ke dasar fondasi dan lapisi dengan plastik.

Kamu juga bisa meninggikan permukaan lantai minimal 10 sampai 30 cm. Dengan mengambil tindakan ini, kamu bisa meminimalisir rembesan air pada lantai. 

  •  Kamar Mandi

Kalau dapurmu dekat dengan kamar mandi, hal ini juga bisa bikin dapur jadi lembab. Karena, kamar mandi adalah ruangan yang punya kandungan air yang tinggi.

Terlebih lagi, kalau kamar mandi jarang dikeringkan atau minim ventilasi udara, hal ini bisa memperburuk kelembaban. 

Memindahkan posisi kamar mandi supaya jauh dari posisi dapur tentu akan memakan banyak biaya, waktu, dan tenaga.

Kamu bisa ambil langkah-langkah lainnya yang lebih praktis, seperti memasang exhaust fan.

Exhaust fan adalah salah satu tipe kipas angin yang dirancang untuk mengeluarkan udara dari dalam ruangan ke luar rumah. 

Kamu juga bisa pasang dehumidifier di kamar mandi. Dehumidifier adalah perangkat elektronik yang fungsinya untuk mengurangi kelembaban di dalam ruangan.

Dehumidifier akan menyedot uap air di udara. Kemudian, uap air akan dialirkan melalui pipa-pipa pendingin dan melewati proses pengembungan.

Uap air akan berkondensasi dan berubah menjadi benda cair yang kemudian mengisi tangki penampungan. Setelah itu, kipas dehumidifier aka menghembuskan udara segar yang lebih kering. 

Bak air juga bisa jadi salah satu sumber kelembaban. Karena, kondisi bak yang selalu terbuka menyebabkan air yang ada di dalam bak terus-menerus menguap.

Untuk mengatasinya, kamu bisa ganti bak airmu dengan shower. Bersama shower, air hanya keluar saat akan digunakan.

Hal ini bisa membantu mengurangi kandungan air di kamar mandimu. 

Europe Enchanting punya koleksi shower dengan beragam fitur dan tampilan yang menarik.

Kualitasnya juga tidak perlu diragukan karena terbuat dari bahan kuningan premium. 

Penutup 

Demikian penjelasan mengenai beberapa alasan yang menyebabkan dapur bisa menjadi lembab dan solusi yang bisa kamu ambil.

Kami harap ilmu yang didapat berguna dan bisa menginspirasi. 

Temukan koleksi shower Europe Enchanting dan produk-produk rumah tangga di official store kami di Shopee, Tokopedia, Lazada, website resmi, atau di showroom terdekat.

Nikmati promo-promo menarik yang kami sediakan untuk pelanggan kami. 

Back to blog