Enam Ciri-ciri Jet Shower Rusak! Apakah Salah Satunya Mirip Jet Shower Kamu?

Enam Ciri-ciri Jet Shower Rusak! Apakah Salah Satunya Mirip Jet Shower Kamu?

Jet shower adalah alat yang digunakan untuk membersihkan diri setelah menggunakan kloset duduk. Letak jet shower ini biasanya tepat di samping kloset duduk. 

Jet shower terdiri dari selang yang terhubung ke dinding, badan yang menghubungkan mulut dengan selang, mulut yang berongga, dan tuas yang dapat digerakkan untuk mengatur flow air. 

Seiring waktu dan durasi penggunaan, jet shower bisa saja rusak. Berikut beberapa ciri-ciri jet shower yang rusak dan langkah berikutnya yang bisa kamu ambil: 

Air Tidak Berhenti Menetes

Kalau jet shower kamu gak berhenti meneteskan air, mungkin saja mixer di dalamnya rusak dan perlu diganti. 

Caranya, buka klep/penutup handle di dalam jet shower dengan menggunakan kunci L. Keluarkan mixer/jantung yang ada di dalam jet shower. Ganti dengan yang baru dan tutup jet shower kembali. 

Selang Bocor 

Sewaktu-waktu, selang pada jet shower juga bisa bocor. Biasanya, indikasinya adalah air yang bocor dan keluar dari sambungan selang. 

Selang jet shower bisa saja rusak karena berbagai hal. Misalnya, selang sudah usang dan sudah lama digunakan. Paparan terus-menerus dengan air dan posisi selang yang melekuk juga bisa berkontribusi dalam membuatnya rusak. 

Seal Jet Shower Rusak 

Seal jet shower adalah alat yang membantu mencegah kebocoran air pada jet shower. Posisi seal ini ada di antara selang dan bodi jet shower dan ada juga di antara selang dan katup air yang terpasang di dinding. 

Alat ini dapat sewaktu-waktu rusak karena sudah usang atau karena cara pemakaian yang kurang hati-hati. Kalau kebocoran terletak pada seal jet shower, buka bodi jet shower kamu dan ganti seal dengan yang baru. 

Tuas Rusak

Tuas jet shower biasanya digunakan dengan cara menekannya ke dalam. Semakin kuat kamu menekan tuasnya, maka air yang keluar juga semakin deras. 

Tuas jet shower bisa rusak karena sudah usang atau karena pemakaian yang kurang hati-hati.

Untuk memperbaikinya, kamu bisa buka bodi jet shower dan menggantinya dengan yang baru. Kalau tuas jet shower kamu bisa dicopot secara terpisah dari bodi jet shower, kamu bisa buka dan ganti dengan yang baru. 

Bodi Jet Shower Rusak

Bodi jet shower juga bisa saja rusak. Biasanya, ciri-cirinya adalah posisi jet shower yang kurang erat dengan selang, terbentuknya garis-garis retak, atau posisi bodi yang terlihat kurang selaras dengan selang. 

Saat ini terjadi, air akan bocor dan jet shower akan terasa tidak nyaman untuk digunakan. Segera copot bodi tersebut dan ganti dengan yang baru, untuk menghindari terjadinya air yang terbuang sia-sia. 

Tekanan Air Kencang

Terkadang, tekanan air yang menyembur keluar dari mulut jet shower bisa saja terlalu kencang. Tekanan air yang terlalu kencang adalah salah satu alasan yang dapat membuat jet shower kamu rusak di kemudian hari kalau tidak diatasi. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa pilih jet shower yang ada fitur mode arus air yang bisa diganti-ganti tekanan airnya.

Misalnya, mode arus Bubble Stream yang ada pada jet shower E1572 menghasilkan arus air yang lembut, sehingga mampu membantumu menghindari kerusakan karena tekanan air yang terlalu kencang. 

Penutup

Jika kamu tidak yakin cara membetulkan jet shower atau alat-alat apa saja yang diperlukan, kamu bisa menghubungi teknisi yang terpercaya untuk membantu memperbaiki jet shower kamu. 

Pastikan untuk selalu menggunakan jet shower dengan hati-hati dan periksa kondisi jet shower secara berkala.

Kalau kamu sedang cari jet shower baru, Europe Enchanting hadir dengan jet shower berkualitas dan fitur-fitur yang bikin penggunaan lebih nyaman. 

Check koleksi jet shower kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat. 

Back to blog