Peralatan Dapur

Daftar Peralatan Dapur yang Wajib Anda Punya di Dapur!

Setiap dapur wajib memiliki peralatan dapur dan perabotan dapur yang lengkap, guna memenuhi kebutuhan memasak sehari-harinya. Peralatan maupun perabotan dapur yang Anda miliki tidak harus mahal ataupun terlalu canggih. Yang menjadi hal yang penting adalah peralatan dan perabotan tersebut dapat berfungsi dengan baik. Dengan adanya peralatan dan perabotan dapur yang lengkap, kegiatan menyiapkan makanan dan memasaknya menjadi lebih efektif dan efisien. Anda akan menghemat waktu dan juga tenaga.
Peralatan Dapur Apa saja peralatan dan perabotan dapur yang perlu Anda miliki? Simak isi artikel ini!
Lantas, apa saja peralatan dan perabotan dapur yang perlu Anda miliki untuk melengkapi kebutuhan dapur Anda? Berikut daftarnya:
  • Peralatan Dapur berupa Pisau

Pisau adalah salah satu peralatan dapur yang paling sering digunakan, khususnya untuk menyiapkan makanan. Memiliki pisau yang tajam berupa hal yang sangat penting, guna menghemat waktu saat Anda memotong makanan. Pastikan juga ukuran pisau disesuaikan dengan fungsinya. Pisau berukuran kecil digunakan untuk memotong buah dan sayuran berukuran kecil. Sementara, pisau yang lebih besar digunakan untuk memotong makanan yang berukuran lebih besar, seperti daging.
  • Panci dan Wajan Anti Lengket

Wajan anti lengket memiliki fungsi yang serbaguna, seperti membakar dan menumis sayur, ikan, dan daging. Fiturnya yang anti lengket memudahkan proses memasak makanan yang mudah lengket, seperti telur dan panekuk. Sementara, panci dapat digunakan untuk membuat sup, kaldu, dan saus.
  • Peralatan Dapur berupa Talenan

Talenan berguna untuk memotong makanan dengan higienis. Jika Anda sering menyiapkan jenis makanan yang berbeda di saat yang bersamaan, Anda dapat menyiapkan talenan yang berbeda untuk setiap jenis makanan yang berbeda juga. Sebagai contoh, Anda dapat menyiapkan satu talenan untuk memotong daging dan satunya lagi untuk menyiapkan sayuran. Dengan begitu, rasa dan kehigienisan setiap makanan tetap terjaga.
  • Peralatan Dapur berupa Pembuka Kaleng

Jika Anda sering membeli makanan dalam kaleng, seperti sarden atau buah kaleng, pembuka kaleng akan sangat membantu Anda. Tidak hanya makanan jadi, bumbu-bumbu masakan juga banyak yang tersedia dalam kaleng, seperti santan dan pasta kari.
  • Peralatan Dapur berupa Sendok Pengukur

Sendok pengukur sangat berguna untuk menakar bahan-bahan saat sedang memasak. Alat ini tersedia dalam takaran gram/mili yang bervariasi, bukan hanya untuk 1 sdt, 1 sdm, dsb. Dengan begitu, Anda dapat menakar porsi bahan makanan dengan lebih fleksibel dan mudah.
  • Peralatan Dapur berupa Blender

Keberadaan blender di dapur Anda akan sangat membantu Anda untuk menyiapkan makanan. Anda dapat menggunakan blender untuk mencampur atau mengemulsi makanan. Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat bahan dasar, seperti bahan halus.
  • Alat Pengupas

Fungsi alat pengupas adalah untuk mengupas kulit sayuran dan buah-buahan dengan lebih cepat dan rapi. Anda dapat saja menggunakan pisau ukir, namun alat pengupas akan menghemat waktu dan tenaga Anda.
  • Spatula, Sendok Besar, dan Alat Jepit

Ketiga alat ini dapat membantu Anda mengangkat, membalik, atau mencicipi makanan dengan lebih mudah. Dengan adanya alat-alat ini, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga saat memasak.
  • Peralatan Dapur berupa Timbangan

Untuk menakar bahan-bahan makanan yang lebih besar, Anda dapat menggunakan timbangan. Terkadang, resep makanan juga mencantumkan porsi makanan dalam sistem metrik berupa gram. Dengan adanya timbangan, Anda tidak akan bingung mengenai porsi makanan yang diperlukan.
  • Peralatan Dapur berupa Gelas Ukur

Untuk mengukur bahan makanan cair, Anda memerlukan gelas ukur. Gelas ukur juga berguna untuk memasak kue dan roti.
  • Rak Pengering

Dengan adanya rak pengering, Anda dapat mengeringkan peralatan makanan Anda dengan lebih rapi, bersih, dan mudah. Menaruh peralatan makanan pada rak pengering juga menghindari adanya peralatan yang pecah jika ditaruh sembarangan.
  • Bak Cuci Piring Stainless Steel SS 304

Jika Anda hendak mencari bak cuci piring, ada baiknya Anda memilih bak cuci piring yang terbuat dari bahan stainless steel SS 304. Jenis bahan ini lebih tebal dari stainless steel biasa dan tidak mudah berkarat, anti korosi, kuat, dan tahan lama. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan bak cuci piring ini untuk jangka waktu yang lama. Europe Enchanting memiliki koleksi bak cuci piring stainless steel SS 304 yang dapat Anda telusuri. Bak cuci piring kami tersedia dalam jenis single bowl dan double bowl, sehingga Anda dapat memilih bak cuci piring yang tepat sesuai kebutuhan Anda dan keluarga.

Penutup

Kami harap Anda mendapatkan wawasan yang berguna melalui artikel ini mengenai peralatan dapur apa saja yang dibutuhkan untuk membantu kegiatan Anda di dapur. Temukan koleksi bak cuci piring premium kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat Anda.
Back to blog