Ukuran Bukan Batasan! Ini Dia 7 Hacks Pintar Buat Menyiasati Dapur Kecil!

Ukuran Bukan Batasan! Ini Dia 7 Hacks Pintar Buat Menyiasati Dapur Kecil!

Memiliki dapur dengan ukuran yang terbatas bukan berarti layout dan desainnya tidak bisa maksimal. 

Kamu juga bisa, kok, memaksimalkan fungsi dapur kamu walau ukurannya kecil. Karena, banyak hacks yang bisa kamu ikuti dan banyak juga perabot dan alat-alat dapur yang bisa disesuaikan untuk dapur yang ukurannya kecil. 

Kamu siap buat bikin dapur kecil kamu berfungsi dengan maksimal? Yuk, ikuti panduan di artikel ini! 

Sekat

Salah satu hacks yang bisa kamu terapkan adalah meminimalisir sekat di dapur. Saat direnovasi, ada baiknya kamu menghilangkan dinding pembatas antara dapur dengan ruangan lainnya. Dengan begitu, dapur akan terlihat lebih lapang. 

Kalau kamu khawatir bau dari makanan yang kamu masak akan merebak ke mana-mana, kamu bisa pasang exhaust fan di atas kompor.

Salah satu fungsi exhaust fan adalah untuk menghisap bau dari kompor dan memindahkannya ke luar. 

Perabot Multifungsi

Kamu juga bisa memilih perabot multifungsi dan memasangnya di dapur. Perabot multifungsi adalah perabot yang punya lebih dari satu fungsi. 

Misalnya, kamu bisa pasang kitchen island di dekat dapur. Kitchen island ini bisa dijadikan meja makan, countertop buat potong bahan-bahan makanan, dan juga tempat menyimpan bumbu-bumbu dapur jika ada kabinet di bagian bawahnya. 

Perabot Lipat

Hack berikutnya adalah perabot yang bisa dilipat. Kamu bisa pilih perabot yang bisa dilipat untuk diletakkan di dapur kamu. 

Contohnya, kamu bisa memakai kursi lipat atau meja lipat yang bisa kamu lipat dan simpan jika tidak sedang dipakai. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat ruang.  

Check Rutin 

Kamu juga bisa check rutin di setiap bulan seluruh alat-alat dapur yang kamu miliki, supaya kamu bisa lihat yang mana yang sudah tidak terpakai lagi dan bisa disumbang atau di-preloved. 

Karena, terkadang, seiring berkembangnya atau berubahnya kebutuhan kamu dan keluarga, ada saja alat-alat dapur yang jarang atau bahkan tidak dipakai lagi. 

Jika dibiarkan, alat-alat ini bisa saja memakan tempat dan bahkan menjadi berdebu dan berkarat. 

Karena itu, ada baiknya kamu check secara rutin koleksi alat-alat dapurmu untuk mengetahui mana yang sudah tidak diperlukan lagi.  

Dekorasi

Mendekorasi dapur yang kecil tidak menjadi masalah kalau dekorasinya dilakukan pada permukaan yang flat, seperti dekorasi wallpaper atau backsplash yang cantik. 

Namun, ada baiknya kamu hindari dekorasi dapur yang bisa memakan tempat, seperti tanaman hias atau pajangan, kalau memang ruang dapur kamu sangat terbatas untuk mengakomodir dekorasi 3D.   

Memilih Alat

Beberapa alat dapur bisa kamu siasati untuk bisa berfungsi seperti alat dapur lainnya.

Misalnya, kamu bisa pakai wajan anti lengket untuk menjadi pengganti microwave. Wajan anti lengket, seperti microwave, juga bisa digunakan untuk menghangatkan makanan.

Kalau makanan dirasa terlalu kering, kamu bisa meneteskan minyak atau air ke dalam wajan untuk menyiasatinya. Atau, ada juga rice cooker yang bisa kamu pakai untuk mengganti fungsi oven.

Misalnya, kalau kamu ingin memanggang kue, kamu bisa pakai rice cooker saja karena alat ini juga bisa memanggang kue dan menyajikan hasil kue yang lembut. 

Dengan memilih alat-alat dapur yang bisa menyiasati fungsi alat-alat dapur yang ukurannya lebih besar, tentunya kamu bisa menghemat ruang dengan lebih maksimal.  

Alat-alat Makan

Kamu juga bisa hemat ruang penyimpanan dengan memilih alat-alat makan yang multifungsi. 

Misalnya, daripada memakai piring dan mangkuk secara terpisah untuk makan, kamu bisa pilih piring sekat/food tray yang bisa dipakai buat mewadahi makanan padat maupun makanan cair.

Atau, kamu juga bisa menggunakan spork, yaitu kombinasi antara garpu dan sendok. 

Penutup 

Kami harap artikel ini bisa membawa manfaat dan membantu kamu memaksimalkan fungsi dapur kecil kamu. 

Untuk melengkapi dapur kecil kamu, Europe Enchanting menyediakan kitchen sink single bowl dengan ukuran yang cocok untuk dapur mungil. 

Kitchen sink kami terbuat dari bahan stainless steel berkualitas, yang membuatnya tahan karat, tahan korosi, kuat, dan tahan lama.

Yuk, check koleksinya di official store kami di Shopee, Tokopedia, Lazada, website resmi, atau di showroom terdekat!  

Back to blog