Dapur Juga Penting! Yuk, Siapkan Dapur Kamu untuk Momen Ramadhan Nanti!

Dapur Juga Penting! Yuk, Siapkan Dapur Kamu untuk Momen Ramadhan Nanti!

Sudahkah dapur kamu siap untuk menyambut momen Ramadhan?

Tidak hanya menu makanan untuk buka puasa saja yang perlu disiapkan, kondisi dapur juga sama pentingnya untuk dipersiapkan. 

Jika kamu akan jadi tuan rumah atau menjamu banyak tamu di saat momen Ramadhan, pastinya dapur yang rapi dan bersih akan mempermudah kegiatan menjamu tersebut. 

Kalau dapur kamu juga berfungsi sebagai area makan, tamu kamu juga akan merasa lebih nyaman menghabiskan waktu di area tersebut. 

Bagaimana cara mempersiapkan dapur untuk menyambut momen Ramadhan? Temukan trik-triknya di artikel ini! 

Menyortir Makanan 

Salah satu cara untuk membersihkan dapur kamu adalah dengan menyortir makanan. Kamu bisa mengeluarkan makanan di kulkas, di pantry, atau di countertop meja dapur yang sudah kadaluarsa atau yang sudah tidak bisa dimakan. 

Dengan begitu, kamu bisa punya ruang lebih untuk bahan makanan segar, bahan makanan yang busuk tidak akan berbaur dengan yang baru, dan dapur akan terlihat lebih bersih dan teratur.  

Hal ini juga bisa membantu kamu menghemat waktu dan tenaga untuk mempersiapkan makanan saat Ramadhan karena kamu tidak perlu repot-repot sortir makanan lagi. 

Mengecek Alat-alat Masak 

Ada baiknya kamu juga cek alat-alat yang akan kamu pakai untuk masak menu-menu Ramadhan.

Pastikan apakah pisau masih tajam? Apakah blender masih dapat digunakan dengan baik? Apakah alat-alat masak kamu sudah komplit? 

Bila ada yang kurang, kamu bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari, sehingga kamu siap sedia di momen Ramadhan. 

Kalau ada alat-alat masak yang kotor, luangkan waktu untuk menyiapkan alat-alat pembersih untuk membersihkan alat-alat masak yang kotor tersebut. 

Decluttering 

Tidak hanya untuk makanan dan bahan makanan saja, kamu juga bisa decluttering alat-alat masak kamu.

Maksud decluttering di sini adalah menyingkirkan benda-benda yang tidak terpakai lagi, entah karena sudah rusak, sudah usang, atau tidak diperlukan lagi. 

Alat-alat masak yang sudah tidak berfungsi dengan baik, seperti pisau yang tumpul atau blender yang rusak, akan menjadi berbahaya jika tetap dipakai.

Karena itu, ada baiknya kamu menyingkirkan benda-benda tersebut dan menggantinya dengan yang baru. 

Tidak hanya alat-alat masak saja, alat-alat makan, seperti sendok dan garpu, juga perlu diganti jika sudah usang atau rusak. 

Membersihkan Dapur 

Setelah menyortir alat-alat masak dan bahan makanan, kamu juga bisa membersihkan dapur.

Tidak hanya membersihkan bagian-bagian yang sering digunakan saja, seperti countertop dan kulkas, kamu juga bisa bersihkan bagian-bagian yang mungkin tidak terlalu penting, seperti bagian bawah kitchen sink atau jendela dapur. 

Dengan membersihkan seluruh bagian dapur, kamu akan merasa lebih nyaman dan siap menyambut momen Ramadhan. 

Mengelola Sampah 

Pengelolaan sampah juga berkaitan erat dengan persiapan dapur untuk Ramadhan. Karena, jika sampah dapur tidak dikelola dengan baik, dapur akan membuat kamu merasa tidak betah dan nyaman. 

Bau tidak sedap dari sampah juga akan menjadi masalah untuk kamu dan orang-orang yang akan meluangkan waktu di dapur kamu. 

Sampah yang tidak dikelola dengan baik juga bisa menimbulkan masalah serangga, seperti kecoa atau semut yang keluar-masuk tempat sampah. 

Karena itu, ada baiknya sampah dapur jangan sampai menumpuk dan sering-sering dikosongkan.

Kamu juga bisa memisahkan sampah basah dan sampah kering, supaya lebih teratur dan higienis. 

Kalau bau sampah sering menjadi masalah, kamu bisa memilih tempat sampah dengan tutup. Lebih baik lagi jika tutup tempat sampah otomatis, supaya tempat sampah bisa digunakan dengan lebih praktis dan higienis.  

Penutup 

Demikian beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dapur kamu buat momen Ramadhan. 

Dengan mempersiapkan dapur kamu, kamu bisa beraktivitas sepanjang momen Ramadhan dengan lebih nyaman dan lancar. 

Untuk melengkapi koleksi perabot dapur, pilih perabot dari Europe Enchanting. Kamu bisa temukan beragam perabot sanitasi berkualitas tinggi yang kuat dan tahan lama. 

Temukan koleksi perabot kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat. 

Back to blog