Elemen Desain Pola

Elemen Desain Pola, Gunakan untuk Rupa Rumah yang Estetis!

Elemen desain pola, selain elemen desain tekstur, dapat menunjang tampilan hunian Anda karena elemen ini bermain dengan rupa suatu benda, perabot, atau elemen ruangan. Untuk tampilan hunian yang maksimal, Anda dapat menggabungkan elemen desain pola dengan elemen desain tekstur, karena dua-duanya bermain dengan rupa. Ciri dari elemen desain ini adalah penggunaannya yang repetitif (dapat diulang), seperti gambar yang dapat Anda temukan pada wallpaper atau sofa. Elemen desain pola juga dianggap sebagai elemen pengisi ruangan. Di pasaran, Anda dapat menemukan elemen desain pola dalam beragam jenis, seperti pola garis-garis, organik, motif, print, dan geometris. Masing-masing pola memiliki daya tariknya sendiri dan dapat Anda cocokkan dengan tema interior yang Anda ingin usung. Elemen desain pola juga dapat digunakan sebagai titik fokal (fokal point) suatu ruangan, jika pola yang digunakan termasuk unik. Tidak hanya untuk wallpaper atau perabot saja, pola juga dapat Anda temukan di lukisan, pajangan, langit-langit (ceiling), panel, dan partisi. Berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan elemen desain pola pada ruangan atau hunian Anda:
  • Kesan Ruangan yang Luas atau Tinggi

Salah satu efek yang dapat diciptakan oleh elemen desain pola adalah efek ruangan yang lebih luas atau lebih tinggi, tergantung garis-garis vertikal atau horizontal yang dipilih. Jika Anda ingin menciptakan kesan ruangan yang luas, Anda dapat bermain dengan pola horizontal. Dan, jika Anda ingin menciptakan kesan ruangan yang tinggi, Anda dapat bermain dengan pola vertikal.
  • Sesuaikan Ukuran Pola dengan Ukuran Ruangan

Saat menggunakan pola untuk menghias suatu ruangan atau suatu hunian, Anda perlu berhati-hati untuk tidak memakainya secara berlebihan atau terlalu sedikit. Untuk ruangan yang berukuran kecil, Anda dapat memilih untuk menggunakan pola dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Namun, untuk ruangan yang berukuran lebih besar, Anda dapat menyesuaikan penggunaan pola dengan memakai yang berukuran lebih besar. Karena, jika pola berukuran besar digunakan pada ruangan dengan ukuran terbatas, hasil yang diciptakan adalah ruangan yang terlihat terlalu sempit dan juga berantakan.
  • Sesuaikan dengan Konsep Ruangan

Pola yang terlihat estetis adalah pola yang disesuaikan dengan konsep suatu ruangan atau hunian. Jika suatu hunian mengusung tema klasik, pola yang digunakan dapat berupa gambar bunga, daun, atau binatang (burung, kupu-kupu, dsb.). Namun, untuk hunian dengan gaya kontemporer, pola yang cocok untuk digunakan adalah pola berbentuk geometris atau abstrak.
  • Sesuaikan dengan Skema Warna

Supaya tidak terlihat berantakan, Anda dapat menyesuaikan warna pola dengan skema warna hunian Anda. Namun, Anda dapat bermain dengan berbagai unsur dari warna tersebut, sehingga hunian Anda tidak akan terlihat monoton. Sebagai contoh, jika skema warna hunian Anda adalah cokelat, Anda dapat menggunakan pola dengan warna cokelat yang bervariasi, seperti maroon, khaki, beige, dsb. Namun, untuk menghindari kesan yang terlalu ramai, Anda dapat membatasinya dengan memilih paling maksimal 3 variasi saja.
  • Sesuaikan dengan Suasana yang Ingin Diciptakan

Jika Anda menciptakan hunian atau ruangan yang terlihat hidup dan penuh energi, Anda dapat menggunakan pola dengan warna-warna cerah dan garis-garis yang dinamis. Namun, jika Anda ingin menciptakan suasana yang lebih tenang dan santai, Anda dapat menggunakan pola dengan warna-warna pastel dan garis-garis yang sifatnya lebih melengkung.
Elemen Desain Pola Bersama elemen desain pola, ruangan atau hunian Anda dapat terlihat lebih estetis dan berkarakter!

Penutup

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai elemen desain pola. Kami harap penjelasan yang kami berikan dapat memberi manfaat untuk Anda. Sebagai pelengkap hunian Anda, temukan perabot dan peralatan rumah tangga dari Europe Enchanting. Terbuat dari material berkualitas tinggi, koleksi perabot dan peralatan kami tahan lama dan tidak cepat rusak. Anda dapat menemukan koleksi kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog