Floor Drain Kamar Mandi

Floor Drain Kamar Mandi Anda Rusak? Simak Tips dari Kami!

Floor drain kamar mandi atau saringan got adalah alat untuk pembuangan air yang biasa dipasang di lantai kamar mandi atau di tempat yang sering terdapat genangan/aliran air. Selain sebagai tempat pembuangan air, floor drain juga berfungsi menyaring rambut dan kotoran lainnya yang mengalir bersama air, serta dapat membantu mencegah serangga dan binatang-binatang berukuran kecil lainnya yang masuk melalui pipa pembuangan. Beberapa floor drain juga memiliki fitur anti bau, yang dapat menahan bau tak sedap merebak melalui pipa pembuangan. Namun, sama seperti perabotan rumah lainnya, floor drain juga suatu saat dapat menjadi rusak.

Beberapa poin tersebut menjadi penyebab floor drain rusak:

- Floor Drain Mampet/Tersumbat

Jika floor drain Anda mampet atau tersumbat, pastinya floor drain tidak dapat membantu mengalirkan air dengan maksimal. Pastikan Anda rutin membersihkan kotoran yang menumpuk di atas/di dalam floor drain untuk menghindari floor drain mampet/tersumbat.

- Floor Drain Patah

Jika Anda memiliki floor drain yang berbahan plastik, bahan tersebut terkadang kurang kuat dan dapat patah saat terhantam dengan benda yang keras. Floor drain plastik juga rentan terhadap gigitan tikus.

- Floor Drain Berkarat

Untuk floor drain berbahan logam, bahan ini dapat menyebabkan penumpukan karat jika usia pakainya sudah tua atau karena permukaan floor drain tidak dilapisi bahan pelindung. Floor drain yang berkarat akan menyaring kotoran dan menyalurkan air dengan tidak maksimal. Sebelum menyebabkan masalah yang lebih parah, ada baiknya Anda mengganti floor drain Anda.

Berikut tips dari kami mengenai cara memasang floor drain yang baru:

-- Siapkan Alat-alat yang Dibutuhkan

Siapkan floor drain, pasir dan semen secukupnya, ember dan sendok adukan semen, pahat dan palu, dan sarung tangan plastik.

-- Lepaskan Floor Drain yang Lama

Gunakan pahat dan palu untuk melepaskan floor drain yang lama. Kemudian, bersihkan area floor drain dari bekas bobokan atau dari kotoran-kotoran lainnya yang dapat menyumbat saluran pembuangan air.

-- Siapkan Adukan Semen dan Pasir

Siapkan adukan semen dan pasir dengan takaran secukupnya. Aplikasikan adukan di seluruh sisi luar lubang saluran pembuangan. Oleskan pinggiran floor drain dengan adukan semen dan rapikan adukan tersebut. Setelah semen setengah kering, aplikasikan semen kering di atas semen setengah kering tersebut. Diamkan hingga benar-benar kering.

-- Lapiskan Wadah Floor Drain

Lapiskan wadah floor drain dengan semen. Kemudian, tempelkan wadah di atas floor drain yang sudah benar-benar mengering. Floor drain siap untuk digunakan. Sebagai tips tambahan, jika hanya bagian penyaring air pada floor drain Anda yang rusak, Anda tidak harus mengganti floor drain sepenuhnya. Anda cukup membeli dan mengganti saringan air yang lama dengan yang baru. Selain itu, pastikan juga floor drain yang hendak Anda beli sama ukurannya dengan floor drain Anda yang lama. Europe Enchanting memiliki koleksi floor drain yang dapat Anda pilih sebagai floor drain andalan. Floor drain kami hadir dengan kualitas premium sehingga dapat Anda pakai dalam jangka waktu yang lama.

Berikut daftar rekomendasi floor drain premium yang kami tawarkan:

Floor Drain Kamar Mandi E1553 (Rp.175.000)

Floor drain seri E1533 ini hadir dengan tampilan yang sangat estetis dan warna yang beragam, yaitu rose gold, chrome, dan black. Terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi, floor drain ini berupa floor drain yang tahan lama, anti korosi, anti bocor, dan minim perawatan.

Floor Drain Kamar Mandi E1554 (Rp.139.900)

Floor drain E1554 ini berupa floor drain yang tidak mudah berlumut karena memiliki permukaan yang halus dan licin. Fitur ini juga membuatnya mudah untuk dirawat. Dengan lubang pipa 6 cm, air dapat mengalir lebih cepat, untuk menjaga lantai kamar mandi Anda tetap kering dan bersih. Floor drain ini terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi, sehingga membuatnya anti karat, anti korosi, dan memiliki usia pakai yang lama.

Floor Drain Kamar Mandi D06N (Rp.82.000)

Floor drain ini memiliki katup yang dapat terbuka dan tertutup secara otomatis. Fitur ini dapat membantu menghindari masalah infestasi serangga maupun bau tak sedap yang timbul dari pipa saluran. Teknologi electroplating yang digunakan untuk floor drain ini memberinya lapisan ekstra yang tebal dan tahan lama. Terdapat juga garansi seumur hidup untuk floor drain D06 ini, sehingga Anda dapat menggunakan floor drain ini untuk jangka waktu yang lama, guna menghemat biaya.

Floor Drain Kamar Mandi D02 (Rp.235.000)

Floor drain berbentuk lingkaran ini memiliki struktur badan yang mudah dirawat dan dibersihkan. Dengan adanya saringan dua tingkat, satu pada permukaan floor drain dan yang satunya lagi di bawah permukaan, proses penyaringan kotoran menjadi lebih ampuh dan dapat menghindari penyumbatan pada pipa saluran.

Floor Drain Kamar Mandi D07 (Rp.255.000)

Terbuat dari bahan kuningan berkualitas tinggi, floor drain ini tidak membutuhkan perawatan lebih untuk menjaga kualitas performanya. Bahan kuningan juga menjaga floor drain ini terhadap korosi. Selain itu, floor drain ini juga mumpuni dalam menjaga kebersihan dan keharuman kamar mandi Anda karena anti bau dan anti serangga.
Floor Drain Kamar Mandi Floor drain kamar mandi Anda rusak? Sudah waktunya diganti!
Demikian tips dari kami dan daftar rekomendasi floor drain dari Europe Enchanting. Kami harap artikel ini membawa manfaat untuk Anda. Telusuri juga koleksi perabotan dan peralatan rumah lainnya dari Europe Enchanting. Perabotan dan peralatan rumah tangga yang kami tawarkan memiliki kualitas premium dan terdapat juga banyak penawaran menarik untuk Anda raih. Temukan koleksi kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat Anda.
Back to blog