9 Cara Praktis Mengatasi Floor Drain Mampet! Kamar Mandi Jadi Lebih Bersih dan Wangi!

9 Cara Praktis Mengatasi Floor Drain Mampet! Kamar Mandi Jadi Lebih Bersih dan Wangi!

Artikel: 9 Cara Praktis Mengatasi Floor Drain Mampet

Beberapa jenis floor drain, khususnya yang tidak memiliki katup otomatis atau memiliki bukaan yang lumayan besar, rentan mampet karena benda-benda kecil yang lewat melalui bukaannya.  

Benda-benda ini bisa jadi sisa sabun, rambut, tisu, atau benda-benda kecil lainnya yang dibiarkan mengalir masuk ke sela-sela floor drain.

Kalau kamu terlalu lama membiarkan benda-benda kecil tersebut mengendap di dalam floor drain, atau kalau kamu tidak rutin membersihkan floor drain kamu, bisa saja floor drain menjadi mampet dan tidak bisa mengalirkan air ke pipa pembuangan secara efektif. 

Saat ini terjadi, kamu tidak perlu panik. Karena kamu bisa menggunakan cara untuk mengatasi masalah floor drain yang mampet. 

Siap buat cari tahu cara apa saja yang bisa kamu coba untuk membetulkan floor drain yang mampet? Yuk, mulai! 

Air Panas 

Buat mengurai benda-benda yang mudah terurai, seperti tisu dan serpihan sabun, kamu bisa menggunakan air panas. 

Caranya, rebus air sampai benar-benar mendidih. Setelah itu, tuangkan air perlahan ke dalam saluran pembuangan. Pastikan kamu menuang dengan hati-hati, supaya kamu tidak terciprat air. 

Kalau bukaan floor drain kamu kecil, kamu bisa menggunakan corong. Tapi, pastikan corong terbuat dari bahan yang tahan air panas, seperti stainless steel. 

Plunger 

Kamu juga bisa memakai plunger (yang manual atau yang bisa bergerak sendiri) untuk menyedot benda-benda kecil yang bikin mampet floor drain.

Namun, kekurangan metode ini adalah bahwa plunger tidak mampu menyedot benda-benda yang tersangkut kalau letak benda-benda tersebut terlalu dalam di pipa pembuangan. 

Baking Soda dan Cuka 

Kalau kamu punya baking soda dan cuka di dapur, kamu juga bisa pakai kedua bahan ini. Karena, jika tercampur, kedua bahan ini mampu menghasilkan reaksi kimia yang bisa membersihkan saluran yang mampet. 

Caranya, tuang baking soda secukupnya ke dalam bukaan floor drain. Kemudian, diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, tuangkan cuka. Diamkan selama satu jam, dan tuang air panas ke dalam saluran untuk benar-benar membersihkan saluran.  

Kedua bahan ini adalah pilihan yang lebih aman daripada menggunakan bahan kimia. Namun, tentu saja, keefektifannya tergantung kondisi saluran yang tersumbat. 

Cairan Khusus 

Di marketplace juga banyak tersedia cairan pembersih khusus untuk mengurai benda-benda yang mampet di saluran floor drain.

Cairan-cairan ini biasanya lengkap dengan keterangan “Anti Sumbat” atau “Drain Clog Remover.” 

Namun, karena cairan-cairan tersebut bukan cairan alami, ada baiknya kamu memakai masker dan sarung tangan saat menggunakannya, buat menghindari iritasi pada kulit karena kontak. 

Untuk menggunakannya, kamu cukup menuangkan cairan ke dalam saluran dan tunggu beberapa saat.

Atau, kamu juga bisa mengikuti instruksi yang ada pada bagian belakang botol cairan.  

Saat memilih cairan khusus, pastikan kamu pilih yang tidak beracun, tidak ada bau, dan aman untuk digunakan di saluran air. 

Menggunakan Tangan 

Metode ini termasuk yang paling gampang dan cepat. Karena, kamu hanya perlu menggunakan tangan kamu buat mengambil benda-benda yang bikin mampet floor drain kamu.

Tapi, sebelumnya, ada baiknya kamu pakai sarung tangan dan masker dulu, supaya tangan tetap bersih dan untuk menghindari menghirup bau dari saluran pembuangan. 

Kamu juga bisa menyiapkan obeng, kalau floor drain kamu punya sekrup yang harus dibuka dahulu. Siapkan juga senter, supaya kamu bisa lihat isi pipa dengan lebih jelas. 

Namun, kekurangan metode ini adalah benda-benda kecil yang tidak akan bisa diambil kalau posisinya terlalu dalam. 

Kawat Anti Sumbat 

Kamu juga bisa pakai kawat anti sumbat, yang fungsinya untuk mengambil benda-benda di dalam pipa pembuangan dengan sangat efektif.

Panjang kawat anti sumbat ini sangat memadai, jadi kamu bisa menarik benda-benda kecil di bagian pipa yang paling dalam sekalipun. 

Buat memakai kawat anti sumbat, kamu harus menyiram floor drain dengan air sampai air masuk dan membasahi pipa dengan baik.

Fungsi air adalah untuk membantu membasahi benda-benda yang mampet, sehingga bisa menempel ke kawat anti sumbat dengan lebih baik.

Lalu, masukkan kawat anti sumbat sejauh yang kamu mau atau sampai mentok. Kamu juga bisa putar-putar kawat pakai gagang yang ada pada ujung kawat, supaya benda-benda kecil menempel ke kawat dengan lebih erat. 

Setelah itu, tarik kawat sampai ujungnya dan bersihkan kawat dari benda-benda yang menempel. 

Penjepit Khusus 

Ada juga penjepit khusus yang bisa kamu pakai untuk mengatasi floor drain yang mampet. Penjepit ini bisa kamu beli di marketplace dengan harga yang lumayan terjangkau. 

Ujung penjepit ini mirip dengan capitan/cakar, sehingga bisa mempermudah pengambilan benda-benda yang bikin mampet. 

Tapi, tentu saja, kamu harus mengerahkan tenaga lebih untuk mengambil benda-benda tersebut karena penjepit tersebut hanya bisa mengambil benda dari ujung capitannya saja.

Soda Api

Kamu juga bisa pakai soda api. Bahan ini mampu mengurai kotoran dengan efektif, bahkan kotoran yang bandel sekalipun.  

Tapi, soda api lumayan keras, jadi kamu perlu menyiapkan masker dan sarung tangan saat menggunakannya, untuk menghindari iritasi atau luka pada kulit. 

Buat memakainya, tabur soda api ke dalam saluran. Setelah itu, tuang air panas sedikit demi sedikit untuk mengaktivasi soda api. Kemudian, alirkan air biasa ke dalam pipa untuk tes kebersihan pipa.

Jika belum bersih maksimal, ulangi dari awal.  

Deterjen Pencuci Piring 

Deterjen pencuci piring juga bisa kamu pakai untuk mengurai kotoran, loh. Karena, bahan ini mengandung pemutih dan enzim yang bisa membantu memecah kotoran padat di dalam saluran. 

Gunakan deterjen pencuci piring ini bersama pemutih pakaian (sekitar 200 ml). Caranya, tuang pemutih terlebih dulu ke saluran floor drain. Diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu, tuangkan deterjen pencuci piring.

Tunggu sekitar 10 menit supaya kedua bahan kimia tersebut bereaksi satu sama lain. Kemudian, siram saluran dengan air panas.  

Penutup 

Membetulkan floor drain yang mampet tidak sulit. Bersama trik-trik di artikel ini, kamu bisa membetulkannya dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di rumah atau bahan-bahan yang bisa dibeli dengan gampang di marketplace. 

Untuk meminimalisir terjadinya floor drain yang mampet, Europe Enchanting hadir dengan koleksi floor drain yang punya fitur katup otomatis. Katup ini bisa terbuka dengan sendirinya saat aliran air lewat, dan tertutup otomatis saat tidak digunakan. Bersama fitur katup otomatis ini, kemungkinan floor drain mampet juga terminimalisir. 

Tidak hanya itu saja, floor drain dari Europe Enchanting juga memiliki bukaan yang ramping, sehingga kejadian saluran yang mampet bisa lebih diminimalisir. Yuk, check koleksinya! 

Back to blog