Tiga Trik Merawat Floor Drain dan Harga Floor Drain Europe Enchanting Terbaru April 2024

Tiga Trik Merawat Floor Drain dan Harga Floor Drain Europe Enchanting Terbaru April 2024

Tahukah kamu? Ternyata, penting untuk merawat floor drain (saringan got) secara berkala, loh.

Karena, jika tidak, floor drain bisa cepat rusak dan tidak dapat berfungsi secara optimal. 

Masalah seperti karat, noda membandel, dsb. akan sangat mempengaruhi kinerja floor drain kamu. 

Kalau floor drain cepat rusak, tentu saja kamu akan mengeluarkan biaya, tenaga, dan waktu lebih untuk mengganti floor drain dengan yang baru.

Mencegah kerusakan lebih baik daripada harus mengganti floor drain yang rusak, bukan?

Karena itu, ada baiknya kamu merawat floor drain secara teratur untuk mempertahankan kualitasnya. 

Bagaimana cara merawat floor drain dengan baik? Yuk, jelajahi panduan berikut untuk mengetahui caranya! 

Membersihkan Secara Berkala

Terkadang, benda-benda kecil bisa terjepit di sela-sela lubang floor drain. Jika dibiarkan, benda-benda kecil ini dapat saja membuat saluran got menjadi mampet. 

Karena itu, ada baiknya kamu sering-sering membersihkan floor drain untuk menghindari saluran mampet.

Supaya meminimalisir kemungkinan saluran mampet, pastikan kamu dan seluruh pengguna kamar mandi membersihkan saluran got segera setelah selesai memakai kamar mandi. 

Kamu juga bisa menyediakan tempat sampah khusus dekat saluran got untuk memudahkan pembuangan kotoran-kotoran kecil. 

Untuk membersihkan saluran got, kamu bisa menggunakan kawat maupun sikat kecil. 

Langkah-langkah ini akan membantu menjaga kualitas aliran air di kamar mandimu. 

Cairan Pembersih

Guna cairan pembersih adalah untuk menghancurkan kotoran-kotoran kecil yang tersumbat di sela-sela saluran got, seperti puntung rokok, rambut, dan juga pembalut. 

Kamu tidak perlu khawatir cairan anti sumbat merusak saluran got. Karena, ada cairan anti sumbat yang memang aman untuk saluran got dan juga pipa, asalkan kamu pastikan dulu dengan membaca keterangan produk. 

Untuk menggunakannya, kamu juga perlu hati-hati. Pertama, kamu perlu mengeringkan area yang tersumbat supaya cairan bisa bekerja dengan optimal.

Kemudian, ikuti pemakaian sesuai instruksi—jangan melebihi takaran. Lalu, jangan langsung siram cairan. Diamkan selama minimal 20 menit.

Setelah itu, barulah kamu siram saluran got sampai bersih.Perlu diperhatikan untuk tidak mencampur cairan anti sumbat dengan bahan-bahan lain, supaya tidak mengganggu hasilnya.

Memeriksa Pipa 

Pipa saluran got juga perlu diperiksa secara berkala, setidaknya enam bulan sekali. Pastikan tidak ada kerusakan maupun kebocoran pada pipa yang bisa menimbulkan masalah pada saluran. 

Untuk membersihkan pipa, kamu bisa lakukan secara manual, dengan cara membuka saluran got dan menggunakan alat yang cukup panjang, seperti kawat pembersih saluran. 

Atau, kamu juga bisa menuangkan baking soda dan cuka/garam langsung ke saluran got untuk mengurai kotoran dengan lebih praktis.

Berikut instruksi lengkapnya: 

- Campurkan dan larutkan ½ cangkir baking soda dan ¼ cangkir garam. 

- Tuang larutan tersebut ke dalam saluran got, diikuti dengan 1 cangkir cuka yang sudah dipanaskan. Kamu akan melihat terbentuknya busa dan juga gelembung. Diamkan larutan ini selama 15 menit. 

- Setelah itu, bersihkan larutan dengan air hangat dengan cara mengalirkannya selama 15 sampai 30 detik. 

- Atau, kamu juga bisa pakai air galon dengan tekanan kuat untuk menghempas tuntas larutan dan sisa-sisa kotoran.    

Untuk mempermudah perawatan floor drain, kamu bisa pilih floor drain dengan fitur saringan penutup yang bisa buka-tutup secara otomatis.

Dengan begitu, kemungkinan saluran got mampet akan terminimalisir. 

Europe Enchanting hadir dengan koleksi floor drain yang memiliki fitur penutup yang dapat buka-tutup otomatis, untuk membantu menjaga kebersihan saluran got dengan lebih praktis. 

E1553 (Rp.117.500) 

Floor drain ini memiliki saringan penutup yang bisa buka-tutup secara otomatis saat mendeteksi adanya aliran air. Fitur ini sangat berguna karena selain meminimalisir saluran yang mampet, floor drain juga terhindar dari keluar masuknya serangga dan bau tidak sedap dari pipa pembuangan. 

Kalau kamu sedang mencari floor drain yang tampilannya estetis, floor drain ini hadir dalam 3 warna cantik, yaitu Rose Gold, Chrome, dan Black.  

E1554 (Rp.131.506) 

Sedang cari floor drain dengan tampilan yang simpel namun tetap cantik? Floor drain E1554 jawabannya! Karena, floor drain ini hadir dengan warna chrome yang estetis dan bentuk bodi yang simpel.  

Floor drain ini juga fleksibel pemasangannya. Karena, kamu bisa menyambungkannya dengan pipa berukuran 2,5 inch sampai 3,5 inch. 

D08 (Rp.249.600)

Kalau kamu sedang mencari floor drain dengan tampilan mewah, kamu bisa pilih floor drain D08 ini.

Dengan warna hitam mewah atau abu-abu yang cantik, kamar mandi akan terlihat lebih menawan dan berkelas bersama floor drain ini. 

Permukaan floor drain juga tidak akan mudah terkelupas. Karena, permukaan sudah dilengkapi dengan lapisan yang kuat, tebal, dan tahan kelupas bersama teknologi elektroplating. 

E1550 (Rp.145.000) 

Pilih floor drain yang terbuat dari stainless steel kalau kamu ingin floor drain yang kuat, awet, dan tahan karat.

Terbuat dari stainless steel berkualitas tinggi, floor drain E1550 pilihan yang tepat untuk kamu. 

Selain itu, floor drain ini juga hadir dalam 2 warna estetis, putih dan hitam, yang bisa kamu pilih untuk mempercantik tampilan kamar mandimu.  

Penutup 

Jaga kebersihan dan kualitas floor drain Anda dengan baik, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman mandi yang menyenangkan setiap hari.

Temukan pilihan terbaik untuk kamar mandi Anda di koleksi floor drain Europe Enchanting.

Back to blog