Memilih Kursi

Ikuti Tips Memilih Kursi supaya Pas dan Cocok dengan Meja!

Bagaimana cara memilih kursi untuk meja makan Anda? Untuk beberapa pembeli, meja makan yang sudah dilengkapi dengan kursi menjadi pilihan yang tepat karena faktor kemudahannya. Mereka tidak perlu mencari kursi lagi karena sudah satu set dengan meja makan. Namun, untuk beberapa pembeli, khususnya yang ingin bermain dengan tampilan dan dekorasi, mereka bisa saja membeli meja makan dan kursi secara terpisah. Membeli kursi yang terpisah dengan meja makan menjadi hal yang ideal jika Anda ingin menciptakan estetika khusus untuk ruang makan Anda. Atau, Anda mungkin ingin mengikuti tema yang ada di ruang makan. Apapun alasannya, ada beberapa hal yang dapat diperhatikan saat Anda memilih kursi untuk meja makan Anda, sehingga kursi tersebut cocok dipadankan dengan meja makan. Berikut penjelasannya:
  • Sesuaikan dengan Tema

Jika ruang makan atau dapurmu memiliki suatu tema, kamu bisa mengikutinya dengan memilih kursi sesuai tema. Kursi kayu cocok dipadankan dengan tema Japandi. Sementara itu, kursi dengan ukiran-ukiran elegan dan motif-motif cantik pada kain pembungkusnya dapat kamu pilih untuk diselaraskan dengan ruang makan bertema klasik. Kalau ruang makanmu memiliki tema kafe kekinian, kamu dapat memilih bar stools.
  • Sesuaikan dengan Ukuran Meja

Tinggi kursi pada umumnya adalah 46 cm. Tinggi meja biasanya 76 cm. Ukuran yang pas untuk jarak dari bagian dudukan kursi dan bagian bawah permukaan meja adalah 30 cm. Karena itu, Anda dapat memastikan ukuran kursi sesuai dengan meja. Meja makan yang memiliki panjang sekitar 246 cm dapat memuat 8 kursi. Sementara itu, meja dengan panjang 300 cm dapat memuat 10 kursi.
  • Sesuaikan dengan Jumlah Kursi

Idealnya, jarak 70 cm harus ada antara satu kursi dengan kursi lainnya. Supaya tidak sulit diukur, Anda dapat memilih set kursi dengan dimensi yang sama ketimbang memilih kursi yang berbeda-beda dimensinya satu dengan yang lain. Walaupun menambah estetika di ruang makan Anda, namun jika kursi Anda berbeda-beda, hal tersebut akan membuat sulit saat ingin mengukur berapa banyak kursi yang muat pada meja makan Anda.
  • Memilih Material

Pemilihan material kursi juga erat kaitannya dengan tema ruang makan atau dapur Anda. Karena itu, Anda dapat menyesuaikan material kursi dengan tema. Atau, Anda juga dapat memilihnya berdasarkan kebutuhan Anda dan keluarga. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang mungkin alergi dengan salah satu material, seperti bahan katun, ada baiknya Anda tidak menggunakannya pada perabot Anda.
  • Memilih Kursi yang Ringan, Fleksibel, dan Dapat Ditumpuk

Jika Anda memiliki ruang makan atau dapur dengan ukuran terbatas, tentu kursi yang mudah dipindahkan dan ditumpuk menjadi hal yang penting. Dengan begitu, penggunaan kursi menjadi lebih mudah disesuaikan dengan ukuran ruang. Setelah selesai makan, Anda juga dapat dengan praktis menumpuk kursi untuk memberi lebih banyak ruang pada area makan atau dapur Anda.
  • Memilih yang Nyaman

Faktor kenyamanan tentu saja penting karena dengan begitu Anda dapat makan tanpa terganggu. Untuk menunjang faktor kenyamanan pada kursi meja makan Anda, Anda dapat memilih kursi dengan bantalan yang empuk. Pastikan juga ukuran kursi yang Anda miliki sesuai dengan tinggi badan Anda dan anggota keluarga.
  • Memilih Rangka Kursi

Saat memilih kursi, pastikan juga Anda memilih kursi dengan rangka yang kuat. Kursi dengan rangka yang kuat mampu berdiri kokoh, menopang beban dengan baik, dan tidak akan goyang saat diduduki. Beberapa pilihan rangka kursi yang kuat adalah rangka kursi berbahan kayu dan juga berbahan besi.
Memilih Kursi Jangan sampai salah! Ikuti tips memilih kursi yang tepat melalui artikel ini!

Penutup

Demikian tips yang dapat kami sampaikan mengenai cara memilih kursi untuk meja makan Anda. Kami harap wawasan yang kami sampaikan dapat memberi inspirasi dan berguna untuk Anda. Lengkapi juga koleksi perabot rumah tangga Anda dengan koleksi perabot dari Europe Enchanting. Kami menghadirkan berbagai perabot rumah tangga, seperti bak cuci piring dan keran air dapur, yang berkualitas tinggi dan lengkap dengan fitur-fitur yang canggih. Anda dapat menemukan koleksi perabot Europe Enchanting di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog