Dapur yang Aman untuk Anak

Ingin Dapur Aman untuk Anak? Ikuti 5 Tips Ini!

Apa saja langkah-langkah yang dapat Anda ambil supaya dapur aman untuk anak Anda? Salah satu ruangan di rumah yang paling sering digunakan dan yang paling sering dipakai untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga adalah dapur. Dapur sering dijadikan tempat untuk memasak dan makan bersama. Jika Anda memiliki anak yang masih berusia dini, mungkin Anda harus membuat dapur menjadi tempat yang, selain hangat, juga aman. Dengan begitu, Anda dan keluarga dapat meluangkan waktu bersama dengan lebih aman dan bahagia. Karena itu, penting untuk menciptakan kondisi dapur yang aman dan jauh dari bahaya. Penting untuk membuat dapur Anda menjadi tempat yang aman untuk anak. Berikut beberapa usulan yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat dapur Anda aman untuk anak-anak:

Memilih Countertop Dapur yang Aman

Pilihlah countertop dapur yang aman, yaitu countertop dapur dengan permukaan halus dan dapat dibersihkan dengan mudah. Anda dapat memilih countertop bahan kayu yang sudah dilapisi. Pastikan juga setiap ujung countertop tidak ada yang runcing.

Kabinet dan Perabotan Berukuran Rendah

Untuk melatih kemandirian anak dan membantu anak mengambil benda dan makanan dengan mudah, Anda dapat memasang kabinet dengan ukuran yang pas dengan tinggi badan anak. Isilah kabinet tersebut dengan makanan-makanan sehat dan snack favorit untuk memotivasi anak untuk menjadi mandiri. Selain itu, Anda juga dapat memasang perabotan dapur, seperti microwave, dengan tinggi yang disesuaikan. Jika Anda ingin anak belajar masak sejak dini, microwave bisa menjadi salah satu perabotan dapur yang pertama kali Anda perkenalkan. Namun, pastikan ada yang mengawasi anak Anda setiap ia menggunakan perabotan ini.

Perlengkapan Dapur untuk Anak-Anak

Jika Anda atau anak ingin terlibat dalam proses mempersiapkan makanan, Anda dapat menyediakan perlengkapan dapur yang aman untuk anak. Perlengkapan dapur seperti pisau tumpul atau talenan berukuran kecil dapat Anda persiapkan untuk anak Anda. Bahan-bahan yang aman dipakai berupa plastik dan kayu. Kalau anak Anda belum memiliki kemampuan motorik yang cukup, sebaiknya bahan-bahan yang lebih berat, seperti gelas atau logam, dihindari.

Pintu Kabinet

Dengan adanya kehadiran anak di dapur, kemungkinan adanya makanan yang berserakan atau tidak sengaja tertumpah sangat tinggi. Karena itu, saat merancang dapur Anda, ada baiknya pintu-pintu kabinet Anda, khususnya yang ada di bagian bawah, memiliki permukaan yang sepenuhnya rata. Dengan begitu, jika ada makanan yang tertumpah, pintu-pintu tersebut dapat dibersihkan dengan lebih mudah. Hal ini juga berlaku untuk permukaan-permukaan lainnya. Akan lebih baik jika setiap permukaan di dapur Anda tertutup rapat, tidak berongga, dan sepenuhnya rata.

Tempat Penghangat Makanan

Kalau Anda kurang merasa nyaman jika anak Anda menggunakan alat elektronik dapur seperti microwave, Anda dapat memilih untuk menyiapkan tempat penghangat makanan (warming drawer) sebagai penggantinya. Dengan begitu, kemandirian anak tetap dapat dilatih (karena anak akan belajar untuk mengambil makanannya sendiri) tanpa terpapar bahaya yang dapat saja terjadi saat menggunakan alat elektronik dapur. Penghangat makanan ini juga sangat berguna jika Anda dan anak Anda memiliki jadwal yang berbeda. Anak Anda tetap bisa menikmati makanan yang hangat setiap waktu walaupun mungkin Anda sedang tidak di rumah. Untuk melengkapi dapur Anda, kami memiliki koleksi bak cuci piring berkualitas tinggi. Bak cuci piring yang kami hadirkan berupa bak cuci piring jenis top-mount, yaitu tipe bak yang memiliki bibir yang bersandar di atas countertop, bukan di bawahnya. Bak cuci piring tipe top-mount cocok dipilih sebagai bak cuci piring untuk dapur keluarga. Karena bibirnya bersandar di atas countertop, kotoran dan partikel-partikel kecil tidak akan terselip karena tidak ada celah. Selain itu, beberapa dari bak cuci piring kami sudah dilengkapi bantalan karet, yang fungsinya adalah untuk meminimalisir cipratan air. Dengan begitu, Anda dan keluarga dapat menggunakan bak cuci piring kami dengan lebih nyaman. Terbuat dari bahan stainless steel SS 304, bak cuci piring kami memiliki kualitas yang kokoh dan tebal. Berikut beberapa dari koleksi bak cuci piring kami:

Kitchen Sink E1066 + Keran (Rp. 1.485.200)

Dengan fitur double sink dan ukuran cekungan yang dalam pada setiap bowl, bak cuci piring ini menjadi pilihan yang pas untuk mencuci peralatan makan yang berjumlah banyak. Posisi saluran air yang berada tepat di tengah kedua bowl menghasilkan aliran air yang lebih cepat masuk ke saluran air tersebut, sehingga dapat menghindari genangan air yang berlebihan saat Anda sedang mencuci. Posisi saluran air ini juga memudahkan pembetulan maupun maintenance pada pipa saluran.

Kitchen Sink E1073 (Rp. 2.200.000)

Kitchen sink E1073 ini sudah dilengkapi dengan bantalan karet yang berguna untuk meredam percikan air, untuk menjaga countertop dan lantai dapur Anda tetap bersih dan kering. Tidak hanya itu, bantalan karet ini juga mampu meminimalisir suara, sehingga menciptakan suasana yang lebih tenang saat Anda mencuci. Terbuat dari bahan stainless steel, bak cuci piring ini tidak akan mudah berkarat, anti korosi, dan juga tahan lama.

Kitchen Sink E1079 + Keran (Rp. 1.379.000)

Untuk melengkapi dapur yang memiliki ruang yang terbatas, Anda dapat memilih kitchen sink single bowl ini. Terbuat dari stainless steel SS 304, kitchen sink E1079 ini tidak mudah berkarat, anti korosi, kuat, dan juga tahan lama. Jika Anda akan sering menggunakan bak cuci piring atau jika akan digunakan oleh anggota keluarga yang berjumlah besar, bak cuci piring ini akan tetap awet. Lapisan chrome pada permukaan bak menghasilkan kualitas bak cuci piring yang tahan lama.

KItchen Sink E1068 + Keran (Rp.389.000)

Walau memiliki fitur single bowl, Anda tetap dapat mencuci peralatan makan Anda dlam jumlah yang besar karena tersedia permukaan ekstra untuk meletakkan peralatan makan Anda saat hendak dikeringkan atau sebelum Anda membilasnya. Kegiatan mencuci piring juga dapat berjalan dengan lebih cepat karena keberadaan saluran air dengan posisi tepat di tengah mangkuk, sehingga air tidak akan mudah menggenang.

Kitchen Sink F801A (Rp. 1.749.000)

Untuk kesan ruang dapur yang lebih estetis dan dramatis, Anda dapat memilih bak cuci piring berwarna hitam yang elegan ini. Selain tampilannya yang apik, bak cuci piring ini juga hadir dengan fitur-fitur yang lengkap. Bak cuci piring ini sudah termasuk peniris piring, soap dispenser, dan afur. Terlebih lagi, bak cuci piring ini sudah dilengkapi dengan bantalan karet yang dapat meminimalisir percikan air dan suara.
Dapur yang Aman untuk Anak Ciptakan dapur yang aman untuk anak Anda bersama tips dari kami!

Penutup

Demikian panduan yang dapat kami sampaikan mengenai cara menciptakan lingkungan dapur yang aman untuk anak-anak. Kami harap panduan dari kami dapat memberi manfaat untuk Anda dan keluarga. Kalau Anda tengah memilih bak cuci piring untuk dapur, Anda dapat menelusuri koleksi bak cuci piring dari Europe Enchanting. Temukan koleksi kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat Anda.
Back to blog