Dapur ala Resto

Intip Cara Merawat Dapur ala Resto supaya Dapur Optimal!

Inginkah Anda merawat dapur ala resto? Apakah Anda mengalami kesulitan untuk merawat dapur Anda? Mungkin ada baiknya Anda mengintip cara restoran-restoran merawat dapur mereka. Perawatan dapur menjadi hal yang sangat penting untuk usaha yang bergerak di bidang F&B. Hal ini dikarenakan, dapur adalah jantung dari bisnis tersebut. Jika dapur tidak dirawat dengan baik, hal tersebut akan berpengaruh ke kualitas makanan yang disajikan. Hal ini juga akan berdampak ke kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Karena itu, biasanya restoran-restoran memiliki dan mengikuti cara-cara khusus untuk merawat dapur mereka. Apa saja cara-cara tersebut? Berikut penjelasannya:
  • Membersihkan Alat-Alat Dapur

Jika Anda ingin menggunakan alat-alat dapur Anda untuk jangka waktu yang lama, Anda perlu membersihkannya secara rutin. Dengan begitu, alat-alat tersebut tidak akan mudah kotor, berkarat, berdebu, dsb. Usia pakai alat-alat dapur akan menjadi lebih lama. Jika Anda rutin membersihkan alat-alat dapur, hal tersebut juga akan membantu Anda menghemat biaya. Hal ini karena, biasanya, alat-alat dapur yang kotor memerlukan lebih banyak penggunaan daya listrik daripada alat-alat dapur yang rutin dibersihkan. Dengan rutin membersihkan alat-alat dapur, resiko Anda dan keluarga keracunan makanan juga akan sangat diminimalisir. Hal ini tentu sangat penting. Jika Anda merasa kewalahan untuk membersihkan alat-alat dapur Anda karena jumlahnya yang banyak, Anda dapat membuat jadwal dan membagi waktu Anda untuk membersihkan alat-alat dapur satu per satu. Alat-alat dapur yang perlu untuk dibersihkan setiap harinya adalah pisau, tempat pemanggangan, tempat penggorengan, dan pemotong daging. Jika Anda bingung mengenai cara membersihkan alat-alat dapur Anda, Anda dapat membaca manual dari alat-alat dapur tersebut. Beberapa alat juga memerlukan deep cleaning. Jika Anda kurang paham, Anda dapat menyewa jasa khusus pembersihan alat-alat dapur.
  • Inspeksi Alat-Alat Dapur

Anda juga perlu menginspeksi alat-alat dapur Anda, sehingga adanya kerusakan dapat terdeteksi sebelum kerusakan tersebut menjadi lebih parah. Dengan mengetahui adanya kerusakan yang ada di tahap awal, Anda dapat menghemat biaya pembetulan alat-alat dapur Anda. Dengan menginspeksi alat-alat dapur Anda secara rutin, alat-alat tersebut juga dapat terus berfungsi dengan optimal. Alat-alat dapur yang berfungsi dengan optimal juga akan meningkatkan kualitas dari aktivitas Anda di dapur dan menghindari alat-alat dapur yang rusak secara tiba-tiba. Alat-alat dapur yang rutin diinspeksi juga akan menjadi lebih aman untuk digunakan karena terhindar dari bahaya peledakan, penyengatan listrik, dsb. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir terjadinya bahaya di dapur Anda. Yang perlu Anda beri perhatian lebih adalah alat-alat dapur yang menggunakan listrik dan juga filter udara.
  • Membersihkan dan Menajamkan Pisau

Salah satu dari alat-alat dapur yang sangat memerlukan perawatan rutin adalah pisau Anda. Hal ini dikarenakan, pisau adalah salah satu dari alat-alat dapur yang sering digunakan untuk mempersiapkan masakan. Dengan merawat pisau Anda secara rutin, usia pakai pisau tersebut juga menjadi lebih lama. Pisau yang tajam dan terawat juga dapat menunjang performa Anda dalam memasak. Anda dapat menyiapkan makanan dengan lebih efisien. Pisau yang tajam juga dapat mengurangi terjadinya kecelakaan saat menggunakannya. Hal ini dikarenakan, pisau yang tajam dapat membantu Anda untuk memotong dengan lebih stabil. Untuk membersihkan pisau, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan air panas, sabun, dan pembersih yang tidak keras. Kemudian, Anda dapat membersihkannya dengan lap yang terbuat dari cotton halus. Untuk mempertajam pisau, Anda dapat membawanya kepada ahli penajam pisau.
  • Mengatur Tempat Penyimpanan Alat-Alat Dapur

Untuk mengoptimalkan kegiatan Anda di dapur, Anda dapat mengatur tempat penyimpanan alat-alat dapur Anda sesuai kategori. Sebagai contoh, Anda dapat meletakkan pisau, talenan, ulekan, dsb. dekat bak cuci piring karena alat-alat tersebut cenderung dipakai setelah Anda membersihkan bahan-bahan mentah untuk memasak. Sementara, alat-alat yang menggunakan listrik, seperti blender, toaster, dsb., sebaiknya diletakkan jauh dari bak cuci piring, untuk menghindari alat-alat yang konslet karena bersentuhan dengan air. Anda juga dapat meletakkan koleksi bumbu-bumbu Anda dekat dengan kompor, sehingga kegiatan memasak menjadi lebih mudah dan cepat. Dengan mengatur tempat penyimpanan alat-alat dapur, dapur Anda akan terlihat lebih teratur dan rapi. Waktu yang dihabiskan di dapur juga akan lebih singkat karena Anda tidak akan kewalahan mencari-cari alat-alat dapur yang ingin digunakan.
Dapur ala Resto Intip cara merawat dapur ala resto supaya dapur Anda berfungsi dengan optimal!

Penutup

Demikian beberapa cara yang dapat Anda contoh yang terinspirasi dari cara restoran-restoran merawat dapur mereka. Kami harap tips yang kami sampaikan dapat menjadi inspirasi dan memberi manfaat untuk Anda. Lengkapi dapur Anda dengan koleksi bak cuci piring dan keran premium dari Europe Enchanting. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti stainless steel dan kuningan, koleksi perabot dapur kami termasuk tahan lama dan juga kokoh. Anda dapat menemukannya di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog