Interior Gaya Japandi

Intip Ciri Khas Interior Gaya Japandi yang Sedang Naik Daun!

Pernahkah Anda mendengar tentang interior gaya Japandi? Interior gaya Japandi adalah gaya yang terbentuk dari dua konsep yang berseberangan, yaitu konsep wabi-sabi dan konsep lagom. Konsep wabi-sabi adalah filosofi yang berasal dari budaya Jepang, dimana fokusnya adalah keindahan yang terdapat pada ketidaksempurnaan. Sementara, konsep lagom berasal dari filosofi Skandinavia, dimana konsep ini berbicara mengenai kehidupan yang seimbang dalam seluruh aspeknya, tanpa adanya kekurangan ataupun kelebihan. Dengan berbaurnya dua konsep tersebut, lahirlah interior gaya Japandi. Japandi berbicara mengenai gaya hidup yang berpusat pada hal-hal yang esensial saja dan pemenuhan kebutuhan hidup yang dilakukan dengan efisien. Hasil dari interior gaya Japandi adalah rumah yang terlihat sederhana, sarat dengan aspek multifungsi, namun tetap estetis. Gaya ini juga mementingkan pemaksimalan fungsi ruang. Untuk penerapannya, interior gaya Japandi sering menggunakan kayu dan juga tanah liat, sebagai bentuk dari konsep keindahan dalam ketidaksempurnaan. Tidak hanya itu saja, interior gaya Japandi juga menggunakan bahan-bahan dengan tekstur yang halus, seperti bahan linen dan katun. Warna-warna yang digunakan lebih sering berupa warna-warna lembut, seperti warna krem dan putih. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai ciri-ciri interior gaya Japandi:
  • Warna-Warna Netral

Warna yang paling sering dipadankan dengan gaya ini berupa warna putih. Warna-warna lainnya yang juga sering dipakai adalah warna abu-abu dan krem. Supaya tidak monoton, skema warna ini dapat dipadankan juga dengan warna-warna yang lebih ceria, seperti merah muda dan kuning, sebagai aksen pemanis.
  • Tanpa Sekat

Salah satu karakteristik interior gaya Japandi adalah hunian yang terkesan terang dan lapang. Untuk menciptakan kesan ini, Anda dapat menyingkirkan sekat pada hunian Anda, seperti pintu ataupun dinding. Anda juga dapat menciptakan kesan hunian yang terang dan lapang melalui penggunaan pencahayaan melalui jendela. Selain untuk menciptakan hunian yang terang dan lapang, meminimalisir sekat di hunian Anda juga dapat membantu memperbaiki sirkulasi udara.
  • Gaya Industrial

Gaya industrial adalah suatu gaya interior yang memiliki ciri khas penggunaan material yang mentah dan tidak terpoles. Material yang biasa digunakan adalah beton, semen, dan batu bata. Ciri khas gaya industrial dapat dipadankan dengan gaya Japandi karena sama-sama berpusat pada konsep keindahan yang didapat dari ketidaksempurnaan. Namun, perbedaannya adalah bahwa konsep gaya industrial lebih banyak memakai bahan logam dan konsep gaya Japandi lebih banyak memakai bahan kayu. Peleburan dua gaya ini menghasilkan interior gaya Japandi industrial yang dapat Anda terapkan.
  • Menggunakan Tanaman

Adanya unsur tanaman di suatu ruangan dapat memberi sentuhan bentuk organik yang terlihat tidak sempurna. Bentuk organik adalah jenis bentuk yang sukar diukur maupun didefinisikan. Bentuk organik pada tanaman sejalan dengan konsep gaya interior Japandi yang mementingkan keindahan yang didapat dari ketidaksempurnaan.
  • Memilih Furniture Minimalis

Satu lagi ciri khas interior gaya Japandi adalah penggunaan furniture minimalis. Hal ini selaras dengan keseimbangan yang ingin dicapai melalui bentuk-bentuk sederhana. Dengan menggunakan furniture yang mengedepankan fungsi daripada estetika, hunian Anda juga dapat terlihat lebih lapang dan teratur.
Interior Gaya Japandi Interior gaya Japandi sedang naik daun! Seperti apa gaya ini? Simak penjelasannya melalui artikel ini!

Penutup

Karena interior gaya Japandi termasuk gaya desain interior yang mudah diterapkan, Anda dapat menerapkan gaya interior ini pada ruangan yang mana saja di hunian Anda, termasuk di dapur. Interior gaya Japandi dapat menjadi gaya yang tepat untuk Anda terapkan di dapur Anda, dimana suasana yang terang, lapang, dan teratur sangat dibutuhkan. Anda tertarik untuk menerapkan interior gaya Japandi ini? Lengkapi proyek dekorasi dapur Anda bersama koleksi bak cuci piring dari Europe Enchanting. Terbuat dari stainless steel berkualitas tinggi, koleksi bak cuci piring kami memiliki daya tahan yang kuat, anti korosi, mudah dibersihkan, dan memiliki ketahanan yang tinggi terhadap suhu yang rendah maupun suhu tinggi. Temukan koleksi bak cuci piring kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog