Air di Rumah Bersih? Jaga Kesehatan dengan Menjaga Kualitas Air melalui Tips Ini!

Air di Rumah Bersih? Jaga Kesehatan dengan Menjaga Kualitas Air melalui Tips Ini!

Mandi adalah salah satu aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan sehari-hari karena mampu menjaga tubuh dari bakteri penyebab penyakit. Namun, yang tidak kalah penting diperhatikan untuk menunjang kebersihan adalah air yang dipakai untuk mandi.

Jika kamu sering mandi namun air yang digunakan kotor atau tidak layak dipakai, kegiatan mandi akan menjadi mubazir karena tubuh akan tetap kotor atau bahkan semakin kotor.

Beberapa sumber air yang sudah umum dipakai oleh masyarakat adalah air PAM dan air PDAM. Terkadang, ada hal-hal yang mencemari kebersihan air yang dipasok oleh kedua sumber air ini, yang mengakibatkan air tidak layak dipakai. Berikut penjelasannya:

Air PAM

PAM adalah singkatan dari Perusahaan Air Minum. Air PAM adalah air yang disediakan oleh pihak swasta. Namun, walaupun berstatus swasta, kepemilikan dan perizinan PAM dikuasai penuh oleh pihak negara.

Sistem penyediaan airnya adalah dengan menggunakan teknologi canggih untuk mengolah air dahulu. Kemudian, air akan dialirkan dengan menggunakan jaringan pipa untuk mencapai rumah-rumah penduduk. Sebagai gantinya, penduduk akan membayar biaya langganan setiap bulannya.

Biasanya, air PAM termasuk aman untuk dipakai mandi karena tidak mengandung mineral berlebih, partikel-partikel berbahaya, atau logam berat. Namun, terkadang bisa saja terjadi kecelakaan atau ketidaksengajaan yang dapat mengotori kualitas air PAM.

Kebocoran Pipa

Pipa PAM dapat saja bocor karena berbagai alasan. Salah satunya tekanan air. Tekanan air yang terlalu tinggi dalam jangka waktu yang tidak sebentar dapat mengakibatkan pipa saluran yang lama-kelamaan retak.

Kebocoran juga dapat disebabkan oleh pergeseran posisi pipa. Hal ini bisa saja terjadi, salah satunya karena bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, atau erosi.

Salah satu dampak signifikan dari kebocoran pipa air PAM adalah air yang keruh.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa memesan stok air melalui mobil tangki air. Satu mobil berkapasitas 5,000 liter air bersih. Kalau satu orang butuh 60 liter per harinya dan terdapat 4 anggota keluarga, kamu bisa menggunakan air dari mobil tangki air selama sekitar 20 hari lamanya.

Air Tanah yang Keruh

Salah satu sumber air yang dimanfaatkan oleh PAM adalah air dari tanah. Tentu saja, akan ada variasi dari kualitas air yang didapat. Jika air sedang keruh dan terlihat tidak aman untuk digunakan, kamu bisa menyiasatinya dengan memakai penjernih atau filter air yang mudah ditemukan di marketplace.

Air PDAM

PDAM adalah singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum. Perusahaan ini dikelola oleh negara dan dapat ditemukan di seluruh provinsi, kabupaten, dan kotamadya yang ada di Indonesia. Sistem penggunaannya adalah sistem berlangganan, di mana pembayaran diharuskan setiap bulannya. Meteran air yang dimiliki pelanggan terhubung langsung dengan pipa instalasi PDAM lingkungan.

Karena beberapa hal, bisa saja air PDAM yang kamu terima berwarna kuning atau kecoklatan. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Filter Kurang Memadai

Untuk beberapa daerah, khususnya yang belum terlalu maju, bisa saja teknologi yang dipakai untuk memfilter air kurang canggih. Karena itu, air yang dikelola mungkin kurang bersih hasilnya.

Untuk membunuh kuman yang ada di dalam air, kamu bisa coba teknik klorinasi. Teknik ini menggunakan pelarutan tablet atau cairan klorin di air yang sudah disiapkan suhunya di atas 21 derajat Celcius.

Menggunakan klorin pada air tidak akan menimbulkan efek samping, asalkan takarannya disesuaikan. Klorin dapat melindungi kulit dari penyakit.

Infrastruktur Kurang Terawat

Jika pipa-pipa air PDAM sudah tua atau kurang terawat, hal ini dapat menyebabkan korosi. Dan, logam-logam yang ada di dalam air dapat mengubah warnanya menjadi keruh.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba untuk menjernihkan air dengan cara kimia, seperti dengan memakai bleach. Larutan bleach ini diketahui mampu membunuh bakteri dan virus di dalam air. Tapi, pastikan takaran yang dipakai secukupnya saja. Kamu bisa mencampurkan 3 tetes bleach ke dalam 1 liter air, aduk rata, dan diamkan air selama 30 menit.

Europe Enchanting juga memiliki shower yang bisa membantu menjaga kualitas air, yaitu shower E1600, karena terbuat dari bahan kuningan. Bahan ini diketahui mampu memurnikan air dari fungi, algae, dan jamur. Selain itu, kuningan juga antiseptik, sehingga dapat melindungi pengguna dari bakteri. Tidak hanya unggul kualitasnya, tampilannya juga modern dan sangat estetis.

Penutup

Mari menjaga kualitas air yang dipakai di rumah bersama tips yang kami bagikan. Dengan begitu, kebersihan kulit akan lebih terlindungi dan penyakit pun tidak akan mudah menyerang.

Untuk melihat shower E1600 kami, temukan di toko Europe Enchanting di Tokopedia, Shopee, dan di showroom terdekat.
Back to blog