Jangan Bingung! Inilah Alasan Jamur Berkembang Biak di Kamar Mandi dan Cara untuk Membasminya!

Jangan Bingung! Inilah Alasan Jamur Berkembang Biak di Kamar Mandi dan Cara untuk Membasminya!

Kalau kamu punya masalah dengan jamur di kamar mandi kamu, berarti artikel ini disiapkan khusus buat kamu! 

Jamur adalah suatu organisme yang dianggap sebagai salah satu anggota dari kelompok Fungi. Jamur berbeda dari bakteri. Keduanya termasuk mikroorganisme yang sering hidup berdampingan di lingkungan yang sama. Namun, keduanya sangat berbeda. 

Walau jamur berbeda dengan bakteri, jika dibiarkan berkembang biak, jamur sama-sama berbahaya karena dapat membahayakan tubuh, khususnya sistem pernapasan. Saat berkembang biak, jamur akan menyebarkan spora-spora berukuran sangat kecil ke udara.

Spora-spora kecil ini akan bermultiplikasi dengan memanfaatkan kelembaban di udara. Jika dihirup dan masuk ke sistem pernapasan, spora-spora kecil ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti alergi ataupun asma. 

Karena itu, ada baiknya kamu mengetahui alasan-alasan kenapa jamur bisa terbentuk dan cara menghindarinya, supaya lingkungan kamar mandi jadi lebih sehat dan terhindar dari jamur! Yuk, mulai! 

Ventilasi Udara 

Jamur butuh lingkungan yang lembab untuk bertumbuh dan berkembang biak. Jika ventilasi udara di kamar mandi kamu kurang, udara bisa menjadi lembab dan menghasilkan kondisi yang ideal untuk pertumbuhan jamur. 

Saat kamar mandi minim ventilasi, selain lembab, udara juga bisa menjadi hangat. Suhu hangat inilah yang dibutuhkan juga oleh jamur untuk proses pertumbuhannya. 

Apalagi, angin juga sangat jarang keluar-masuk kamar mandi yang minim ventilasi, dan kondisi udara yang statis inilah yang disiasati oleh jamur untuk berkembang.  

Kebocoran 

Kebocoran dari keran air, pipa, atau air yang merembes melalui lantai juga bisa mendukung pertumbuhan jamur. Hal ini terjadi karena lingkungan kamar mandi berubah menjadi lebih lembab dengan meningkatnya kadar air yang terekspos. 

Jamur juga bisa berkembang biak melalui benda-benda organik yang terkena air, seperti kayu, kertas, dan kain. Benda-benda tersebut mampu menjadi sumber nutrisi untuk pertumbuhan jamur.

Jika kebocoran tersebut menjalar ke kayu, kain, atau benda-benda organik lainnya yang ada di kamar mandi, benda-benda basah tersebut akan dimanfaatkan oleh jamur. 

Jarang Dibersihkan 

Kamar mandi yang jarang dibersihkan juga bisa berkontribusi terhadap berkembangnya jamur. Salah satu alasannya adalah karena jamur mampu menjadikan sisa sabun, kotoran,atau sampo yang tidak dibersihkan sebagai sumber nutrisi untuk membuat jamur berkembang. 

Uap air dari air panas yang tidak dibersihkan pada permukaan cermin, dinding, atau lantai yang tidak sering dikeringkan juga bisa menyebabkan kelembaban yang memicu pertumbuhan jamur. 

Cara Menghindari Jamur Berkembang Biak di Kamar Mandi 

Perbaiki Ventilasi Udara 

Ventilasi udara yang baik akan meminimalisir kelembaban dan menghalangi pertumbuhan jamur. 

Kamu bisa perbaiki ventilasi udara dengan memasang exhaust fan atau menambah jendela dengan pintu jendela yang bisa dibuka lebar-lebar.  

Membetulkan Kebocoran 

Segera betulkan kebocoran yang terdeteksi dan check setidaknya sekali seminggu untuk tanda-tanda kebocoran di kamar mandi kamu. 

Kamu bisa check pipa, selang, lantai, dan sumber air lainnya yang berpotensi bocor. Jangan biarkan ada yang bocor, bahkan sekecil apapun.   

Bersihkan dan Sterilkan

Kamu juga bisa pakai pembersih khusus jamur untuk mensterilkan bagian-bagian di kamar mandi yang terkena jamur. 

Sebelum menggunakan pembersih khusus tersebut, ada baiknya kamu memakai perlengkapan pelindung dulu, seperti kacamata pelindung, masker, dan sarung tangan.

Perlengkapan pelindung ini akan melindungi kamu dari spora berbahaya. Kemudian, gunakan pembersih sesuai instruksi yang diberikan. 

Kamu juga bisa pakai cara manual, yaitu dengan langsung mengikis jamur yang ada di lantai, dinding, atau plafon dengan menggunakan alat pengikis atau tangan kamu.

Kalau kamu ingin pakai tangan, pastikan kamu melindunginya dengan memakai sarung tangan. Setelah itu, bersihkan area tersebut dengan larutan pemutih pakaian dan air dengan rasio 1:3.  

Kamu juga bisa pakai pembersih dengan nama benzalkonium chloride atau fungisida (sejenis pestisida) untuk membunuh spora jamur. 

Keringkan Kamar Mandi 

Untuk kamar mandi pribadi, kamu bisa berusaha untuk sering-sering mengeringkannya. Karena, area yang kering bisa meminimalisir perkembangan jamur. 

Caranya, kamu bisa pakai kipas ventilasi atau dehumidifier. Dehumidifier adalah alat yang bisa menarik kelembaban dari udara dan mengumpulkannya ke dalam suatu wadah yang dapat dikosongkan, mirip seperti vakum. 

Kamu juga bisa sering-sering membuka jendela, khususnya di siang hari, untuk mempercepat proses pengeringan.

Kalau kamu mau lebih praktis lagi dan punya budget yang cukup, kamu bisa beli dan pasang shower box. Shower box ini adalah penyekat area shower dengan bentuk menyerupai kotak. 

Saat ingin mandi, kamu tinggal masuk ke dalam shower box dan tutup pintunya. Dengan begitu, air yang dipakai saat kamu mandi tidak akan terciprat ke mana-mana, dan hanya ditampung di dalam shower box saja. 

Bersihkan Sampah Organik 

Sampah organik yang dihasilkan dari kegiatan yang kamu lakukan di kamar mandi, seperti sampah sabun, serpihan kayu, tisu, dsb., bisa dijadikan sumber nutrisi oleh jamur, dimana jamur akan mengendap dan bertumbuh lewat sampah organik tersebut.

Karena itu, ada baiknya sampah organik, bahkan yang serpihannya kecil pun, sering-sering dibersihkan.

Ada baiknya juga kamu memasang tempat sampah dengan tutup ketimbang tempat sampah tanpa tutup, supaya sampah organik tidak terekspos ke spora di udara. 

Cat Anti Jamur

Cat anti jamur ini memang dirancang khusus untuk mencegah berkembang biaknya jamur dan lumut, khususnya pada dinding, langit-langit, dan permukaan lainnya. 

Cat anti jamur ini punya banyak manfaat karena mampu meningkatkan daya tahan cat terhadap lingkungan yang lembab.

Cat ini juga membantu memperbaiki kualitas udara dan mengurangi pertumbuhan spora jamur. 

Panggil Ahlinya 

Kalau masalah jamur di kamar mandi kamu sudah terlalu parah, ada baiknya kamu panggil jasa profesional yang bisa menangani masalah kamu. 

Karena, pihak jasa pastinya punya alat-alat dan kemampuan yang memadai untuk mengatasi jamur dengan efektif dan tuntas.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa minta informasi dari jasa tersebut mengenai cara terbaik menghindari terjadinya masalah jamur di kemudian hari.  

Penutup 

Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah jamur di kamar mandi hunian kamu. 

Untuk bantu mencegah pertumbuhan jamur, Europe Enchanting hadir dengan koleksi shower box berkualitas.

Kerangkanya terbuat dari aluminum premium dan gelasnya dari Tempered Glass. Yuk, check koleksinya di official store kami! 

Back to blog