Apakah Kamar Mandimu Sudah Sehat? Yuk, Intip 5 Ciri-cirinya!

Apakah Kamar Mandimu Sudah Sehat? Yuk, Intip 5 Ciri-cirinya!

Kamar mandi adalah salah satu ruangan di dalam rumah yang kebersihannya perlu dijaga. Kenapa? Selain karena sering dipakai, kamar mandi juga berhubungan dengan penggunaan air dan memiliki saluran air yang dapat membawa penyakit jika tidak dijaga kebersihannya. 

Untuk melindungi kesehatanmu dan keluarga, sangatlah penting untuk menciptakan kamar mandi yang sehat dan aman untuk digunakan. Kamu dan anggota keluargamu juga akan merasa lebih nyaman dan betah meluangkan waktu di kamar mandi jika kamar mandimu dijaga kebersihan dan kesehatannya.  

Untuk menciptakan kamar mandi yang sehat, kamu bisa mempelajari poin-poin yang ada di artikel ini. 

Air Bersih 

Karena kamar mandi adalah salah satu ruangan yang memfasilitasi penggunaan air, tentunya air yang dipakai perlu dijaga kelayakannya untuk dipakai. Jika tidak dijaga, air menjadi tidak nyaman untuk digunakan dan bahkan bisa memicu penyakit, seperti penyakit kulit dan infeksi mata dan telinga. 

Baik air PAM atau PDAM bisa saja menghasilkan air yang keruh sewaktu-waktu karena satu dan lain hal. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa menggunakan filter air. Filter ini berfungsi untuk menyaring dan menghilangkan kontaminan yang ada di dalam air. Tersedia beragam bentuk filter air di pasaran, dari yang kecil sampai yang besar, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. 

Kamu juga perlu memeriksa pipa air dan membersihkannya secara berkala, untuk meminimalisir kekeruhan pada air yang dikarenakan pipa air yang kotor. 

Pencahayaan

Salah satu ciri-ciri kamar mandi yang sehat adalah pencahayaan yang cukup. Jika kamar mandi kamu menerima sinar matahari yang cukup, hal ini dapat membantu mencegah kelembaban dan nyamuk yang bersarang.

Sinar matahari mampu membantu menjaga kamar mandi supaya tetap kering saat tidak dipakai. Nyamuk juga tidak akan mudah berkembang biak karena nyamuk tidak menyukai terang maupun suhu panas. 

Dengan pencahayaan yang cukup, kamar mandi juga akan terlihat lebih cerah dan mengurangi kesan suram. 

Ventilasi Udara 

Kamar mandi yang tidak memiliki ventilasi udara yang cukup dapat menjadi lembab dan bau apek. Jika dibiarkan lembab, kamar mandi dapat menjadi sarang bertumbuhnya jamur yang bisa saja merembet ke perabot, dinding, dan ubin di kamar mandi. Jamur yang berkembang biak bisa menyebabkan terbentuknya penyakit, seperti alergi, asma, dan masalah pernapasan.

Ventilasi udara yang cukup juga dapat memasukkan udara segar yang tentu saja membuat aktivitas di kamar mandi terasa lebih nyaman.

Ventilasi udara tidak hanya jendela saja. Tersedia juga pilihan-pilihan lainnya, seperti jalusi, skylight, dan loster.   

Jika tidak memungkinkan untuk memasang ventilasi udara terbuka, kamu bisa memasang ventilasi exhaust, yaitu jenis ventilasi yang cocok dipasang di kamar mandi tertutup.      

Letak Tempat Sampah

Satu lagi cara untuk menciptakan kamar mandi yang sehat adalah dengan memperhatikan letak tempat sampah. Jika bentuk tempat sampah yang kamu miliki tidak memiliki tutup, akan lebih baik jika tempat sampah diletakkan di depan kamar mandi. Karena, kondisi kamar mandi yang lembab dapat mempengaruhi bau sampah. Kalau kamu tetap ingin menaruh tempat sampah di kamar mandi, kamu bisa memilih yang memiliki tutup.  

Hindari juga membuang sampah pada selokan atau saluran kloset duduk, untuk menghindari adanya penyumbatan dan juga potensi banjir. 

Memisahkan Area Basah dan Kering

Supaya aktivitas di kamar mandi lebih nyaman dijalani, ada baiknya kamu memisahkan area basah dan area kering. Area basah bisa untuk mandi dan menggosok gigi, dan area kering bisa untuk bercermin, mencukur, mengeringkan rambut. Tidak hanya nyaman saja, kamar mandi yang dibagi dua seperti ini juga lebih mudah dibersihkan dan dijaga kebersihannya. 

Untuk memisahkan area basah dengan area kering, kamu bisa memasang shower box di kamar mandimu. Shower box adalah solusi tepat untuk menjaga kebersihan kamar mandi dan membuat aktivitas di kamar mandi terasa lebih nyaman dijalankan. 

Europe Enchanting memiliki koleksi shower box dengan tampilan estetis dan terbuat dari bahan-bahan premium, seperti tempered glass dan aluminium.

Penutup

Kami harap poin-poin yang kami sajikan di artikel ini dapat memberi inspirasi mengenai cara menciptakan kamar mandi yang sehat dan bersih.  

Temukan koleksi shower box Enchanting di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.

Back to blog