Harus Kinclong! Yuk, Persiapkan Kamar Mandi untuk Menyambut Momen Ramadhan!

Harus Kinclong! Yuk, Persiapkan Kamar Mandi untuk Menyambut Momen Ramadhan!

Kamu akan jadi tuan rumah untuk momen Ramadhan nanti?

Mungkin hal ini artinya akan ada anggota keluarga atau teman yang menginap di hunianmu selama Ramadhan atau Lebaran, khususnya jika mereka jauh-jauh berkunjung ke tempatmu.

Untuk mempererat tali silaturahmi dan supaya tamu kamu merasa nyaman, kamu juga perlu mempersiapkan hunian kamu. Hunian yang bersih, rapi, dan nyaman akan membekas di benak tamu dan membuat mereka merasa bahagia telah berkunjung dan meluangkan waktu bersamamu. 

Salah satu ruangan yang sebaiknya ikut dipersiapkan adalah kamar mandi. Entah untuk dipakai sekali saja atau beberapa kali, kamar mandi perlu diperhatikan kondisinya. Karena, kamar mandi yang kotor atau terbengkalai akan membuat tamu tidak nyaman. Hal ini juga akan berdampak ke pendapat dan cara pandang tamu mengenai kamu sebagai tuan rumah. 

Siap mempersiapkan kamar mandimu untuk momen Ramadhan? Yuk, simak tips berikut ini! 

Pencahayaan

Walau tidak berhubungan dengan kotor tidaknya kamar mandi, pencahayaan yang kurang atau salah bisa menciptakan rasa tidak nyaman. 

Misalnya, kamar mandi yang remang-remang atau kurang pencahayaan akan membuatnya terlihat suram.

Tamu juga akan merasa sulit melakukan kegiatan karena tidak dapat melihat dengan baik.

Hal ini juga berbahaya untuk lansia atau anak-anak karena mereka membutuhkan pencahayaan cukup supaya dapat beraktivitas dengan baik. 

Sebagai gantinya, kamu bisa memasang cahaya yang lebih terang atau bahkan menambahkan bukaan di kamar mandi tersebut.

Selain mempermudah kegiatan, kamar mandi yang cerah membuatnya terlihat lebih lapang dan estetis. 

Aroma 

Tentunya, kamar mandi sangat rawan bau tak sedap karena sifat aktivitas yang dijalani di dalam ruangan tersebut. Karena itu, memperhatikan aroma kamar mandi menjadi hal yang penting. 

Seperti apa aroma kamar mandimu saat ini? Kamu bisa menggunakan diffuser, lilin beraroma, atau penyegar udara untuk menambah aroma wangi di kamar mandi. 

Atau, supaya tidak repot, kamu juga bisa menggunakan pengharum ruangan otomatis. Alat ini akan menyemprotkan pewangi ruangan beberapa menit sekali secara otomatis. 

Untuk menjaga kewangian kloset duduk, kamu bisa memilih kloset duduk dengan fitur penghilang bau atau menambahkan pengharum pada mangkuk kloset. 

Kalau kamar mandimu punya masalah dengan jamur dan bau apek dari jamur, kamu bisa pasang exhaust fan. Alat ini akan membantu mengurangi kelembaban di kamar mandi kamu. 

Alat-alat Kamar Mandi

Jika kamu punya alat-alat kamar mandi dalam jumlah yang banyak, kamu bisa simpan alat-alat tersebut di dalam lemari, supaya kamar mandi terlihat lebih rapi. 

Atau, kalau kamar mandimu tidak punya lemari/kabinet, kamu bisa memasang rak sabun sebagai ruang penyimpanan alternatif. Kenapa rak sabun? Karena rak sabun mudah dipasang dan tidak memakan banyak tempat. 

Pastikan juga kamu mempersiapkan container untuk menyimpan alat-alat kamar mandi tamu kamu, seperti sikat gigi, odol, dan sabun mereka. 

Untuk menggantung handuk atau baju tamu, kamu bisa memasang rak handuk yang muat banyak. Dengan begitu, tamu akan merasa lebih nyaman. 

Kamu juga bisa memasang soap dispenser (dispenser sabun) untuk mengantisipasi kalau tamu kamu lupa membawa sabunnya sendiri. Soap dispenser lebih higienis daripada sabun batangan karena cara pemakaiannya. 

Dekorasi

Kalau kamu punya budget lebih, kamu bisa pajang dekorasi di kamar mandimu. Dekorasi yang kamu pilih tidak harus mahal, asalkan, tampilannya estetis dan cocok dengan interior kamar mandi kamu. 

Misalnya, kamu bisa pajang tanaman hias tahan lembab, seperti lidah buaya, lidah mertua, atau monstera. Kamar mandi akan terlihat dan terasa lebih segar. 

Kamu juga bisa pajang karya seni di dinding-dinding kamar mandi. Pastikan, karya seni tersebut bisa berbaur baik dengan interior kamar mandi. 

Cermin juga bisa jadi bagian dari dekorasi kamar mandi. Kamu bisa pilih cermin dengan bingkai yang cantik atau yang berbentuk unik. 

Kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang atau tenaga untuk mendekorasi kamar mandi kamu. Yang kamu perlu perhatikan hanya tampilannya dan bagaimana dekorasi tersebut berbaur dengan desain kamar mandi kamu. 

Alat-alat Pembersih 

Supaya lebih mudah untuk bersih-bersih kalau kamar mandi tiba-tiba kotor, kamu bisa stok alat-alat pembersih di kamar mandimu.

Hal ini juga menguntungkan untuk tamu kamu karena mereka juga bisa bersih-bersih sendiri kapan saja mereka merasa perlu. 

Benda-benda Berbahaya

Ada baiknya, saat kamu mempersiapkan kamar mandi untuk tamu kamu, bahwa kamu juga menyingkirkan benda-benda berbahaya, seperti gelas kaca. Karena, hal ini tentunya berbahaya untuk tamu kalau mereka membawa anak kecil atau lansia. 

Kalau memang benda-benda tersebut dibutuhkan, kamu bisa menyimpannya di tempat yang aman, seperti di kabinet terkunci. 

Benda-benda pembersih juga sebaiknya kamu simpan di tempat yang aman, khususnya supaya jauh dari jangkauan anak-anak atau anggota keluarga dengan disabilitas. 

Lebih baik, kamu siapkan benda-benda yang aman saja untuk dipakai atau untuk diletakkan di luar kabinet, seperti benda-benda dari plastik.

Penutup 

Demikian tips yang bisa kamu ikuti supaya kamar mandi kamu siap untuk dipakai buat momen Ramadhan. 

Lengkapi koleksi perabot kamar mandi kamu dengan perabot dari Europe Enchanting. Kami hadirkan berbagai koleksi perabot sanitasi berkualitas tinggi. 

Temukan koleksi kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat. 

Back to blog