Kenali Arti Tempered Glass, Kaca Kuat dan Tahan Suhu Panas!

Kenali Arti Tempered Glass, Kaca Kuat dan Tahan Suhu Panas!

Tempered glass, atau yang dapat disebut juga sebagai toughened glass, adalah sejenis kaca yang sifatnya lebih kuat dari kaca normal (annealed glass). Hal ini dikarenakan tempered glass dibentuk melalui proses pemanasan dan pencampuran bahan kimia, sehingga membuatnya sampai 4 kali lebih kuat dari kaca normal. Arti kata “tempered” adalah proses pemanasan. Kegunaan tempered glass sangat banyak. Salah satu kegunaannya adalah pada kaca mobil, karena jika tempered glass sewaktu-waktu pecah, jenis kaca ini tidak akan membahayakan penumpang karena kepingan-kepingannya tidak tajam. Ini karena tempered glass didinginkan secara perlahan saat melalui proses perlakuan panas (annealing), sehingga membuatnya tidak berbahaya saat pecah. Karena itu, tempered glass juga sering disebut sebagai “safety glass”. Selain itu, tempered glass juga digunakan dekat area-area di rumah yang berhubungan langsung dengan suhu panas, seperti countertop dapur dan oven. Karena proses tempering (proses pemanasan) yang dilalui oleh tempered glass, jenis kaca ini tahan terhadap suhu tinggi dan tidak akan mudah pecah. Tempered glass juga kuat dan tahan terhadap proses keusangan (wear and tear). Tempered glass sering digunakan pada benda-benda dimana keamanan penggunanya menjadi faktor yang sangat penting, seperti pada kaca mobil, pintu masuk, kaca pintu microwave, kaca meja, dsb. Proses pembentukan tempered glass bermula dengan kaca yang dipanaskan di perapian dengan suhu lebih dari 1,000 derajat Fahrenheit. Kemudian, kaca tersebut didinginkan dengan menggunakan ledakan udara (air blast) bertekanan tinggi. Proses ini mendinginkan lapisan luar kaca lebih cepat dari lapisan kaca di dalamnya. Hasilnya, lapisan di dalam kaca tetap ada dalam bentuk keadaan tarik (state of tension). Sementara, lapisan luar kaca ada dalam keadaan tekan (state of compression). Karena bentuknya ini, tempered glass menjadi sangat kuat. Europe Enchanting juga memiliki koleksi perabot rumah dengan fitur tempered glass. Salah satu jenis perabot rumah tersebut hadir dalam bentuk wastafel kaca. Berikut daftar beberapa dari koleksi wastafel kaca kami:
  • Wastafel Kaca A128-CLR (Rp.1.600.000)

Wastafel kaca ini hadir dalam bentuk vessel. Jenis wastafel ini diletakkan di atas countertop kabinet atau meja, bukan di dalamnya. Karena itu, kamar mandi akan terlihat lebih estetis dengan adanya wastafel vessel A128-CLR ini. Dengan badan yang berwarna hitam, wastafel kaca ini juga cocok dipadankan dengan kamar mandi yang memiliki gaya interior maskulin.
  • Wastafel Kaca E222N-SQ-P5-BLK (Rp.2.750.000)

Terbuat dari bahan tempered glass yang tebal, wastafel kaca ini termasuk awet dan tidak akan mudah rusak. Karena itu, Anda dapat memilih wastafel kaca ini sebagai salah satu investasi perabot kamar mandi karena sifatnya yang tahan lama. Bahan tempered glass pada wastafel ini juga membuatnya cenderung mengkilap dan tidak kusam. Karena itu, wastafel kaca ini cocok diletakkan di kamar mandi tamu, kafe, ataupun hotel, dimana penampilan sangat diperhatikan.
  • Wastafel Kaca A126-SQ-P3-BLK (Rp.2.475.000)

Wastafel kaca ini hadir dengan meja kaca, rak gantung handuk, afur, dan juga sifon. Proses pemasangan menjadi lebih mudah, cepat, dan hemat. Mangkuk wastafel kaca ini juga cukup dalam dan panjang sehingga Anda dapat menggunakannya dengan lebih mudah.
Tempered Glass Kenali arti tempered glass, jenis kaca yang kuat dan tahan suhu panas ini!

Penutup

Demikian wawasan yang dapat kami sampaikan mengenai arti dan ciri-ciri tempered glass. Kami harap wawasan yang kami sampaikan dapat memberi manfaat untuk Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai koleksi wastafel tempered glass dari Europe Enchanting, Anda dapat menelusuri koleksi kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog