Elemen Desain Bentuk

Kenali Elemen Desain Bentuk: Hunian Akan Jadi Lebih Cantik!

Sudahkah Anda tahu tentang elemen desain bentuk? Salah satu elemen desain yang perlu diperhatikan saat mendekorasi suatu hunian adalah elemen bentuk. Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan elemen desain ini, hunian Anda dapat terlihat lebih estetis. Elemen desain bentuk berbicara mengenai bentuk dari suatu ruangan, yang meliputi strukturnya, seperti struktur ruangan yang berbentuk persegi panjang. Elemen bentuk juga berbicara tentang setiap benda tiga dimensi yang dipasang atau diletakkan di dalam suatu ruangan, entah yang berukuran kecil atau yang berukuran lebih besar. Bentuk ini dapat berupa kubus, bola, silinder, kerucut, dsb. Saat berbicara mengenai bentuk, Anda dapat menemukan dua jenis bentuk, yaitu bentuk geometris dan bentuk natural. Bentuk geometris adalah bentuk yang tercipta dari objek buatan tangan manusia. Bentuk geometris cenderung memiliki garis yang keras, kaku, dan memiliki banyak sudut. Sementara itu, bentuk natural adalah bentuk yang dapat Anda temukan dari benda-benda yang tercipta oleh alam, seperti halnya bentuk dari suatu tanaman yang diletakkan di suatu ruangan. Garis-garis pada bentuk natural ini terlihat lebih alami, organik, dan asimetris. Kesan yang tercipta oleh bentuk-bentuk yang natural adalah tampilan yang lebih dinamis, menenangkan, dan dapat membuat suasana lebih rileks. Sementara, bentuk-bentuk geometris memberikan kesan yang lebih kaku dan formal. Untuk bermain dengan elemen desain ini, Anda dapat memperhatikan beberapa pertimbangan berikut:
  • Memperhatikan Proporsi Ruangan

Proporsi ruangan berbicara mengenai penyesuaian dimensi. Jika Anda memiliki ruangan yang memiliki bentuk persegi panjang, maka tampilan furniture yang ada di dalam ruangan tersebut akan terlihat aneh jika bentuk yang dipilih adalah bentuk bulat. Hal ini dikarenakan proporsi yang tidak sesuai. Akan lebih baik jika bentuk furniture yang dipilih juga dalam bentuk persegi panjang. Jika tetap ingin memilih furniture dengan bentuk yang bulat, Anda dapat menggunakan bentuk ini untuk furniture yang lebih kecil atau tidak dominan.
  • Memadankan Bentuk yang Serupa

Untuk menciptakan kesan yang harmonis dan menyatu, Anda dapat memadankan benda-benda dengan bentuk yang sama bersama-sama. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan meja dan sofa berbentuk persegi panjang pada ruang tamu Anda untuk menciptakan kesan ruangan yang simetris dan harmonis. Namun, jika Anda ingin bereksperimen dengan berbagai bentuk benda, hal ini sah-sah saja. Tetapi, perlu diingat untuk tidak memakai terlalu banyak bentuk yang berbeda-beda, untuk menghindari kesan ruangan yang terlihat terlalu berantakan dan membingungkan.
  • Mengulang Bentuk-Bentuk Dominan

Anda juga dapat memakai bentuk-bentuk yang dominan pada aksen-aksen kecil di ruangan Anda. Sebagai contoh, selain menggunakan meja dan sofa yang memiliki bentuk persegi panjang, Anda dapat mengulangi pemakaian bentuk ini pada lukisan-lukisan yang dipajang di belakang sofa. Dengan begitu, ruangan tersebut menjadi lebih menyenangkan untuk dilihat karena adanya keserasian antara benda-benda di dalamnya.
  • Memilih Bentuk Geometris

Jika Anda ingin menciptakan hunian atau ruangan yang terlihat lebih modern, Anda dapat menggunakan benda-benda dengan bentuk geometris. Dengan begitu, hunian Anda akan terlihat lebih modern dan berwujud lebih tegas.
  • Memilih Bentuk Natural

Kalau Anda lebih menyukai tampilan hunian yang terlihat lebih santai, Anda dapat memilih untuk memakai furniture dengan bentuk-bentuk yang lebih natural, seperti furniture kayu yang masih memiliki bentuk alaminya. Kesan ini cocok diterapkan untuk ruangan di mana fungsinya adalah sebagai tempat Anda tidur atau berelaksasi.
Elemen Desain Bentuk Pahami elemen desain bentuk supaya hunian terlihat lebih estetis!

Penutup

Demikian wawasan yang dapat kami sampaikan mengenai salah satu elemen desain, yang berupa elemen bentuk. Kami harap wawasan yang kami sampaikan dapat memberi manfaat untuk Anda, khususnya jika Anda tengah mengerjakan proyek dekorasi rumah. Lengkapi perabotan hunian Anda dengan produk-produk dari Europe Enchanting. Kami menghadirkan beragam produk berkualitas tinggi, seperti shower set, wastafel, toilet duduk, dsb. Produk-produk kami berstandar Eropa dan terbuat dari bahan-bahan premium. Temukan koleksi produk kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat Anda.
Back to blog