Auto Bersih Seperti Baru! Ini Dia Cara Menghilangkan Jamur di Kepala Shower!

Auto Bersih Seperti Baru! Ini Dia Cara Menghilangkan Jamur di Kepala Shower!

Kapan terakhir kali kamu membersihkan kepala shower kamu?

Kepala shower perlu sering-sering dibersihkan. Karena, benda ini sering bersentuhan dengan air, yang bisa membuatnya berjamur, khususnya jika lingkungan kamar mandi cukup lembab. 

Tentu saja, kepala shower yang berjamur bisa membawa bermasalah. Misalnya, jamur yang berkembang biak bisa menutupi sela-sela bukaan kepala shower, sehingga air yang keluar jadi lebih kecil. 

Kepala shower yang berjamur juga membuat aktivitas mandi menjadi kurang nyaman. Karena, bisa saja jamur tersebut berjatuhan ke badan atau rambut kamu saat didorong keluar oleh arus air. 

Selain itu, karena terhambat jamur, beragam kotoran bisa saja terperangkap pada bagian lubang di kepala shower, yang bisa bercampur dengan air dan mengkontaminasinya.  

Estetika kamar mandi juga berkurang karena kepala shower penuh dengan jamur. Kalau kamar mandi kamu dipakai bersama tamu atau anggota keluarga lainnya, tentu hal ini jadi sangat mengganggu. 

Karena itu, ada baiknya kamu membersihkan kepala shower kamu secara rutin.

Membersihkannya juga tidak membutuhkan alat-alat atau bahan-bahan yang rumit. Dan durasi pembersihannya juga tidak memakan waktu yang lama. 

Yuk, pelajari cara membersihkan kepala shower kamu, supaya selalu terjaga kebersihan dan tampilannya! 

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelumnya 

Sebelum membersihkan kepala shower, ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk berjaga-jaga. Jamur itu mampu melepaskan spora ke udara, yang berbahaya kalau kamu hirup.

Dengan berjaga-jaga, kamu akan melindungi diri dari bahaya saat menghirup spora tersebut. 

1.Menggunakan perlengkapan pelindung: Ada baiknya kamu melindungi diri dari bahaya spora jamur dengan menggunakan sarung tangan, masker, dan kacamata pelindung. Perlengkapan ini akan melindungi kulit, mata, dan sistem pernapasan kamu.  

2.Pastikan ventilasi cukup: Kamar mandi perlu terventilasi dengan baik, supaya bisa mengurangi kepadatan spora jamur di udara. Kamu bisa membuka jendela kamar mandi atau menyalakan exhaust fan (penyedot udara) untuk memperbaiki ventilasi. 

Setelah kamu sudah mempersiapkan diri dan mempersiapkan kamar mandi kamu, yuk, mulai bersih-bersih!  

Soda Kue 

Soda kue adalah bahan yang bersifat abrasif tapi lembut, sehingga bisa kamu pakai untuk membersihkan jamur, khususnya jika jamur tersebut berwarna hitam. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa melarutkannya dengan air secukupnya untuk menghasilkan tekstur pasta.  

Setelah itu, oleskan pasta tersebut ke bagian kepala shower yang berjamur. Kamu bisa menggunakan sarung tangan untuk menyentuh larutan tersebut, atau memakai benda dengan ujung yang ramping, seperti cotton bud. 

Kemudian, diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air. Ulangi jika perlu. 

Cuka 

Kamu juga bisa pakai cuka buat membersihkan kepala shower kamu.

Sifat asam yang ada pada cuka bisa bekerja sebagai desinfektan dan juga pembersih alami. 

Apalagi, bahan cuka ini juga tidak berbahaya saat bersentuhan dengan kulit, sehingga membuat penggunaannya jadi lebih aman.  

Buat menggunakannya, kamu bisa siapkan wadah yang cukup besar. Kemudian, larutkan air dengan cuka dengan rasio perbandingan yang sama. 

Setelah itu, lepaskan kepala shower dari gagangnya dan rendam kepala shower di larutan yang sudah kamu siapkan. Pastikan kepala shower terendam sepenuhnya. 

Lalu, biarkan selama 30 menit. Sikat dengan lembut setelah itu. Habis itu, bilas pancuran dengan air sampai benar-benar bersih. 

Lemon

Kamu juga bisa menggunakan lemon, loh, buat membersihkan kepala shower. Karena, jus yang ada pada lemon bersifat asam dan punya sifat antimikroba yang bisa membantu menghilangkan jamur. 

Untuk memakainya, kamu bisa memeras jus lemon langsung ke permukaan kepala shower yang berjamur. Kemudian, diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih. 

Pemutih Pakaian

Bahan selanjutnya yang bisa kamu pakai adalah pemutih pakaian. Tapi, bahan ini bisa membuat kulit gatal dan perih kalau kena mata.

Jadi, ada baiknya kamu memakai kacamata pelindung dan sarung tangan saat menggunakannya. 

Cara memakainya, larutkan pemutih dengan air dengan rasio 50/50. Tuang larutan ini ke dalam botol semprot. Kemudian, kocok larutan tersebut supaya benar-benar larut merata.

Semprot larutan ke kepala shower. Lalu, gosok kepala shower dengan sikat. Setelah selesai menggosok, semprot kembali kepala shower dengan larutan.

Gunakan spons basah yang dibasahi air panas dan seka kepala shower. Kalau masih ada jamur, ulangi langkah-langkah di atas dan tunggu beberapa menit sebelum kamu menyekanya sampai bersih.

Bersihkan dengan spons yang dibasahi air panas untuk menghapus larutan pada kepala shower. 

Penutup

Sebaiknya, kepala shower dibersihkan setidaknya sekali per bulan, supaya menghindari berkembang biaknya jamur dan kontaminan lainnya. 

Dengan sering membersihkan kepala shower, kamu juga akan meminimalisir penyumbatan dan menjaga arus air yang keluar tetap stabil dan juga bersih. 

Buat kamu yang sedang mencari kepala shower baru, yuk, telusuri koleksi kepala shower dari Europe Enchanting! Kepala shower kami terbuat dari bahan ABS yang awet dan juga estetik.

Check koleksinya di official store kami di Shopee, Tokopedia, atau di showroom terdekat. 

Back to blog