Ketahui! 5 Jenis Noda Kamar Mandi dan Cara Menghilangkannya

Ketahui! 5 Jenis Noda Kamar Mandi dan Cara Menghilangkannya

Pemakaian kamar mandi setiap hari, udara yang lembab, dan kontak dengan air dapat menyebabkan terbentuknya noda kamar mandi.

Tentunya, kamar mandi yang penuh noda tidak nyaman digunakan, tidak aman untuk kesehatan, dan tidak enak dilihat. Jenis noda kamar mandi berbeda-beda dan dapat dikenali dari warnanya.

Ada noda yang mudah dibersihkan, dan ada juga yang memerlukan lebih banyak tenaga dan waktu pembersihan yang lebih lama.

Karena itu, penting untuk mengetahui jenis-jenis noda kamar mandi dan mengetahui cara membersihkannya sesuai warnanya, sehingga kamar mandi Anda tetap terjaga kebersihannya, tidak membahayakan kesehatan Anda dan keluarga, dan tetap estetis untuk dilihat.

Mari pelajari berbagai jenis noda yang dapat ditemukan di kamar mandi:

Noda Air Sadah

Air sadah (atau hard water) adalah air yang memiliki kandungan mineral seperti kalsium dan magnesium dalam kadar yang tinggi dan dapat menghasilkan deposit residu kalsium (kapur) yang mampu menyumbat pipa atau saluran air.

Jika bersentuhan dengan porselen, kandungan mineral pada air sadah akan bereaksi dan menghasilkan noda pada permukaan porselen.

Terkadang, noda jenis ini menjadi sulit dibersihkan karena posisinya mengumpat di sela-sela mangkuk kloset.

Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan cuka atau soda kue.

Noda Karat

Noda karat adalah noda yang cenderung berwarna oranye ataupun merah.

Biasanya, noda karat ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti pipa air atau keran besi yang sudah lama digunakan dan mulai berkarat atau benda logam pada perabot kamar mandi yang sering terkena air.

Supaya perabot kamar mandi Anda bersih dari karat, Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang dapat Anda temukan di rumah dengan mudah, seperti garam dan jeruk nipis, soda kue, dan cuka putih.

Noda Pewarna

Noda pewarna dapat disebabkan oleh pewarna yang terdapat pada cairan-cairan pembersih.

Warna yang terbentuk dari noda ini cenderung hijau atau biru. Untuk menghilangkannya, Anda dapat menggunakan sabun cuci piring atau detergent.

Atau, jika noda tersebut cenderung sulit dihilangkan, Anda dapat menggunakan larutan soda kue dan air.

Jika perlu, Anda dapat membersihkan noda jenis ini secara bertahap, untuk meraih hasil yang benar-benar bersih.

Noda Tinja

Warna noda ini biasanya cokelat atau hitam. Kamar mandi yang memiliki air sadah akan memperburuk noda tinja yang tertinggal pada mangkuk porselen toilet Anda dan menghasilkan noda yang membandel.

Untuk menghindari tertinggalnya noda tinja pada mangkuk toilet, Anda dapat membilas mangkuk dengan air terdahulu sebelum menggunakannya untuk BAB, sehingga permukaan mangkuk menjadi lebih licin saat digunakan dan lebih mudah untuk dibersihkan.

Untuk menghilangkan noda jenis ini, Anda dapat menggunakan soda kue atau larutan asam sitrat (citric acid) pada mangkuk toilet.

Noda pada Tangki Toilet

Selain di mangkuk toilet, tangki toilet duduk juga beresiko terkena noda. Biasanya, warna dari noda yang ditemukan di dalam tangki berupa cokelat atau kuning.

Noda ini terbentuk karena adanya kontak antara mineral dari air sadah dengan bahan porselen di tangki.

Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan larutan khusus pembersih tangki.

Selain mengetahui jenis-jenis noda dan metode pembersihannya untuk menjaga kebersihan kamar mandi Anda, terdapat juga beberapa poin penting yang perlu dicermati mengenai proses pembersihan kamar mandi.

Pertama, hindari menggunakan alat gosok stainless steel (stainless steel scrubber) atau bola serat kawat (steel wool pads) pada toilet duduk Anda karena dapat merusak bahan porselen/keramik.

Kedua, jika Anda ingin menggunakan batu apung (pumice stone) untuk membersihkan perabot kamar mandi Anda, lakukan dengan hati-hati.

Sebaiknya, Anda merujuk pada pamflet instruksi untuk mengetahui cara menggunakannya dengan tepat.

Ketiga, jangan mencampurkan cairan pemutih (bleach) dengan bahan kimia lainnya. Hal ini dapat menghasilkan gas beracun.

Terakhir, untuk menghilangkan noda air sadah pada mangkuk toilet, taburkan sedikit soda kue atau Borax beberapa hari sekali untuk melarutkannya.

Dengan memperhatikan poin-poin ini, Anda dapat membersihkan kamar mandi dengan efektif dan aman, menjaga kebersihannya serta meningkatkan kualitas lingkungan kamar mandi Anda.

Noda Kamar Mandi 

Penutup

Guna membantu Anda menjaga kebersihan dan kenyamanan kamar mandi Anda, demikian penjelasan dari kami mengenai jenis-jenis noda yang dapat ditemukan di kamar mandi dan tips untuk menghilangkannya.

Jika Anda tengah mencari toilet duduk berkualitas untuk melengkapi kamar mandi Anda, Europe Enchanting hadir dengan koleksi toilet duduk dan smart closet berkualitas premium dengan fitur-fitur yang mumpuni.

Temukan koleksi toilet duduk kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, Lazada, website resmi, atau di showroom terdekat.

Back to blog