Merawat Keran Air Dapur

Ketahui Cara Merawat Keran Air Dapur Supaya Awet dan Tidak Mampet!

Sudahkah Anda tahu cara merawat keran air dapur Anda supaya tidak cepat rusak?

Keran air adalah salah satu peralatan rumah tangga yang memiliki peranan yang penting. Setiap harinya, penghuni rumah pasti menggunakan keran air untuk mengalirkan air demi melakukan berbagai aktivitas, seperti mencuci tangan, membilas diri, dan menyiram tanaman. Salah satu keran air yang sangat dibutuhkan adalah keran air dapur karena kegiatan dapur juga banyak mengandalkan air. Karena berhubungan langsung dengan makanan dan alat makan, keran air dapur perlu dijaga kebersihannya. Dengan begitu, makanan dan alat makan yang dibersihkan dengan bantuan keran air dapur juga menjadi terjaga kualitasnya. Walau keran air dapur terbuat dari bahan yang tahan lama dan tidak mudah rusak, tetap saja, pemakaian yang sudah berlangsung sangat lama dapat berpengaruh ke tampilan, performa, dan kualitas keran air dapur. Terkadang, keran air dapur dapat menjadi rusak dan terganggu performanya karena hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan kualitas bahannya. Salah satu faktor yang dapat merusak kualitas keran air dapur adalah kualitas air yang mengalir melaluinya. Terkadang, terdapat air yang mengandung zat mineral yang dapat menyebabtkan karat. Karena itu, jika keran air dapur juga perlu dijaga dan rutin dirawat sehingga dapat dipakai untuk jangka waktu yang lebih lama. Berikut panduan mengenai cara merawat keran air dapur:
  • Hindari memakai Bahan Kimia yang Keras

Untuk membersihkan keran air dapur, ada baiknya Anda tidak memakai bahan kimia yang keras, seperti karbol atau cairan pemutih. Sebaiknya, Anda memakai cairan yang bersifat lembut seperti cairan sabun.
  • Membersihkan Keran Air dari Residu

Terkadang, setelah kegiatan mencuci piring atau makanan, akan ada sisa-sisa sabun yang menempel di permukaan keran air. Residu ini, jika dibiarkan, dapat merusak lapisan coating pada keran air dapur Anda. Jika dibiarkan, coating keran air akan terkelupas dan menghasilkan keran air yang terlihat berkarat atau kusam. Karena itu, ada baiknya Anda selalu membersihkan keran air dapur dari sisa-sisa sabun setelah menggunakannya.
  • Merendam Keran untuk Membersihkan Kotoran

Kalau keran air Anda mampet atau hanya mengeluarkan sedikit air, Anda dapat melepasnya dan merendamnya semalaman di air cuka, sehingga kotoran yang membandel dapat larut dan keluar dari keran air. Setelah direndam, Anda dapat membilasnya dengan air bersih dan memasangnya kembali.
  • Jangan Menggunakan Spons Kawat

Walaupun Anda dapat membersihkan keran air dengan lebih cepat jika menggunakan spons kawat, ada baiknya Anda tidak menggunakannya. Karena, jika tidak, lapisan pada keran air tersebut beresiko luntur.
  • Membersihkan Aerator pada Keran Air

Aerator adalah suatu perangkat yang dipasang di ujung mulut keran. Fungsinya adalah untuk menghemat air, menghemat energi, dan mengurangi percikan air. Mirip dengan badan keran air, aerator juga berisiko mengalami kerak jika tidak sering dibersihkan atau jika air yang mengalir kurang bersih kualitasnya. Untuk membersihkannya, Anda dapat merendam aerator dengan menggunakan cuka putih. Kemudian Anda dapat menyikatnya dengan sikat gigi bekas sampai bersih.
  • Menggunakan Keran Air Berkualitas

Jika Anda ingin memiliki keran air dapur yang tahan lama dan kuat, Anda perlu memilih keran air dapur yang terbuat dari bahan berkualitas. Karena, bahan yang berkualitas sangat berpengaruh ke daya tahan dan performa keran air tersebut. Europe Enchanting menawarkan koleksi keran air dapur yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti bahan kuningan premium. Bahan kuningan memiliki unsur timah, yang membantunya mencegah korosi. Berikut spesifikasi beberapa keran air dari koleksi keran air Europe Enchanting yang dapat Anda telusuri:

Kitchen Faucet E109 (Rp. 139.900)

Dilengkapi dengan badan keran yang dapat berotasi ke kiri dan ke kanan, keran air ini dapat memudahkan aktivitas pembersihan peralatan makan, terutama alat makan dengan ukuran besar. Leher keran air ini juga cukup panjang, sehingga jangkauannya pun lebih panjang, sehingga dapat meminimalisir cipratan air di luar bak maupun di countertop. Terbuat dari bahan kuningan, keran air E109 ini dapat menjaga kualitas air yang mengalir melalui pipa keran.

Kitchen Faucet Flexible E991 (Rp. 518.000)

Salah satu fitur yang menjadi andalan keran air ini adalah kepala keran yang fleksibel. Kepala keran air ini dapat berotasi 360 derajat, sehingga memberikan kemudahan dalam mencuci peralatan makan yang berukuran besar sekalipun. Kepala keran fleksibel ini juga membantu meminimalisir cipratan air karena jangkauannya yang dapat diatur. Keran air ini berupa keran jenis deck-mount, dimana keran dipasang di atas countertop dan bukan di dinding. Keran jenis ini mudah dipasang dan diperbaiki—Anda tidak harus membongkar ulang semuanya jika Anda ingin memperbaiki keran.

Kitchen Faucet E1557 (Rp. 532.000)

Keran air ini memiliki struktur badan yang simple, sehingga mempermudah pemasangannya. Modelnya yang minimalis juga membuatnya membaur dengan baik dengan beragam model ruang dapur. Badannya yang terbuat dari bahan kuningan membuatnya tahan terhadap karat. Selain itu, lapisan chrome pada badan keran menghasilkan kualitas keran air yang memiliki usia pakai yang lama.

Kitchen Faucet Double Hose E1505 (Rp. 808.500)

Keran air ini memiliki struktur yang berbeda karena memiliki dua keran. Jenis keran air ini cocok dipadankan dengan bak cuci piring yang memiliki dua mangkuk. Dengan adanya dua keran, Anda dapat melakukan multitasking saat mencuci piring, sehingga aktivitas yang Anda lakukan pun dapat selesai dengan lebih cepat. Leher keran air ini termasuk leher yang fleksibel dan dapat berotasi ke kanan dan ke kiri. Anda pun dapat mencuci piring dengan lebih mudah dan leluasa.

Kitchen Faucet E1515N (Rp. 279.000)

Keran air dapur ini berupa keran air tembok. Salah satu keunggulan keran jenis ini adalah bahwa keran air ini dapat menjaga kebersihan countertop karena kotoran tidak akan menumpuk di sekitar badan keran. Keran jenis ini juga cocok untuk Anda yang memiliki ruang countertop yang terbatas. Selain itu, keran air ini hanya memiliki satu tuas. Keberadaan satu tuas tersebut membuat keran air ini lebih mudah dibersihkan.
Merawat Keran Air Dapur Supaya keran air Anda awet dan terjaga performanya, temukan cara merawat keran air dapur melalui artikel ini!

Penutup

Demikian tips yang dapat kami sampaikan mengenai cara membersihkan dan merawat keran air dapur. Kami harap tips yang kami sampaikan dapat memberi manfaat. Anda dapat menelusuri lebih jauh koleksi keran air dapur Europe Enchanting melalui official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog