Memilih Peralatan Makan

Ketahui! Enam Tips Memilih Peralatan Makan yang Tepat!

Pentingkah memilih peralatan makan yang tepat? Peralatan makan adalah bagian dari alat-alat dapur yang sering digunakan, bahkan sering digunakan beberapa kali dalam sehari. Karena itu, memang penting untuk memilih peralatan makan yang tepat. Peralatan makan yang tepat akan membantu menjaga kesehatan Anda dan keluarga. Tidak hanya itu saja, peralatan makan yang tepat juga dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama karena terbuat dari bahan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami mengenai cara memilih material yang tepat untuk digunakan sebagai peralatan makan:
  • Memilih Bahan yang Tepat

Di pasaran, terdapat beragam jenis bahan yang dapat Anda pilih sebagai peralatan makan. Anda dapat menemukan bahan-bahan seperti stainless steel, kayu, keramik, dsb. Untuk memilih bahan yang tepat, pastikan Anda memilih yang sesuai dengan fungsinya. Bahan stainless steel dapat Anda pilih untuk sendok, garpu, dan pisau. Sementara, bahan keramik atau porselen dapat Anda pilih untuk gelas, piring, ataupun mangkuk.
  • Memilih Finishing pada Peralatan Makan

Beberapa peralatan makan, seperti piring dan mangkuk, menggunakan finishing untuk menciptakan tampilan yang estetis. Peralatan makan dengan finishing juga mampu menghindari adanya jejak air pada peralatan setelah dicuci.
  • Memilih Berat yang Tepat

Anda juga dapat memilih peralatan makan sesuai beratnya. Peralatan makan yang digunakan oleh anak-anak dan lansia dapat memiliki bobot yang lebih ringan. Pastikan juga peralatan makan tidak terlalu berat sehingga membuatnya sulit digenggam dan digunakan. Alat makan yang terlalu ringan pun tidak akan terasa nyaman untuk digunakan. Karena itu, Anda perlu memilih berat yang tepat.
  • Memilih Ukuran yang Tepat

Anda juga perlu memperhatikan ukuran peralatan makan Anda. Untuk sendok dan garpu, ukuran yang nyaman untuk digunakan biasanya sekitar 15-18 cm. Perhatikan juga diameter pada mangkuk dan piring. Piring dan mangkuk yang digunakan untuk menyajikan makanan berat (main course) biasanya lebih besar dari peralatan makan yang digunakan untuk menyajikan makanan penutup (dessert).
  • Memilih Sesuai Desain

Anda dapat memilih peralatan makan sesuai desain yang Anda inginkan. Peralatan makan yang digunakan anak-anak dapat memiliki gambar yang lucu dan menarik untuk membantu anak makan dengan lebih antusias. Jika Anda ingin menggunakan peralatan makan untuk usaha F&B, Anda dapat menyesuaikan tampilannya dengan tema interior atau tema bisnis makanan Anda.
  • Memilih yang Tidak Berbahaya

Beberapa peralatan makan, khususnya yang berbahan plastik, cenderung berbahaya untuk digunakan, terlebih lagi jika peralatan tersebut bersentuhan dengan suhu panas. Karena itu, ada baiknya Anda mencermati dulu kandungan dari peralatan makan yang ingin Anda pilih. Untuk peralatan makan plastik, Anda dapat memilih yang bebas BPA (kimia beracun). Anda juga dapat memilih peralatan makan dari bahan-bahan natural, seperti kayu, untuk melindungi kesehatan Anda dan keluarga.
Memilih Peralatan Makan Melalui artikel ini, simak cara memilih peralatan makan yang tepat untuk Anda dan keluarga!

Penutup

Demikian beberapa tips dari kami mengenai cara memilih peralatan makan untuk Anda dan keluarga. Kami harap tips yang kami berikan dapat membawa manfaat untuk Anda, khususnya dalam memilih peralatan makan yang tepat. Anda juga dapat melengkapi perabot dapur Anda dengan bak cuci piring dari Europe Enchanting. Koleksi bak cuci piring kami terbuat dari bahan stainless steel premium, yang membuatnya aman saat bersentuhan dengan makanan karena tidak melepaskan bahan kimia atau partikel logam saat digunakan. Temukan koleksi bak cuci piring kami di official store Europe Enchanting di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog