Ketahui Komponen dan Jenis-jenis Floor Drain, Alat Kamar Mandi yang Kecil Namun Penting!

Ketahui Komponen dan Jenis-jenis Floor Drain, Alat Kamar Mandi yang Kecil Namun Penting!

Sebagai pemilik rumah, tentu akan sangat bermanfaat kalau kamu mengetahui komponen-komponen apa saja yang ada pada perabot atau alat-alat di rumahmu. Karena, dengan begitu, kamu tahu apa yang harus dibeli atau dibetulkan jika salah satunya rusak. Kamu juga bisa menilai mana perabot atau alat-alat rumah tangga yang cocok dan bagus untuk interior rumahmu.

Salah satu alat yang kamu perlu ketahui komponen-komponennya adalah floor drain. Walau kecil, peran alat ini sangat penting. Floor drain yang baik akan membantu mengalirkan air dan kotoran-kotoran kecil dari lantai kamar mandi. Kalau bagus, floor drain tidak akan mengeluarkan bau, tidak mudah mampet, tahan karat, dan tahan serangga.

Berikut penjelasan mengenai komponen-komponen yang ada pada floor drain:

Penyaring

Bagian ini adalah bagian paling atas dari floor drain, yang fungsinya adalah untuk menghindari kotoran atau benda-benda berukuran besar untuk masuk ke pipa pembuangan. Bagian ini juga dapat menghalangi serangga masuk.

Di marketplace, kamu bisa temukan floor drain dengan berbagai bentuk penyaring. Ada yang bulat-bulat kecil, ada yang strip memanjang, ada juga yang sepenuhnya tertutup dan dapat terbuka sendiri dengan otomatis. Tentunya, pemilihan jenis penyaring floor drain dapat ditentukan sesuai kebutuhan, gaya interior kamar mandi, dan kualitasnya.

Trap

Tepat di bawah penyaring adalah trap floor drain. Alat ini berfungsi untuk membantu mencegah serangga naik, mencegah bau dari pipa pembuangan untuk merebak ke kamar mandi, dan mencegah air meluap dari pipa ke lantai kamar mandi.

Cleanout Plug

Beberapa floor drain hadir dengan cleanout plug. Fungsi komponen ini adalah untuk menghalangi kotoran dan serangga yang ingin masuk melalui pipa pembuangan. Cleanout plug juga dapat membantu kamu membersihkan saluran pembuangan.

Selain komponen-komponen floor drain, terdapat juga beragam bentuk floor drain yang bisa kamu pelajari. Dengan mempelajari hal ini, kamu bisa mendapat pengertian mengenai floor drain jenis apa yang kamu butuhkan, baik untuk keperluan hunianmu ataupun untuk tempat usahamu. Berikut penjelasannya:

Box Floor Drain

Floor drain jenis ini sangat umum dan dapat ditemukan dengan mudah. Bentuk penyaringnya menyerupai persegi empat atau lingkaran yang terletak di atas box. Box ini dapat menampung sementara air di bawah dataran lantai sampai air akhirnya mengalir melalui pipa. Floor drain jenis ini juga sudah lengkap dengan penampung yang dapat menghalangi kotoran sehingga tidak akan mengalir masuk ke pipa pembuangan.

Keunggulan box floor drain adalah mudah dibersihkan dan mudah perawatannya.

Baseboard Floor Drain

Floor drain jenis ini biasanya bisa ditemukan di tempat-tempat komersil, khususnya yang memiliki gudang atau ruang bawah tanah. Bentuknya memanjang dan memiliki rongga di tengah. Biasanya floor drain jenis ini dipasang di lantai dan bersandar pada dinding.

Baseboard floor drain sangat berguna jika sering ada air mengalir dari titik-titik tertentu di tempat-tempat komersil tersebut. Cara kerjanya adalah dengan menampung air dan kemudian mengalirkannya ke pipa drainase dan kemudian ke saluran pembuangan.

Supaya baseboard floor drain dapat berfungsi dengan baik, badannya perlu diposisikan dengan sedikit miring, sehingga air dapat mengalir dengan lebih maksimal.

Trench Floor Drain

Jenis floor drain ini bisa kamu temukan di tempat-tempat komersil dan juga perumahan. Bentuknya memanjang dan memiliki sela-sela menyerupai strip.

Trench floor drain pilihan yang cocok kalau kamu membutuhkan floor drain untuk mengalirkan air dalam volume yang tinggi.

Keunggulan dari jenis floor drain ini adalah mudah dirawat, mudah dibersihkan, tersedia dalam beragam ukuran dan kedalaman, dan bagian penyaringnya dapat dimodifikasi sesuai volume air yang akan dialirkan.

Kalau trench floor drain akan digunakan untuk air dalam volume yang tinggi, kamu bisa memilih yang terbuat dari bahan yang kuat, seperti stainless steel, sehingga tidak akan mudah rusak atau karatan.

Penutup

Kami harap ilmu yang kami bagikan menjadi berguna buat kamu yang sedang merenovasi rumah atau tempat kerja, khususnya pada bagian saluran pembuangan.

Europe Enchanting hadir dengan koleksi floor drain anti bau, anti serangga, anti banjir yang bisa kamu miliki. Floor drain kami terbuat dari bahan stainless steel berkualitas yang kuat dan tahan karat. Temukan koleksi kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog