Bikin Interior Semakin Cantik dan Harmonis untuk Dilihat bersama Konsep Ini!

Bikin Interior Semakin Cantik dan Harmonis untuk Dilihat bersama Konsep Ini!

Salah satu konsep desain interior yang berfungsi untuk menyelaraskan tampilan suatu ruangan adalah konsep anchoring. 

Tujuan konsep anchoring ini adalah untuk menghadirkan pondasi visual yang kuat, yaitu sesuatu yang bisa mengeratkan seluruh elemen desain interior dan memberikannya keseimbangan. 

Contohnya, ruangan dengan banyak pajangan dalam berbagai warna, ukuran, dan bentuk mungkin memerlukan karpet yang besar untuk menciptakan keharmonisan visual, sehingga pajangan-pajangan tersebut tidak terlihat terlalu ramai atau berantakan.

Setiap ruangan memerlukan elemen yang akan memberikan keseimbangan dan keharmonisan visual, terlebih lagi kalau ruangan tersebut memiliki banyak pajangan atau perabot yang tampilannya berbeda-beda. Di sinilah kamu butuh anchoring. 

Tapi, anchoring berbeda dengan focal point. Karena, tujuan focal point adalah untuk menarik perhatian ke satu titik interior.

Sementara, tujuan anchoring adalah untuk menyelaraskan dan memberi stabilitas visual. 

Stabilitas visual ini penting karena tanpa faktor ini, interior ruangan akan terlihat tidak selaras, aneh, atau kurang menarik. 

Mau ruangan kamu terlihat lebih estetik? Yuk, coba terapin konsep anchoring ini! 

Ruang Keluarga 

Biasanya, ruang keluarga suka dipenuhi pernak-pernik kecil dan juga dekorasi pada dinding berupa foto keluarga. 

Walau dekorasi tersebut membuat ruang keluarga terasa hangat, tampilan keseluruhan ruangan tersebut bisa saja terlihat kurang harmonis. Karena, dekorasi pada ruang keluarga cenderung acak. 

Supaya lebih selaras, kamu bisa menambahkan beberapa perabot atau elemen desain yang bisa memberi harmonisasi yang kuat. 

Misalnya, kamu bisa menambahkan rak buku atau rak besar untuk menyimpan pernak-pernik, sehingga visualisasinya lebih menyatu dan tidak berantakan. 

Untuk dekorasi di dinding, kamu juga bisa bermain dengan ukuran. Misalnya, ada satu foto keluarga dengan ukuran besar dan beberapa foto keluarga dengan ukuran kecil.

Foto keluarga yang besar ini dapat diletakkan di tengah. Sementara foto-foto kecil dapat dipasang di sekeliling foto besar tersebut.

Dengan begitu, terciptalah stabilitas visual yang baik. 

Kamar Tidur 

Anchoring juga penting di kamar tidur kalau kamu mau menciptakan tampilan kamar yang lebih teratur atau estetik.

Kamar tidur yang terlihat harmonis dan cantik tentunya bakal menunjang kegiatan istirahat atau Me-time kamu.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menambahkan meja kecil pada sisi kiri dan sisi kanan tempat tidur. Hal ini akan menciptakan kesan simetris dan keseimbangan. 

Atau, kamu juga bisa bermain dengan cahaya lembut yang menyinari seluruh ruangan untuk menciptakan keharmonisan visual. 

Yang pasti, tujuan anchoring di kamar tidur adalah untuk menciptakan suasana yang santai dan menenangkan. Jadi, sebaiknya tidak memakai dekorasi yang ramai coraknya atau warnanya. 

Dapur 

Dapur yang menerapkan konsep anchoring juga bisa menunjang kegiatan dapur, loh.

Karena, dapur yang visualnya harmonis dan seimbang bisa menaikkan mood untuk masak atau beraktivitas di dapur. 

Sebenarnya, dapur sudah memiliki perabot yang bisa dijadikan sebagai bagian dari anchoring, seperti kulkas, kompor, dsb..Karena, perabot tersebut memiliki bobot visual yang lumayan besar. 

Namun, mungkin saja perabot dapur memiliki tampilan yang kurang harmonis satu dengan yang lainnya.

Jadi, untuk menciptakan keharmonisan tersebut, kamu perlu menambahkan beberapa hal. 

Misalnya, kalau perabot dapur kamu memiliki warna yang berbeda satu dengan yang lainnya, kamu bisa menambahkan backsplash dengan warna-warna sesuai perabot dapur yang ada untuk menyatukan warna-warna tersebut. 

Selain backsplash, kamu juga bisa bermain dengan warna-warna pada karpet, hordeng, alat-alat makan/masak, dsb. untuk menciptakan keharmonisan visual di dapur. 

Kamar Mandi 

Anchoring juga perlu dilakukan di kamar mandi, khususnya kalau kamu ingin menciptakan kamar mandi yang teratur dan estetik. 

Menerapkan konsep anchoring di kamar mandi tidak susah. Kamu bisa bermain dengan tampilan wastafel, kabinet, kaca, dsb. untuk menciptakan visualisasi yang harmonis. 

Karena, di marketplace zaman sekarang, tersedia banyak ragam perabot kamar mandi dari bentuk, warna, dan coraknya.

Tersedia juga perabot yang custom-made, sehingga kamu bisa menyelaraskan seluruh tampilan perabot kamar mandi dengan mudah. 

Kalau kamu tidak yakin harus mulai dari mana, kamu bisa menggunakan Mood Board untuk merencanakan tampilan kamar mandi kamu. 

Penutup 

Tujuan utama dari konsep anchoring adalah untuk menciptakan keseimbangan dengan cara menyediakan pondasi visualisasi yang kuat.

Anchoring ini membantu memandu proses desain dan layout suatu ruangan sehingga menjadi lebih mudah untuk dijalankan.

Hasil dari penerapan konsep anchoring adalah ruangan yang terlihat menyatu secara visual dan terlihat lebih estetik.  

Wujudkan desain interior yang lebih estetik bersama Europe Enchanting! Kami hadir dengan koleksi perabot sanitasi dengan beragam corak, warna, dan bentuk untuk menunjang estetika interior dapur dan kamar mandi kamu! 

Check koleksi kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, Lazada, website resmi, atau di showroom terdekat. 

Back to blog