Mau Hemat Biaya Listrik? Yuk, Ciptakan Dapur Hemat Listrik!

Mau Hemat Biaya Listrik? Yuk, Ciptakan Dapur Hemat Listrik!

Gimana cara membuat dapur hemat listrik? Yuk, simak penjelasannya! 

Banyak peralatan dapur modern yang perlu daya listrik supaya bisa digunakan, seperti kulkas, blender, air fryer, microwave, dsb.

Beberapa dari peralatan dapur ini juga menyerap daya listrik yang banyak. Jika gak hati-hati, kamu bisa saja boros listrik karena pemakaian alat-alat dapur ini secara berlebihan.

Dampaknya, biaya yang dikeluarkan bakal jadi sangat besar dan bisa saja bikin pengeluaran rumah tangga kamu boros. 

Kalau kamu mau menekan pengeluaran untuk biaya listrik per bulannya, kamu bisa terapin kiat-kiat yang disampaikan di artikel ini. Yuk, disimak! 

Pilih Peralatan Dapur yang Low Watt 

Buat menekan biaya listrik, salah satu hal yang bisa kamu terapin adalah memilih peralatan dapur yang hanya butuh daya listrik rendah (low watt).

Contohnya adalah microwave low watt. Banyak microwave di pasaran yang gak memakan banyak daya listrik. Bahkan, ada yang hanya memakan daya listrik serendah 350 watt saja, loh!

Dengan pemakaian daya listrik yang rendah, kamu bisa pakai alat-alat ini dengan perasaan yang lebih tenang dan tentu juga menghemat biaya listrik. 

Kulkas juga jadi salah satu peralatan dapur yang menghisap banyak daya listrik. Kalau mau memilih kulkas hemat listrik, kamu bisa pilih kulkas yang ada label “Energy Star” atau “Energy Saver”.

Kamu juga bisa pilih kulkas dengan daya listrik sesuai kapasitas listrik rumahmu. Contohnya, rumah dengan kapasitas listrik 900 VA cocok dengan kulkas 100-115 watt.

Buat kapasitas listrik >3.500 VA, kulkas dengan 115 watt ke atas bisa kamu pertimbangkan. 

Dengan memilih peralatan dapur yang low watt, kamu bisa menekan biaya listrik secara signifikan setiap bulannya tanpa harus mengorbankan penggunaan peralatan tersebut. 

Perhatikan Pemakaian Cahaya

Selain peralatan dapur, pencahayaan dapur juga jadi salah satu sumber pemakaian daya listrik. Kalau dapurmu minim cahaya alami, mungkin saja lampu dapur terus menyala sepanjang hari untuk menerangi aktivitas dapur. 

Salah satu cara praktis buat menghemat penggunaan lampu dapur adalah dengan memilih bohlam lampu LED.

Jenis lampu ini sudah sangat terkenal karena bisa membantu menghemat listrik. Bahkan, ada beberapa merek lampu yang bisa bantu hemat energi lampu sampai 80%-90%, loh!

Lampu LED juga tahan lebih lama dan bisa digunakan sekitar 10.000 sampai 50.000 jam. 

Kalau memungkinkan, kamu juga bisa menambahkan bukaan di dapurmu, khususnya dalam bentuk jendela-jendela yang berukuran besar.

Dengan begitu, di pagi sampai siang hari, kamu bisa memanfaatkan cahaya alami untuk membantumu mengerjakan kegiatan dapur. 

Cuci dengan Tangan

Kalau alat-alat dapur yang perlu dibersihkan setiap harinya dalam kapasitas kecil, kamu bisa cuci secara manual saja, dengan menggunakan tangan.

Dengan begitu, kamu tidak perlu boros listrik karena menggunakan mesin pencuci piring.

Kalaupun kamu perlu menggunakan mesin pencuci piring karena alat makan yang harus dibersihkan banyak, kamu bisa menghemat listrik dengan menyalakan mesin cuci piring hanya saat mesin sudah penuh terisi. 

Supaya hemat, kamu juga bisa pilih mesin cuci piring yang punya mode Eco, yang hanya mengkonsumsi daya listrik lebih sedikit.  

Memasak dalam Jumlah Banyak 

Supaya tidak sering-sering membuka-tutup kulkas, menyalakan kompor atau oven, kamu bisa mencoba untuk memasak dalam jumlah banyak sekali masak.

Lauk yang berlebih bisa kamu simpan di kulkas untuk disantap di waktu yang lain. Dengan begitu, kamu bukan hanya hemat listrik saja, tapi juga waktu dan tenaga.

Waktu dan tenaga bisa kamu alokasikan buat mengerjakan kegiatan lainnya dan aktivitas masak-memasak jadi lebih praktis!  

Pilih Metode Manual

Untuk menyiapkan beberapa jenis makanan, kamu bisa melakukannya dengan cara manual, tanpa perlu bantuan peralatan dapur.

Misalnya, kalau kamu mau bikin saus gado-gado, kamu bisa menggunakan ulekan saja. Banyak bumbu-bumbu yang bisa kamu persiapkan tanpa bantuan peralatan, loh. 

Memilih untuk mempersiapkan bumbu-bumbu makanan secara manual tentu akan membantumu memangkas pemakaian daya listrik di dapur.  

Penutup

Seperti yang telah kamu pelajari, ada banyak sekali cara yang bisa kamu terapin supaya pemakaian listrik di dapur lebih hemat. 

Kitchen sink Europe Enchanting juga bisa bantu kamu menghemat penggunaan daya listrik.

Karena, mencuci piring jadi lebih praktis dan cepat bersama mangkuk kitchen sink yang besar, peniris piring, dan fitur-fitur canggih lainnya.

Bersama kitchen sink Enchanting, kamu tidak perlu menggunakan mesin cuci piring. 

Temuin koleksi kitchen sink Europe Enchantingtoko online kami di Shopee, Tokopedia, dan juga di showroom terdekat. kami di Shopee, Tokopedia, Lazada, website resmi, atau di showroom terdekat. 

Back to blog