Ini Dia Rahasia Memilih Kloset Duduk yang Cocok!

Ini Dia Rahasia Memilih Kloset Duduk yang Cocok!

Ingin membeli kloset duduk? Sebelum membeli, ada baiknya kamu riset dulu harga, jenis, dan fitur-fitur kloset duduk yang ada di pasaran, dan mencocokkannya dengan kebutuhanmu dan keluarga.

Karena, terdapat banyak sekali keberagaman yang bisa kamu temukan pada kloset duduk di pasaran. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, kamu tidak akan bingung atau salah pilih kloset. 

Di pasaran, baik online maupun offline, kamu dapat menemukan kloset duduk dengan bentuk dan fitur-fitur sederhana, sampai kloset duduk dengan fitur-fitur canggih (seperti smart closet). 

Harga yang dibanderol pun beragam, mulai dari yang di bawah 1 juta, sampai yang lebih dari 5 juta. Tentu saja, harga kloset yang akan kamu pilih sebaiknya disesuaikan dengan kemampuanmu. 

Salah satu cara memilih kloset duduk adalah dengan memperhatikan fitur-fiturnya. Berikut beberapa contoh fitur-fitur yang dapat kamu temukan pada kloset duduk di pasaran: 

Soft-closed Cover

Fitur ini adalah penutup mangkuk kloset yang dapat menutup dengan pelan, tanpa menyebabkan suara berisik atau penutup yang terbentur dengan keras ke mangkuk kloset saat ditutup. 

Dengan adanya fitur ini, menggunakan kloset jadi lebih nyaman karena terhindar dari suara berisik saat penutup kloset ditutup. 

Fitur ini sangat berguna kalau kloset dudukmu digunakan juga oleh anak-anak maupun lansia, jika memperhitungkan kemampuan motorik mereka yang terbatas. Kamu juga dapat terhindar dari suara berisik jika kamu atau anggota keluargamu suka ke kamar mandi di tengah malam. 

Dual Flush 

Kalau kamu ingin menghemat pengeluaran air di hunianmu, kamu perlu cari kloset duduk dengan fitur dual flush. Fitur dual flush ini menyediakan dua tombol flush.

Tombol yang besar digunakan untuk menggelontorkan air dengan volume besar, dan biasanya digunakan setelah BAB.

Tombol yang lebih kecil biasanya digunakan setelah BAK. Bersama fitur dual flush, kamu bisa hemat sampai dengan 70% untuk pemakaian air. Lumayan sekali, bukan? 

Foot and Movement Sensor

Kalau kamu mencari kenyamanan saat menggunakan kloset duduk, mungkin fitur-fitur ini juga cocok untukmu. Foot and movement sensor mampu mendeteksi gerakan kaki dan tubuh saat kamu menggunakannya.

Kamu dapat menyiram mangkuk kloset hanya dengan gerakan kaki yang didekatkan ke tubuh kloset atau dengan gerakan berdiri setelah memakainya. 

Memakai kloset duduk jadi lebih higienis dan praktis. Fitur-fitur ini juga berguna untuk anggota keluarga dengan keterbatasan motorik.

Bidet

Beberapa kloset duduk sudah lengkap dengan fitur bidet. Bidet adalah alat pembilas yang berbentuk seperti pipa kecil. Alat ini akan keluar otomatis atau keluar dengan cara memutar/memencet tombol di samping badan kloset. 

Nilai plus kloset duduk yang punya fitur bidet adalah kepraktisan dan kehigienisannya. Dengan adanya bidet, kamu tidak perlu pindah tempat untuk membilas diri. Kamu cukup duduk di dudukan kloset dan menggunakan bidet. 

Automatic Flush & Cover

Ada juga kloset duduk yang lengkap dengan fitur-fitur flush dan penutup yang bisa berfungsi secara otomatis atau dengan remot. 

Sama seperti fitur bidet, fitur-fitur ini menghasilkan pengalaman menggunakan kloset duduk yang lebih praktis dan higienis. Kamu bisa hemat waktu dan tenaga saat menggunakan kloset. 

Penghilang Bau Otomatis

Bau tidak sedap kerap kali jadi masalah yang banyak dialami pengguna kloset duduk. Biasanya, hal ini terjadi karena air seni atau kotoran yang tidak dibilas dengan baik.

Hal ini juga bisa terjadi karena bakteri yang berkembang biak, khususnya di tempat-tempat dengan udara panas atau lembab. 

Beberapa kloset duduk sudah lengkap dengan penghilang bau otomatis. Dengan begitu, kamu dan keluarga bisa tetap nyaman menggunakan kloset duduk. 

Europe Enchanting menyediakan koleksi kloset duduk dengan beragam bentuk, fitur, dan harga. Berikut beberapa contoh dari koleksi kami: 

E1333 (Rp.1.112.000)

Kloset duduk ini merupakan kloset two-piece, di mana tangki dan badannya terpisah. Jenis kloset ini akan lebih mudah direparasi jika ada salah satu bagian yang rusak, karena hanya perlu dicopotkan saja bagian yang rusak. 

Fitur-fitur yang dapat ditemukan pada kloset duduk ini adalah fitur soft-closed cover dan dual flush.

Jika dibandingkan dengan harga yang dibanderol, fitur-fitur ini bisa dibilang mewah untuk skala harganya. 

E1303 (Rp.1.497.375)

Kloset duduk one-piece ini punya tampilan yang elegan dan mewah karena badannya yang melengkung mulus.

Salah satu keunggulan kloset duduk one-piece adalah kemudahan perawatannya karena lekukannya lebih sedikit dari kloset duduk two-piece. 

Salah satu fitur yang bisa kamu temukan pada kloset E1303 ini adalah fitur Eco-washer Technology, di mana kloset duduk jadi anti ciprat, hemat air, dan bisa digunakan tanpa listrik. 

E1359 (Rp.1.100.000)

Europe Enchanting juga menghadirkan kloset duduk untuk anak-anak. Kloset duduk ini sangat cocok jika kamu memiliki Buah Hati yang sudah saatnya diajarkan Toilet Training. 

Bentuk dan ukuran kloset duduk ini memfasilitasi postur anak-anak dan terbuat dari bahan keramik yang kuat dan mampu menahan beban berat anak. 

Smart Closet E007N (Rp.9.900.000)

Berhubung kloset duduk ini adalah smart closet, kamu bisa temukan banyak fitur-fitur canggih yang bakal bikin pengalaman menggunakan kloset dan membilas diri jadi lebih mewah dan memuaskan. 

Contohnya, ada fitur pengaturan suhu air flush, suhu dudukan kloset, dan suhu angin pengering yang bisa kamu gunakan supaya menggunakan kloset duduk jadi jauh lebih nyaman. 

Salah satu keunggulan lainnya dari smart closet ini adalah kemampuannya untuk tetap bisa flush air di saat listrik mati karena kloset ini dapat memanfaatkan energi dari baterai.

E1303 Black (Rp.1.950.000)

Kalau kamu sedang mencari kloset duduk dengan tampilan yang unik, kamu bisa memilih kloset duduk ini. Karena, warna bodinya yang hitam sangat anti-mainstream. 

Jenis trapway kloset duduk ini adalah siphonic, di mana bentuk trapway-nya panjang dan sempit dan tersambung pada mangkuk kloset dan pipa yang ada di bawah mangkuk.

Bersama fitur siphonic ini, sistem pembilasan mangkuk kloset menjadi lebih optimal sembari menggunakan daya minimal.

Mangkuk toilet juga lebih bersih karena fitur siphonic dapat menyedot hajat dengan kuat menggunakan daya tarik air. 

Penutup 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan untuk membantumu menemukan kloset duduk yang tepat untuk kebutuhanmu dan keluarga. 

Demikian juga beberapa kloset duduk Europe Enchanting yang dapat menjadi bahan pertimbangan, khususnya karena banyaknya fitur-fitur canggih yang ditawarkan. 

Temukan koleksi kloset duduk kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat. 

Back to blog