Anti Boros! Ikuti 6 Trik Ini Supaya Keuangan Aman di Momen Ramadhan!

Anti Boros! Ikuti 6 Trik Ini Supaya Keuangan Aman di Momen Ramadhan!

Ramadhan sebentar lagi!

Untuk bulan Ramadhan, tentunya akan ada pengeluaran-pengeluaran yang hanya dilakukan di momen ini. Karena, pada dasarnya, bulan Ramadhan hanya datang setahun sekali. 

Akan ada silaturahmi, acara makan-makan, dan momen-momen lainnya yang mengharuskan pengeluaran biaya, bahkan, mungkin saja biaya yang tidak sedikit.

Jika tidak hati-hati, bisa saja tabungan kamu boncos. Karena itu, ada baiknya kamu pelajari jenis-jenis pengeluaran yang kemungkinan akan kamu lakukan selama momen Ramadhan dan cara-cara untuk mengelola keuangan kamu dengan baik. 

Dengan begitu, momen Ramadhan akan menjadi momen yang menyenangkan, bukan momen yang membawa stress. 

Ngabuburit

Biasanya, detik-detik sebelum jam buka puasa menjadi salah satu momen yang paling berat untuk berhemat. Karena, kamu pasti punya banyak keinginan mengenai makanan untuk buka puasa nanti maupun aktivitas yang ingin kamu lakukan untuk menghabiskan waktu sebelum buka puasa. 

Biasanya, ada perasaan bahwa seseorang yang sudah puasa seharian layak berbuka dengan makanan yang mewah atau layak untuk menikmati hiburan yang paling wah. Karena itu, terkadang, makanan dan aktivitas yang dilakukan di saat ngabuburit malah membuat boros. 

Supaya tidak lepas kendali, ada baiknya kamu pilih-pilih mengenai siapa yang kamu ajak untuk ngabuburit. Kamu juga bisa pilih aktivitas murah meriah atau bahkan gratis, seperti jalan kaki, baca buku, dengerin musik, dsb. 

Makan di Luar

Selain merasa layak buka puasa dengan makanan yang mewah, mungkin saja ada ajakan dari teman-teman maupun keluarga buat buka puasa di luar. Kalau kamu merasa sungkan menolak ajakan mereka, bisa saja hal ini akan menyebabkan tabungan kamu boncos. 

Untuk menghadapinya, kamu bisa menyiapkan bekal dari rumah, sehingga kamu punya alasan yang kuat untuk menolak ajakan-ajakan untuk buka puasa. Kamu juga bisa pamit dan langsung pulang supaya tidak tergoda untuk makan-makan di luar. 

Jika mereka tetap mendesak, kamu bisa jelaskan kondisi keuanganmu atau rencana kamu untuk berhemat. Namun, supaya tidak memutuskan tali persahabatan, kamu bisa memilih untuk makan-makan 1-2 kali saja dalam seminggu. 

Bensin dan Waktu

Jam-jam sebelum buka puasa biasanya membuat jalanan menjadi macet. Karena, mereka yang sedang puasa berlomba-lomba pulang ke rumah atau ke rumah makan untuk segera buka puasa. 

Jika kamu adalah salah satunya, bisa saja kamu akan mengalami kemacetan yang luar biasa. Hasilnya, bensin akan keluar dengan sia-sia dan bahkan boros karena kamu stuck di tengah-tengah kemacetan. 

Waktu kamu juga akan habis terbuang karena menunggu kendaraan yang lambat bergerak dan bahkan stuck. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa pilih untuk membawa bekal dari rumah.

Atau, kamu juga bisa berbuka puasa di rumah makan sekitar tempat kerja. Supaya kamu tidak perlu cape-cape mengemudi, kamu juga bisa pilih untuk menggunakan kendaraan umum saja.

Kendaraan umum seperti MRT atau bus Transjakarta tentunya dapat melaju dengan lebih cepat karena punya jalurnya sendiri. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari keborosan bensin dan waktu yang terbuang karena macet. 

Baju dan Pernak-pernik Lainnya

Terkadang, untuk dilihat teman dan keluarga kita, kita beli baju dan pernak-pernik lainnya untuk mengantisipasi momen Lebaran. Kalau baju atau pernak-pernik tersebut tidak membuat tabungan boncos, tidak masalah.

Namun, kalau kamu keuangan kamu malah terkuras banyak atau bahkan membuat kamu mengutang, sebaiknya kamu tidak membeli barang-barang tersebut. 

Kalau kamu memang perlu baju atau pernak-pernik yang baru, kamu bisa beli di pasar loak atau di toko-toko pre-loved. Dengan begitu, kamu bisa menekan biaya pengeluaran dengan signifikan. 

Kamu juga bisa mix and match baju atau aksesoris kamu untuk menghasilkan gaya outfit yang baru. 

Sajian untuk Tamu

Tidak hanya pengeluaran untuk makan-makan saja, terkadang kamu juga perlu mempersiapkan makanan untuk tamu yang berkunjung ke rumah kamu. 

Atau, mungkin saja kamu berencana berkunjung ke rumah keluarga atau teman kamu, dan kamu perlu untuk mempersiapkan buah tangan dalam bentuk makanan (e.g. kue kering). 

Untuk menekan biaya, kamu bisa masak sendiri ketimbang beli. Kamu juga bisa manfaatkan promo atau diskon di marketplace yang menjual buah tangan untuk Ramadhan. 

Upgrade Perabot 

Mengganti perabot rumah juga bisa jadi salah satu pengeluaran yang perlu kamu pertimbangkan di momen Ramadhan. 

Jika kamu akan jadi tuan rumah untuk teman atau keluarga sepanjang bulan Ramadhan, tentunya kamu ingin rumah terlihat bersih, rapi, dan setiap perabot rumah berfungsi dengan maksimal. 

Perabot rumah yang sudah usang atau sudah rusak perlu diganti, supaya kamu bisa melayani teman dan keluarga dengan lebih maksimal. Mereka juga tidak akan menghadapi masalah saat ingin menggunakan perabot rumah kamu. 

Dengan begitu, kegiatan silaturahmi antara kamu dan orang-orang terdekat kamu bisa berjalan dengan lebih lancar.

Europe Enchanting hadir dengan koleksi perabot sanitasi yang bisa jadi pilihan kamu untuk upgrade perabot rumah.

Kualitas perabot kami bisa diandalkan, sehingga kamu tidak perlu repot dengan biaya perawatan atau reparasi. 

Penutup

Dengan mengikuti tips dari kami, kami harap kamu bisa menjaga pengeluaran di bulan Ramadhan dengan lebih baik dan bijak. 

Upgrade perabot rumah kamu bersama koleksi perabot dari Europe Enchanting. 

Temukan koleksi perabot kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat. 

Back to blog