Saluran Pembuangan Air Mampet? Ada 8 Trik Praktis untuk Membuat Saluran Kembali Bersih!

Saluran Pembuangan Air Mampet? Ada 8 Trik Praktis untuk Membuat Saluran Kembali Bersih!

Kalau saluran pembuangan air mampet, pastinya akan banyak masalah yang bermunculan, seperti bau yang tak sedap, genangan air yang tidak bisa surut dan resiko berkembang biaknya kuman karena air tidak bisa surut.

Penyumbatan bisa terjadi jika sampah dibuang sembarangan ke dalam saluran, terutama jika sampah tersebut tidak bisa terurai, seperti sampah plastik.

Ada baiknya, saluran pembuangan dilindungi dengan penyaring atau penutup yang mampu menjaganya. Dengan begitu, resiko penyumbatan saluran dapat diminimalisir.

Namun, jika saluran sudah terlanjur tersumbat, ada beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk membersihkannya kembali.

Air Panas

Kalau masalah penyumbatan saluran air dikarenakan benda-benda yang masih bisa terurai, kamu dapat mencoba untuk menuangkan air panas ke dalam lubang pembuangan.

Tuang air panas perlahan-lahan untuk meminimalisir cipratan.

Cairan Pelarut

Di pasaran, kamu bisa menemukan banyak cairan khusus pelarut. Kamu cukup menuangkan cairan tersebut ke dalam saluran dan biarkan sampai larut.

Perlu dicatat bahwa kamu perlu berhati-hati saat memilih.Pastikan cairan yang kamu pilih tidak berbau, tidak beracun, dan tidak akan membuat saluran pembuangan rusak jika cairan dituangkan ke dalamnya.

Cuka dan Baking Soda

Larutan cuka dan baking soda mampu melarutkan sampah-sampah mudah terurai. Untuk menggunakannya, tuang bubuk baking soda dan diamkan selama beberapa menit.

Kemudian, tuang cuka dan diamkan untuk satu jam. Setelahnya, tuang air panas untuk membilasnya, supaya sampah benar-benar terurai.

Soda Api

Soda api lumayan kuat karena selain bisa melarutkan benda-benda organik, soda api juga bisa melarutkan benda-benda kuat seperti logam.

Jadi, ada baiknya kamu menggunakan sarung tangan dan pelindung lainnya sebelum memakai soda api, untuk menghindari iritasi pada kulit.

Untuk menggunakannya, tuangkan soda api ke saluran pembuangan, kemudian tuangkan air panas perlahan-lahan untuk memaksimalkan proses pelarutan.

Baking Soda dan Perasan Lemon

Kedua bahan ini juga bisa membantu melarutkan sampah. Caranya, tuang langsung air perasan lemon ke dalam saluran. Kemudian, diamkan selama 30 menit.

Setelah itu, tuanglah baking soda dan diamkan selama lebih dari satu jam. Langkah terakhir, tuang air panas ke dalam saluran perlahan-lahan untuk memaksimalkan pelarutan sampah.

Drain Auger

Drain auger adalah kabel panjang yang memiliki pengait pada ujung kabel. Untuk menggunakannya, masukkan kabel pada saluran pembuangan.

Lalu, lakukan gerakan memutar untuk mendeteksi posisi sampah.Kemudian, kaitkan ujung kabel pada sampah tersebut dan tarik ke atas.

Ulangi sampai saluran pembuangan benar-benar bersih dari kotoran.

Menggunakan Tangan

Kalau kotoran masih bisa dijangkau dengan tangan, kamu bisa mengambilnya sendiri dengan cara manual.

Namun, ada baiknya kamu memakai sarung tangan untuk melindungi kulit dari kuman penyakit.

Siapkan juga kantong kresek, supaya kamu dapat langsung membuang kotoran setelah mengambilnya.

Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Kalau saluran pembuangan air tersumbat karena lemak atau minyak, kamu hanya perlu menggunakan sabun cuci piring dan air panas untuk melarutkannya.

Caranya, tuangkan sabun cuci piring langsung ke saluran pembuangan. Kemudian, siram perlahan air panas ke dalam lubang.

Jika perlu, ulangi beberapa kali sampai saluran dapat digunakan kembali dengan lancar.

Penutup

Semoga trik-trik yang kami sampaikan bisa membantu membersihkan saluran pembuangan air pada bak cuci piring yang sedang tersumbat.

Kalau kamu sedang mencari kitchen sink baru, Europe Enchanting hadir dengan koleksi kitchen sink berkualitas, yang sudah lengkap dengan fitur-fitur penuh manfaat.

Kitchen sink kami juga menyediakan saluran pembuangan air (afur) yang sudah dilengkapi penyaring, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan saluran menjadi tersumbat.

Temukan koleksi kitchen sink Enchanting dan perabot sanitasi lainnya di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.

Back to blog