Buat Menyaring Air Bervolume Besar, Saringan Got Tipe Trench Drain Pilihan yang Tepat!

Buat Menyaring Air Bervolume Besar, Saringan Got Tipe Trench Drain Pilihan yang Tepat!

Saringan got adalah salah satu elemen hunian yang penting. Hal ini dikarenakan benda ini berfungsi untuk menjaga lantai atau tanah tetap kering dan bersih. Tanpa adanya saringan got, area-area yang sering terkena paparan air, khususnya air dalam jumlah yang besar, akan menjadi berbahaya untuk dilewati dan, seiring waktu, jamur bisa saja berkembangbiak. 

Adanya saringan got juga menjaga penghuni rumah dari kecelakaan yang dapat disebabkan oleh genangan air yang licin. Tidak hanya itu saja, jentik-jentik nyamuk juga tidak akan bersarang pada genangan air jika diserap terlebih dahulu oleh saringan got. Keberadaan saringan got sangat penting untuk bangunan residensial.  

Untuk melengkapi hunianmu, terdapat banyak jenis saringan got yang bisa kamu pilih. Salah satu jenis saringan got yang ada di pasaran adalah saringan got berbentuk persegi panjang. Jenis saringan got ini disebut trench drain. Saringan got umumnya hadir dalam bentuk persegi empat atau lingkaran. Namun, trench drain ini berbentuk persegi panjang dan panjangnya jauh melebihi floor drain biasa.  

Saringan got jenis trench ini sangat banyak manfaatnya dan dapat kamu pertimbangkan untuk dipasang di hunianmu. Berikut penjelasan mengenai kegunaan dan manfaat-manfaatnya: 

Menyalurkan Air Limpasan dan Storm Water 

Air limpasan adalah air yang mengalir di permukaan tanah, yang biasanya mengangkut banyak zat dan partikel dari tanah. Sementara, storm water adalah air hujan yang tidak terserap oleh tanah. Storm water ini biasa mengalir melalui atap rumah, jalanan, atau tanah yang berposisi miring. 

Kedua jenis air mengalir ini berbahaya jika tidak diurus. Karena, polutan, seperti kotoran hewan, pupuk, minyak, dan sampah, dapat berkumpul dan membuat lingkungan rumah menjadi kotor dan menyebabkan penyakit. 

Salah satu solusi untuk menyerap kedua jenis air ini adalah dengan saringan got tipe trench. Dengan memasang trench drain di titik-titik di mana storm water dan air limpasan lewat, akumulasi air dapat diatasi dengan maksimal. 

Mencegah Erosi Tanah

Erosi tanah terjadi saat hilangnya tanah dan juga partikel-partikel kecil di tanah dari permukaannya yang disebabkan oleh pengaruh alam atau manusia. Erosi tanah tidak hanya terjadi di perbukitan atau di gunung saja, namun juga dapat terjadi di area perkotaan. 

Fenomena ini dapat saja terjadi setelah hujan lebat atau jika ada genangan air yang cukup besar dan tergenang di suatu tempat untuk jangka waktu yang lama. 

Dengan memasang trench drain, air akan langsung dialihkan ke dalam saluran, melindungi tanah, dan menjaga posisi tanah tetap stabil bahkan dalam keadaan lembab sekalipun. 

Meminimalisir Banjir

Air yang menggenang dalam kuantitas banyak bisa membahayakan pondasi suatu bangunan. Jika tidak diatasi dengan baik, pondasi tersebut dapat saja rusak dan membahayakan stabilitasnya. 

Kamu dapat memasang trench drain di titik-titik di mana air dapat dialihkan jauh dari pondasi. Dengan begitu, area di sekitar pondasi akan terus kering dan terhindar dari kerusakan karena air, seperti bangunan yang menjadi keropos. 

Mencegah Saluran Mampet

Trench drain cenderung memiliki bentuk yang cukup rapat untuk menghalangi kotoran-kotoran masuk ke dalam pipa saluran. Bentuknya ini mampu menjaga terjadinya saluran yang mampet akibat kotoran yang dibawa oleh air. Dengan begitu, kamu tidak perlu kuatir atau bersusah payah menjaga pipa saluran dari bahaya mampet. 

Karena sekarang kamu sudah mengetahui lebih dalam kegunaan dan manfaat-manfaat memasang trench drain, mari pelajari area-area yang mana saja yang cocok untuk dipasang trench drain ini: 

Sekeliling Kolam Renang  

Jika kamu memiliki kolam renang di hunianmu, air dapat saja tumpah ke tanah yang mengelilinginya saat kolam sedang digunakan. Atau, air juga dapat tumpah karena curah hujan yang lebat. Jadi, dengan memasang trench drain, resiko air menggenang dan memicu kecelakaan, seperti kaki yang tergelincir, akan diminimalisir. 

Jalur Kendaraan (Driveways) 

Jalur kendaraan atau carport juga memerlukan trench drain untuk mengantisipasi curah hujan. Hal ini menjadi sangat penting jika carport hunianmu tidak ditutupi kanopi. Dengan memasang trench drain, carport juga akan terjaga dari tumbuhnya lumut. 

Balkon 

Jika hunianmu memiliki balkon, ada baiknya trench drain juga dipasang di area ini. Karena, biasanya area balkon sangat rentan dibasahi oleh hujan. Dengan memasang trench drain, kamu bisa menjaga balkon tetap kering dan bersih. 

Kamar Mandi Bersama

Tentu saja, kamar mandi juga memerlukan saringan got. Namun, trench drain sangat cocok jadi pilihan jika kamar mandi dipakai bersama karena pasti volume air yang dipakai juga lebih besar. Dengan memasang trench drain, kamar mandi akan terjaga kebersihannya dan terhindar dari masalah-masalah jamur, jentik nyamuk, dsb. karena genangan air. 

Enchanting menghadirkan trench floor drain D09 dengan fitur-fitur yang mengesankan. Sistem pembuangan airnya canggih dan modern, sehingga membuatnya anti mampet. Struktur penutupnya yang cenderung rapat juga membuatnya anti serangga, anti bakteri, dan anti banjir. Dengan bodi yang terbuat dari kuningan, floor drain ini tahan karat dan tahan korosi. 

Penutup

Kami harap informasi yang kami suguhkan melalui artikel ini dapat membantu memberi pengertian yang lebih mendalam mengenai trench drain dan beragam manfaatnya. 

Temukan saringan got jenis trench dan koleksi saringan got premium lainnya di official store Europe Enchanting di Tokopedia, Shopee, dan di showroom terdekat. 

Back to blog