Countertop Dapur

Sebelum Memilih Countertop Dapur, Cermati Dulu Panduan Ini!

Countertop dapur adalah permukaan meja dapur yang biasa digunakan untuk proses penyiapan makanan, mulai dari proses memotong sampai plating. Untuk dapur yang sering digunakan untuk memasak makanan, peran countertop dapur sangatlah penting. Karena itu, ada gunanya jenis countertop dapur dicermati sebelum dipilih., sehingga proses menyiapkan makanan dapat berlangsung dengan baik. Di pasaran, Anda dapat menemukan beragam jenis countertop dapur. Berikut beberapa dari jenis countertop dapur yang dapat Anda temukan:
  • Quartz (Kuarsa)

Anda dapat menemukan pola serat yang mirip dengan batu natural pada permukaan material ini. Namun, motif yang ditawarkan lebih banyak dari batu natural. Material quartz terbuat dari batu alami dan resin yang berperan sebagai pengikat. Selain itu, material quartz juga memiliki pori-pori yang besar, sehingga material ini dapat dengan mudah menyerap noda. Karena pori-porinya besar, countertop jenis ini perlu dilapisi oleh sealer. Keunggulan dari material ini adalah perawatannya yang minim, permukaan yang heatproof, tahan goresan, dan cukup tahan lama.
  • Granit dan Marmer

Baik granit ataupun marmer berupa batuan alami. Karena itu, Anda dapat menemukan motif alami yang terlihat berbeda antara satu dengan yang lainnya. Keunggulan kedua material ini adalah bahwa keduanya tahan panas dan mampu menciptakan kesan yang mewah pada tampilan dapur. Tidak hanya itu, kedua material ini juga memiliki pori-pori yang cukup besar, yang membuatnya dengan mudah menyerap noda. Namun, untuk menghindari cairan masuk ke pori-porinya, ada baiknya Anda melapisinya dengan beberapa lapis sealer.
  • Butcher Block

Countertop butcher block dapat terbuat dari kayu keras, seperti kayu oak merah, kayu maple, atau juga kayu jati. Countertop ini dapat dipasang dan dibetulkan dengan mudah karena Anda hanya tinggal mengamplas dan melapisi permukaan countertop ini dimana perlu. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahwa material jenis ini mudah tergores dan terbakar. Selain itu, material ini juga tidak tahan noda. Material jenis ini juga tidak cocok dijadikan countertop yang dipasang di sekeliling kitchen sink Anda karena rawan terkena air, berjamur, dan menjadi rusak.
  • Keramik

Salah satu material countertop yang juga hadir dengan tampilan cantik yang beragam adalah material keramik. Selain itu, material ini juga tahan noda, goresan, dan api. Dari segi pemasangannya, material keramik termasuk bahan yang mudah dan juga murah untuk dipasang. Namun, Anda juga perlu berhati-hati saat menggunakan material ini karena dapat rusak jika terkena tekanan yang kuat.
  • Beton

Material beton dapat Anda temukan di ruangan dengan tema industrial. Hal ini dikarenakan material beton mampu memberikan kesan maskulin dan “unfinished.” Sebagai material countertop dapur, beton adalah material yang ramah lingkungan karena dapat terbuat dari material daur ulang. Namun, walau material beton berupa salah satu material countertop yang kuat, jika diperlakukan dengan tidak hati-hati, material ini dapat dengan mudah patah atau terkikis. Selain mengetahui tentang beragam material yang dapat Anda pilih untuk countertop dapur Anda, ada baiknya Anda juga mengetahui kiat-kiat memilih countertop dapur yang tepat:
  • Inspeksi Kualitas Material

Countertop dapur adalah permukaan yang sering berdekatan maupun bersentuhan dengan makanan. Makanan tersebut bisa saja dalam kondisi basah karena baru dicuci atau baru keluar dari kulkas. Karena itu, salah satu syarat untuk memilih countertop dapur yang tepat adalah bahwa countertop tersebut harus tahan air. Tidak hanya itu, countertop dapur Anda juga sebaiknya tahan panas, noda, lembap, dan goresan.
  • Mudah Dirawat

Tentu countertop dapur Anda harus mudah dirawat dan dibersihkan. Karena itu, ada baiknya Anda memilih countertop yang tidak meresap noda dan dapat dengan mudah dibersihkan dari noda.
  • Aman untuk Digunakan

Countertop dapur dapat saja bersentuhan dengan makanan bersuhu panas. Karena itu, ada baiknya material countertop yang Anda pilih tahan panas. Tidak hanya itu, pastikan juga countertop dapur Anda bebas dari bahan kimia, sehingga makanan yang disiapkan pada countertop dapur juga menjadi lebih terjaga dan aman untuk dikonsumsi.
Countertop Dapur Sebelum memilih countertop, Anda dapat mencermati terlebih dahulu panduan dari kami.

Penutup

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai berbagai jenis countertop dapur dan beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memilih countertop dapur. Untuk melengkapi koleksi perlengkapan dapur Anda, Anda dapat menelusuri koleksi kitchen sink dari Europe Enchanting. Koleksi kitchen sink kami terbuat dari bahan stainless steel SS 304, yang membuatnya anti korosi, anti karat, dan juga mudah dibersihkan. Karena tampilannya yang minimalis dan elegan, koleksi kitchen sink kami dapat dipadankan dengan berbagai jenis tema interior dapur. Temukan koleksi kitchen sink kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog