Banyak Manfaatnya, Pilih Shower Panas Dingin untuk Hunianmu!

Banyak Manfaatnya, Pilih Shower Panas Dingin untuk Hunianmu!

Apakah kamu suka mandi dengan air panas, dingin, atau hangat? Jika kamu suka air hangat/panas, atau jika kamu sering merasa air dingin tidak cocok untukmu, mungkin kamu perlu memilih shower panas dingin.

Shower panas dingin ini memiliki mixer, yaitu fitur shower yang membantu menyiapkan air dengan suhu yang kamu inginkan. Dengan begitu, menikmati air hangat/panas jadi jauh lebih praktis. Sebenarnya, setiap suhu air memiliki keunggulannya masing-masing.

Walau kamu kurang cocok dengan air dingin, kamu bisa mencoba untuk mandi air dingin sesekali jika kamu ingin mengambil manfaat-manfaatnya.

Air hangat/panas juga memiliki manfaatnya masing-masing, dan kamu bisa pilih berdasarkan manfaat yang sedang kamu butuhkan.

Berikut penjelasan mengenai manfaat masing-masing suhu air:

Air Dingin

Rambut Berkilau, Kulit Terhidrasi

Suhu air dianggap dingin jika berada dalam rentang 10-15 derajat celcius. Saat kita mandi dengan air dingin, pori-pori kita akan mengencang dan hal tersebut akan menjaga minyak alami yang terletak di rambut dan kulit kita. Dengan begitu, rambut dan kulitmu bisa terlihat lebih berkilau.

Kamu bisa coba air dingin jika kamu bergumul dengan masalah kulit atau rambut yang kering dan rapuh.

Memperbaiki Kondisi Psikis dan Menaikkan Imunitas Tubuh

Air dingin dapat memicu pembentukan hormon noradrenaline dan juga beta endorphin. Saat kita mandi air dingin, impuls listrik akan terkirim dari ujung-ujung saraf ke otak. Impuls listrik inilah yang akan menciptakan efek antidepresan untuk kita. Dengan begitu, mood dan kondisi psikis kita akan naik dan membaik.

Imunitas tubuh juga akan membaik saat kita mandi dengan air dingin. Karena, suhu dingin bisa meningkatkan sistem imunitas dan melindungi tubuh dari penyakit.

Memperbaiki Sistem Sirkulasi Tubuh

Tahukah kamu? Mandi dengan air dingin juga bisa menaikkan denyut jantung kita. Karena, suhunya yang dingin menaikkan performa sistem sirkulasi, sehingga jantung bisa bekerja dengan lebih efisien. Jadi, hal ini akan berdampak pada performa sistem sirkulasi di seluruh tubuh kita.

Sistem sirkulasi tubuh yang membaik punya dampak positif pada tubuh. Salah satunya kulit yang terlihat lebih jernih dan bekas luka atau bercak-bercak hitam yang pelan-pelan memudar. Kita juga akan terlihat lebih segar dan sehat.

Air Panas

Kalau kamu ingin mencoba mandi dengan air panas/hangat, suhu air ini juga bisa memberikan banyak manfaat untukmu. Air panas ada pada rentang suhu 37 sampai 41 derajat celcius. Berikut penjelasannya:

Membantu Membakar Kalori

Fakta menarik ini patut diberi perhatian. Air bersuhu panas bisa membantu kita membakar kalori. Hal ini dikarenakan meningkatnya suhu tubuh, metabolisme yang teraktivasi, dan berkurangnya inflamasi pada tubuh. Perubahan-perubahan ini dapat membantu membakar kalori. Namun, mandi air panas sebaiknya tidak menggantikan rutinitasmu dalam berolahraga.

Kamu juga sebaiknya tidak berlama-lama saat mandi air panas karena hal ini dapat menyebabkan kulit yang terbakar atau heat stroke. Jangka waktu yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 20 menit per sesi.

Memperbaiki dan Menyehatkan Kulit

Sama seperti air dingin, air panas juga bisa menyehatkan kulit. Karena, suhu air yang panas akan membuka pori-pori dan membuang toksin yang telah terakumulasi di kulit kita dari aktivitas yang kita lakukan seharian (e.g. bepergian dan terpapar polusi) atau dari makanan yang kita konsumsi.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Mandi air hangat/panas sebelum tidur bisa mempengaruhi kualitas tidurmu. Karena, suhu air tersebut akan menaikkan sejenak dan kemudian menurunkan suhu tubuh, di mana pola ini sangat mirip dengan kondisi suhu tubuh saat kita tidur. Jadi, karena terjadinya perubahan pada suhu tubuh saat mandi, hal ini akan membuat kita tidur dengan lebih baik.

Tentu saja, dalam memilih suhu air saat mandi, kamu perlu mempertimbangkan kondisi kesehatan, kondisi tubuh, dan manfaat apa yang kamu butuhkan.

Misalnya, untuk orang-orang yang menderita arthritis (pembengkakan dan nyeri sendi), mereka bisa menikmati mandi air hangat di pagi hari karena suhu air tersebut nyaman untuk sendi-sendi mereka.

Perhatikan juga untuk tidak mandi dengan air yang suhunya terlalu dingin atau terlalu panas. Karena, hal tersebut bukannya membuat sehat, namun bisa mencelakakan.

Europe Enchanting hadir dengan koleksi shower yang memiliki fitur mixer untuk air panas dan dingin. Berikut beberapa tipe dari koleksi kami:

E1600 (Rp.2.590.000)

Keunikan shower set ini terletak pada tidak adanya tiang penyangga. Dengan begitu, shower set ini terlihat berbeda dari shower set lainnya.

Selain unik, fitur ini juga membuatnya cocok jika dipasang di kamar mandi dengan ruang terbatas karena ketinggian dan posisi masing-masing komponen bisa disesuaikan.

Kamu juga bisa menikmati air panas/dingin dari outlet hand shower atau head shower hanya dengan menyesuaikan tuas keran mixer.

Shower set ini terdiri dari shower kepala dan dudukan, hand shower dan dudukan, water mixer box, dan keran dinding.

E1777 (Rp.4.556.000)

Poin plus dari shower set ini adalah kecanggihannya yang memukau. Kamu bisa mengendalikan outlet air hanya dengan menekan tuas dalam bentuk tombol yang berjejer berdekatan.

Shower set ini juga lengkap dengan lampu LED yang nyala dengan menggunakan tenaga kinetic dari air saja. Jadi, tidak ada resiko kesetrum dan kamu dapat menikmati pengalaman mandi yang unik dan memuaskan.

Terdapat 4 outlet air pada shower set ini untuk memenuhi kebutuhanmu dan keluarga, yaitu main shower head, hand shower, jet shower, dan bath spout.

E1696 (Rp.4.356.000)

Sama seperti E1777, shower set ini juga hadir dengan tombol pengontrol outlet air yang berjejer berdekatan. Dengan begitu, menyesuaikan outlet air jadi jauh lebih praktis.

Tampilannya juga sangat estetis dan berkarakter—mampu mempercantik tampilan keseluruhan kamar mandimu.

Kamu juga bisa menikmati pengalaman mandi yang memuaskan karena shower set ini sudah dilengkapi dengan Air Injection Technology, di mana arus air menjadi lebih lembut dan pancurannya juga menjadi lebih halus dan nyaman di kulit.

Penutup

Kami harap pengetahuan yang kami bagikan dapat membawa manfaat untukmu dan keluarga, khususnya dalam memilih shower dan fitur-fiturnya. Temukan koleksi shower set Europe Enchanting di official store kami di Shopee, Tokopedia, atau di showroom terdekat.

Back to blog