Kamu Tuan Rumah di Momen Ramadhan Nanti? Yuk, Siapin Rumah Kamu dari Sekarang!

Kamu Tuan Rumah di Momen Ramadhan Nanti? Yuk, Siapin Rumah Kamu dari Sekarang!

Momen bulan suci Ramadhan sudah di depan mata!

Biasanya, Ramadhan identik dengan silaturahmi dan waktu yang dihabiskan di dalam rumah bersama keluarga dan teman-teman, baik untuk bersama-sama berbuka puasa atau untuk menjalin tali persahabatan. 

Apakah hunian kamu akan digunakan untuk menyambut keluarga dan teman-teman dekat? Jika ya, mari siapkan hunianmu! Kami menghadirkan tips yang bisa kamu contoh untuk membuat rumah nyaman, rapi, dan cantik untuk momen Ramadhan.

Yuk, telusuri tips-nya! 

Bersih-bersih

Salah satu hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan hunianmu.

Kamu bisa mulai dengan fokus ke ruangan yang akan dipakai para tamu, seperti ruang keluarga dan kamar mandi tamu. 

Tidak hanya bersih-bersih biasa, kami sarankan kamu juga melakukan Deep Cleaning. Deep Cleaning adalah kegiatan membersihkan suatu ruangan atau hunian dengan menyeluruh. 

Artinya, tidak ada perabot atau sudut ruangan yang terabaikan. Setiap benda, pajangan, perabot, dsb. benar-benar dibersihkan.

Dengan melakukan Deep Cleaning, ruangan akan terlihat benar-benar bersih dan tamu pun akan merasa nyaman saat menggunakan ruangan tersebut.

Untuk mengantisipasi kegiatan bersih-bersih, kamu bisa mempersiapkan alat-alat pembersih dari jauh-jauh hari. Buatlah daftar alat-alat yang dibutuhkan dan stok dalam jumlah yang cukup, sehingga kamu tidak perlu repot-repot beli lagi di hari H. 

Kain

Saat Deep Cleaning, ada baiknya kamu juga mencuci kain-kain yang ada di ruang tamu dan kamar mandi tamu, seperti kain gorden, karpet, kain sofa, dsb. Karena, kain-kain yang sudah lama tidak dibersihkan biasanya menghasilkan bau yang tak sedap dan bahkan jamuran.

Tentunya, hal ini dapat mengganggu tamu yang berkunjung ke hunianmu. Kamu dapat menggunakan jasa laundry kalau memang kamu merasa membersihkan kain-kain di hunianmu terlalu merepotkan. 

Jika kain-kain di hunianmu sudah usang atau sudah terlalu rusak, kamu dapat menggantinya dengan yang baru jauh-jauh hari, sebelum momen Ramadhan. 

Dekorasi

Kalau kamu ingin membuat hunianmu terlihat lebih meriah atau lebih khusyuk, kamu bisa menambahkan dekorasi khas Ramadhan. 

Misalnya, kamu bisa membeli beberapa lampu gantung ala Maroko yang cantik dan menggantungnya di ruangan keluarga. 

Kamu juga bisa memasang karpet dengan pola atau warna yang cantik, sehingga ruang tamu akan terlihat lebih estetis. 

Alat-alat makan juga bisa kamu jadikan sebagai bagian dari dekorasi. Kamu bisa pilih nampan keemasan untuk menjamu tamu, piring-piring dengan ukiran cantik, atau bahkan sendok dan garpu dengan warna-warna khas Ramadhan.

Area Makan

Kalau kamu akan menjamu tamu di area makan ketimbang di ruangan keluarga, kamu bisa perhatikan presentasi area makan tersebut.

Pastikan alat-alat makan tersimpan rapi di dalam kontainer. Kamu bisa pakai alas atau tatakan piring untuk mempercantik presentasi makanan yang akan kamu sajikan. Kamu juga bisa siapkan pitcher air untuk mempermudah penyiapan air minum. 

Tidak hanya pada meja makan saja, kamu juga bisa upgrade tampilan area makan menjadi lebih menarik. Misalnya, kamu bisa pajang tanaman-tanaman hias di sekitar area makan, sehingga area tersebut akan terlihat lebih segar.

Kamu juga bisa memasang string lights/rope lights pada dinding di area makan, supaya area makan terlihat estetis.

Upgrade Perabot 

Jika ada perabot yang sudah usang atau tidak bekerja dengan maksimal, apalagi jika perabot tersebut berhubungan erat dan akan sering digunakan saat Ramadhan, mungkin sudah waktunya kamu menggantinya. 

Misalnya, bak cuci piring atau keran dapur yang sudah rusak atau usang sebaiknya diganti dengan yang baru.

Karena, aktivitas mempersiapkan makanan untuk sahur maupun buka puasa bisa saja terganggu jika perabot tersebut tidak bisa berfungsi dengan maksimal. 

Selain perabot di ruang dapur, kamu juga bisa perhatikan perabot di kamar mandi, khususnya di kamar mandi yang akan para tamu pakai saat berkunjung ke hunianmu.

Misalnya, kloset duduk perlu bekerja dengan baik supaya para tamu dapat memakainya dengan nyaman.

Jika kloset duduk kamu sudah rusak, mungkin waktunya untuk upgrade perabot tersebut. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir masalah yang mungkin saja terjadi saat para tamu berkunjung. 

Penutup

Kamu bisa mempersiapkan hunianmu jauh-jauh hari, sebelum bulan Ramadhan, untuk mengurangi tugas-tugas lain yang perlu kamu siapkan saat momen Ramadhan datang.

Semoga tips yang kami sampaikan bisa menginspirasi kamu, khususnya untuk mempersiapkan hunian buat bulan Ramadhan. 

Kalau kamu ada perabot yang sudah rusak atau usang, yuk, upgrade bersama Europe Enchanting! Ada banyak koleksi perabot rumah tangga yang bisa kamu pilih untuk memperlancar kegiatanmu di momen Ramadhan. 

Caranya, check koleksi perabot Enchanting di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat!

Back to blog