Memasang Lampu Downlight

Simak! Ketahui Cara Memasang Lampu Downlight tanpa Tukang!

Apakah Anda ingin memasang lampu downlight sendiri, tanpa bantuan tukang? Anda dapat mempelajarinya melalui artikel ini! Lampu downlight adalah jenis lampu yang pemasangannya di dalam langit-langit. Bentuk lampu jenis ini sangat sederhana, karena hanya berbentuk bundar atau persegi empat. Tidak ada aksen-aksen khusus yang dapat ditemukan pada lampu jenis ini, kecuali dalam hal variasi warna cahaya yang disorotkan. Ukuran lampu downlight tidak terlalu besar dan tidak memakan banyak tempat. Karena itu, lampu downlight cocok dipasang di ruangan dengan ukuran yang terbatas. Satu lagi keunggulan lampu downlight adalah pemakaian energi yang jauh lebih hemat, khususnya jika dipasang dengan bohlam LED. Dalam proses pemasangan lampu downlight, Anda tidak memerlukan banyak peralatan khusus. Yang diperlukan, selain lampu downlight, hanyalah plester, gergaji besi, obeng, dan sebilah pisau. Berikut langkah-langkah pemasangannya:
  • Memberi Tanda pada Plafon

Karena lampu downlight adalah lampu yang ditanam di dalam plafon (langit-langit), Anda perlu menandai area plafon yang akan dilubangi terlebih dahulu (perlu diingat, pemasangan ini adalah untuk plafon jenis kayu). Setelah itu, gunakan pisau untuk membuat lubang dimana ujung gergaji dapat masuk. Anda perlu menggunakan pisau karena gergaji tidak memiliki ujung yang tajam, sehingga tidak dapat mempenetrasi plafon tanpa bantuan. Sesudahnya, Anda dapat menggunakan gergaji besi untuk memotong lubang sampai selesai. Kenapa gergaji besi? Karena jenis gergaji ini memberi hasil akhir yang rapi.
  • Menutup Sisi Dalam Lubang dengan Plester

Sebelum Anda memasang lampu downlight, ada baiknya Anda menutup seluruh sisi dalam lubang dengan plester. Kenapa? Karena keberadaan plester akan melindungi plafon dari kerusakan yang terjadi karena gesekan saat memasang atau mencopot lampu. Adanya plester juga akan membantu pemasangan lampu supaya tidak bergoyang. Anda dapat mengikuti lekukan sisi dalam lubang dengan menggunting kecil-kecil sisi kiri dan kanan plester dari awal sampai ujung strip. Dengan begitu, plester akan mengikuti lekukan lubang dan menutup sisi dalam lubang dengan lebih baik.
  • Memasang Kabel pada Instalasi Listrik

Langkah selanjutnya adalah memasang kabel lampu pada instalasi listrik yang ada di hunian Anda. Anda dapat naik ke plafon untuk memasang kabel tersebut. Setelah kabel sudah dipasang dengan baik, Anda dapat turun lagi ke bawah untuk melanjutkan pemasangan lampu downlight.
  • Memasang Kap Lampu

Kap lampu adalah tudung lampu yang mengelilingi lampu dan berbentuk seperti lingkaran. Untuk memasang kap lampu downlight, Anda dapat memasukkannya dengan hati-hati. Setelah kap sudah dimasukkan, akan muncul kawat yang akan menjepit bagian plafon, sehingga lampunya tidak akan mudah lepas.
  • Memasang Lampu

Sebagai langkah terakhir, pasanglah lampu downlight dengan menyesuaikannya pada kap lampu. Yang perlu Anda lakukan adalah mendorong corong lampu ke dalam kap. Dengan begitu, proyek pemasangan lampu downlight selesai.
Memasang Lampu Downlight Ketahui cara memasang lampu downlight melalui artikel ini!

Penutup

Demikian langkah-langkah yang dapat kami jelaskan mengenai cara memasang lampu downlight tanpa bantuan tukang bangunan. Kami harap Anda mendapatkan manfaatnya. Jika Anda tengah mencari lampu downlight, Anda dapat menelusuri koleksi lampu downlight dari Europe Enchanting. Koleksi lampu downlight yang kami tawarkan hadir dengan kualitas yang tinggi dan harga yang bersaing. Anda dapat menemukan koleksi lampu downlight Europe Enchanting dan koleksi perabot rumah tangga lainnya, seperti bak cuci piring dan shower set, melalui official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog