Dapur untuk Buka Puasa

Simak! Siapkan Dapur untuk Buka Puasa dengan 6 Tips Ini!

Sudahkah Anda menyiapkan dapur untuk buka puasa? Untuk menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini, Anda tentunya perlu melakukan beberapa persiapan, khususnya di rumah Anda. Jika Anda berencana untuk mengundang keluarga atau teman-teman Anda untuk momen berbuka puasa, rumah Anda perlu dipersiapkan untuk acara silaturahmi tersebut. Karena, rumah yang berantakan atau kotor tentunya tidak cocok dijadikan tempat untuk berkumpul bersama. Salah satu ruangan di rumah Anda yang perlu diperhatikan adalah dapur. Momen buka puasa erat kaitannya dengan makanan dan minuman. Karena itu, ada baiknya Anda memperhatikan kondisi dan tampilan dapur Anda. Untuk melancarkan momen buka puasa di rumah Anda, Anda dapat mengikuti tips dari kami. Berikut tipsnya:
  • Menyiapkan Menu

Jika Anda berencana untuk sering-sering menggelar momen buka puasa di rumah Anda, Anda perlu memikirkan menu yang akan dipersiapkan. Dengan begitu, Anda tidak akan bingung mengenai makanan atau minuman apa saja yang ingin disajikan. Kalau Anda juga akan mengundang anak-anak atau lansia, Anda juga dapat memikirkan jenis makanan atau minuman apa saja yang cocok untuk mereka. Mempersiapkan menu jauh-jauh hari juga membantu Anda mengatur budget untuk momen buka puasa, sehingga Anda tidak akan menghabiskan terlalu banyak biaya.
  • Mempersiapkan Lemari Es

Untuk menyimpan makanan dan minuman yang akan disuguhkan saat buka puasa, Anda perlu mempersiapkan lemari es Anda. Anda dapat membuang bahan-bahan makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi. Anda juga dapat membersihkan freezer dari biang es yang sudah mengeras. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan isi lemari es Anda dari bercak-bercak makanan, sehingga lemari es menjadi bersih kembali dan nyaman untuk digunakan.
  • Mempersiapkan Alat-alat Masak

Selain lemari es, ada baiknya Anda juga membersihkan alat-alat masak, seperti microwave, rice cooker, termos, dsb., khususnya jika Anda akan menggunakan alat-alat masak tersebut untuk momen buka puasa. Untuk membersihkannya, Anda hanya butuh cairan pembersih sederhana, seperti air dan cuka, atau sabun cuci piring. Pastikan juga alat-alat makan tersebut masih layak untuk digunakan. Karena, jika terdapat bagian yang rusak, Anda tidak dapat mempersiapkan makanan buka puasa dengan maksimal.
  • Mempersiapkan Area Makan

Jika Anda berencana untuk menjamu tamu untuk berbuka puasa, Anda perlu memperhatikan area makan. Pastikan Anda memiliki kursi dalam jumlah yang cukup. Pastikan juga meja makan Anda memiliki ruang yang cukup untuk mengakomodir setiap tamu Anda. Hitung juga jumlah alat makan Anda, seperti gelas, piring, dan sendok. Namun, jika Anda berencana untuk menyantap makanan dengan gaya lesehan, perhatikan karpet Anda cukup luas dan bersih.
  • Menyiapkan Bumbu-bumbu

Masakan Anda tentu membutuhkan bumbu-bumbu untuk memberinya rasa. Untuk menunjang kegiatan memasak, Anda dapat menyimpan bumbu-bumbu Anda di dalam botol-botol kecil dengan tutup yang mudah dibuka. Dengan begitu, Anda dapat menghemat waktu saat menggunakan bumbu-bumbu dibanding jika bumbu-bumbu Anda disimpan di dalam plastik atau tempat aslinya. Anda juga dapat memberi nama setiap botol tersebut untuk memudahkan Anda dalam mencari bumbu yang diperlukan. Untuk menghemat waktu, Anda dapat meletakkan bumbu-bumbu Anda pada spice rack yang disimpan dekat dengan kompor, sehingga bumbu-bumbu tersebut menjadi lebih mudah diambil dan ditaruh kembali.
  • Meal Prep

Meal prep adalah kegiatan menyiapkan makanan yang sudah matang dan menyimpannya di dalam kulkas, atau ruang penyimpanan lainnya, untuk diambil dan dimakan di hari yang lain. Anda dapat menerapkan rencana ini jika Anda merasa waktu tidak cukup mempersiapkan makanan. Untuk menerapkan rencana meal prep, Anda dapat mempersiapkan beberapa kontainer makanan, sesuai dengan jumlah makanan yang akan dipersiapkan. Kemudian, Anda dapat memasak makanan yang perlu dimasak, khususnya daging. Makanan seperti buah-buahan atau sayur-sayuran yang tidak perlu dimasak hanya perlu dipotong saja dalam jumlah yang diinginkan. Kemudian, Anda dapat menyatukan semua makanan yang sudah dipersiapkan dan membaginya sesuai besarnya kontainer makanan. Langkah terakhir, Anda dapat menyimpan kontainer makanan tersebut di dalam kulkas, freezer, atau di ruang penyimpanan lainnya. Saat Anda membutuhkannya, Anda tinggal mengambilnya dan memanaskannya.
Dapur untuk Buka Puasa Siapkan dapur Anda untuk menyambut momen buka puasa!

Penutup

Demikian tips yang dapat kami sampaikan mengenai hal-hal yang dapat Anda persiapkan untuk menyambut momen silaturahmi di bulan puasa. Kami harap tips yang kami sampaikan dapat memberi manfaat. Lengkapi momen buka puasa Anda dengan koleksi bak cuci piring dan keran air dapur dari Europe Enchanting. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas, seperti stainless steel SS 303 dan kuningan, koleksi perabot kami berkualitas tinggi, kokoh, dan tahan lama. Anda dapat menemukan koleksi perabot dapur Europe Enchanting di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog