Chrome Plating

Tahukah Anda Istilah Chrome Plating? Kenali Artinya di Sini!

Jika Anda pernah mendengar istilah chrome plating (pelapisan kromium), artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai istilah tersebut. Pelapisan dengan bahan kromium adalah langkah terakhir yang dilakukan pada suatu objek melalui proses yang disebut electroplating. Aksi pelapisan ini dapat dilakukan pada beragam jenis logam, seperti logam besi, logam baja, maupun logam tembaga. Selain logam, pelapisan kromium ini juga dapat dilakukan pada objek plastik dan objek-objek lainnya yang bukan termasuk logam. Namun, objek-objek tersebut perlu dicat dahulu dengan cat yang memiliki kandungan logam sebelum melewati proses pelapisan. Tujuan dari pelapisan dengan bahan kromium ini adalah untuk melindungi objek logam dari korosi, membuatnya terlihat lebih estetis, meningkatkan durabilitas dan daya tahan, dan meningkatkan usia pakai objek tersebut. Proses electroplating berupa proses yang melarutkan logam kation di genangan garam elektrolit untuk menghasilkan lapisan pada objek yang ingin dilapisi. Segala jenis kotoran yang menempel akan pertama-tama dibersihkan dari objek yang akan dilapisi. Kemudian, bahan logam yang ada pada objek akan dikondisikan dahulu sebelum dimasukkan ke wadah yang berisi kromium. Proses pengkondisian awal pada setiap objek berbeda-beda, tergantung jenis logamnya. Setelah dimasukkan ke dalam wadah kromium, objek akan dikenakan arus listrik untuk beberapa saat. Anda dapat menemukan dua jenis proses pelapisan kromium, yaitu Hard Chrome Plating dan Decorative Chrome Plating. Jenis pelapisan kromium yang dipakai pada dua jenis proses tersebut berbeda karena disesuaikan oleh tujuan dari masing-masing proses pelapisan.

Hard Chrome Plating

Pelapisan kromium jenis ini juga dapat disebut sebagai Industrial Chrome Plating atau Engineered Chrome Plating. Jenis pelapisan ini menghasilkan lapisan kromium yang sangat tebal pada bagian objek yang cenderung terbuat dari baja. Lapisan ini membantu menjaga usia pakai suatu objek dan membuat objek tahan korosi. Untuk objek berbahan logam yang cenderung mahal, lapisan ini membantu menghambat penurunan kualitas pada objek. Hard Chrome Plating tidak digunakan untuk menunjang estetika untuk suatu objek, tetapi digunakan untuk menunjang dan menjaga performa objek tersebut. Anda dapat menemukan pelapisan jenis ini pada objek-objek yang membutuhkan lapisan kromium yang tebal, seperti cetakan logam, ring piston, dsb. Hard Chrome Plating menghasilkan lapisan kromium dengan ketebalan sampai 0.025 inch.

Decorative Chrome Plating

Pelapisan kromium jenis ini menggunakan lapisan kromium yang tipis dan diaplikasikan sebagai top coat untuk objek-objek berbahan stainless steel dan berlapis nikel. Pelapisan kromium jenis ini bertujuan untuk mempercantik suatu objek atau membuatnya terlihat lebih menarik. Anda dapat menemukan Decorative Chrome Plating pada beberapa objek yang butuh terlihat estetis, seperti beberapa bagian pada mobil, alat-alat dapur, dan barang jadi lainnya. Adanya Decorative Chrome Plating ini mampu melindungi objek dari kerusakan dan karat saat objek bersentuhan dengan air atau zat-zat yang dapat menghasilkan korosi. Anda dapat menemukan chrome plating berkualitas pada koleksi shower set dari Europe Enchanting. Berikut deskripsi produk untuk beberapa shower set dari koleksi kami:

Shower Set Rose Gold E56 (2.870.000)

Satu lagi shower set kami yang menghadirkan tiga mode semburan air. Arus air mengalir dari tiga titik berbeda: rain shower head, hand shower, dan bath spout. Fitur ini dapat menjawab kebutuhan Anda dan keluarga yang bervariasi. Lapisan chrome pada permukaannya menghasilkan kualitas yang tahan terhadap karat, tidak mudah lecet maupun mengelupas, dan warna yang mengkilap. Warna rose gold termasuk warna berani yang pas jika dipadukan dengan warna-warna netral seperti hitam maupun putih.

Shower Set E17 (Rp. 1.875.000)

Dengan dilapisi logam chrome, shower set ini memiliki permukaan bodi yang tidak mudah mengelupas, sehingga tampilannya yang menawan tidak mudah lekang oleh waktu. Bahan kuningan yang terdapat pada bodi shower set ini berupa konduktor panas yang baik, sehingga tahan terhadap pemakaian air dengan suhu panas yang berlangsung terus-menerus. Bahan kuningan juga berupa bahan yang tahan terhadap korosi. Modelnya yang elegan cocok untuk melengkapi kamar mandi dengan tema high-class.

Shower Set E3 (Rp. 2.299.000)

Head shower dan hand shower yang terbuat dari bahan PVC (sejenis plastik) membuat shower set ini tahan lama, tahan terhadap suhu air yang panas dan mudah dibersihkan. Dilapisi dengan chrome tebal, permukaan shower set ini tahan terhadap karat dan tidak mudah mengelupas. Ada juga fitur hanger, dimana melalui fitur ini, tinggi tiang dapat disesuaikan dengan ketinggian penggunanya.

Shower Set E7 (Rp. 2.150.000)

Shower set ini hadir dengan beragam fitur canggih. Shower head utama memiliki ketinggian yang dapat diatur, untuk disesuaikan dengan tinggi badan pengguna. Ada juga mode semburan pada hand shower yang dapat mengubah jenis semburan air sesuai kebutuhan, sehingga memberi kemudahan akan penggunaannya. Karena terbuat dari logam kuningan yang berlapiskan chrome, shower set ini menjanjikan kualitas bodi yang tahan terhadap karat, padat, keras, dan tahan lama. Kepala hand shower dan head shower yang terbuat dari bahan ABS berkualitas tinggi menghasilkan produk yang padat, keras, dan sangat tahan lama. Tersedia juga pilihan panas dan dingin untuk suhu air. Tidak perlu khawatir akan pemakaian suhu air panas yang tinggi karena adanya bahan kuningan yang berupa konduktor air panas.

Shower Set E770 (Rp. 2.359.500)

Shower set ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Bodi yang terbuat dari kuningan (brass) membuatnya tahan terhadap korosi dan minim perawatan. Permukaan nozzle pada shower head dan hand shower yang terbuat dari bahan PVC menghasilkan permukaan yang mulus, mudah dibersihkan, tahan lama, dan tahan terhadap suhu panas. Shower set ini juga memiliki tiga titik aliran air, yaitu dari rain shower head, handheld shower head dan bath spout. Manjakan diri Anda dengan fitur menarik ini. Produk ini hadir dalam warna hitam yang dilapisi chrome. Cat warna pada shower set ini termasuk cat premium, sehingga tidak mudah terkelupas dan dapat bertahan lama.
Chrome Plating Kenali lebih lagi istilah chrome plating melalui artikel ini!

Penutup

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih memahami arti dari lapisan chrome, dan semoga wawasan yang diterima dapat memberi manfaat untuk Anda. Anda dapat menelusuri koleksi shower set berlapis chrome premium di official store Europe Enchanting di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat Anda.
Back to blog