Elemen Desain Tekstur

Tambahkan Elemen Desain Tekstur Supaya Hunian Tidak Monoton!

Elemen desain tekstur adalah salah satu elemen desain interior yang memberi pengaruh pada tampilan suatu ruangan atau hunian. Elemen ini berbicara mengenai jenis permukaan yang ada pada suatu benda. Beberapa ciri tekstur yang dapat ditemukan pada benda-benda di rumah adalah licin, kasar, dan lembut. Dengan bermain dengan tekstur, seorang perancang interior dapat menambahkan dimensi dan juga menunjang tampilan suatu ruangan atau hunian. Dalam hal tersebut, sifat elemen ini mirip dengan elemen warna dan juga pola. Selain itu, Anda dapat menambahkan detail pada suatu ruangan atau hunian saat bermain dengan tekstur. Benda dengan tekstur yang unik atau menawan juga dapat menjadi titik fokal (focal point) jika memang itu yang Anda ingin ciptakan. Elemen desain tekstur dapat membuat suatu benda terlihat lebih menonjol dari yang lainnya. Anda dapat menggunakan furnitur, aksesoris, pajangan, atau kain untuk bermain dengan elemen ini. Tekstur yang digunakan dengan baik dapat menciptakan atau menunjang perasaan positif pada suatu ruangan. Elemen desain tekstur hadir dalam dua jenis:
  • Tekstur Visual

Tekstur jenis ini berbicara mengenai tekstur yang dapat dipandang dan dinikmati oleh mata. Sebagai contoh, Anda dapat mengetahui bahwa suatu permukaan memiliki tekstur yang licin karena adanya kilauan cahaya pada permukaan tersebut. Anda juga dapat mengetahui bahwa suatu permukaan akan terasa lembut jika disentuh karena adanya serat-serat kain yang dapat dicermati.
  • Tekstur Aktual

Untuk tekstur aktual, Anda dapat mengetahuinya saat menyentuhnya. Tekstur aktual dapat diraba dan memiliki karakteristik tiga dimensi. Sebagai contoh, karpet dengan aksen bulu dapat Anda raba dan rasakan karena berupa wujud dari tekstur aktual. Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mengimplementasikan elemen desain tekstur di ruangan atau di hunian Anda. Cara Bermain dengan Elemen Desain Tekstur
  • Jika Anda ingin menciptakan kesan ruangan atau hunian yang hangat dan nyaman, Anda dapat meletakkan objek-objek yang memiliki tekstur lembut, seperti bantal anyaman atau bantal berbulu. Kalau Anda ingin menciptakan kesan yang lebih mewah, Anda dapat memilih benda-benda dengan permukaan yang terlihat licin dan mengkilap.
  • Terlebih lagi, untuk menciptakan kesan hangat, Anda dapat menggunakan lebih banyak benda yang terbuat dari kayu atau memiliki tampilan yang menyerupai kayu. Sebagai kontras, material batu atau benda dengan tampilan yang menyerupai batu dapat menciptakan kesan ruangan yang lebih dingin dan formal. Anda dapat menyesuaikan tekstur dengan tema interior atau kesan akhir yang ingin Anda ciptakan.
  • Tidak hanya melalui benda atau perabotan yang ada di suatu ruangan, pencahayaan juga dapat berkontribusi dalam permainan tekstur. Pencahayaan yang lembut dapat mengubah suatu ruangan menjadi lebih hangat. Sementara itu, pencahayaan yang terlalu terang dan kuat dapat membuat suatu ruangan terlihat dingin dan kasar.
  • Untuk menambah tekstur yang unik dan menarik, Anda juga dapat memajang tanaman. Bentuk tanaman yang bervariasi, mulai dari beragam warnanya, bentuk daun-daunnya, dsb., dapat berkontribusi pada tekstur visual suatu ruangan. Jika Anda ingin menyelaraskan penampilan tanaman Anda dengan tema interior ruangan, Anda dapat memilih tanaman dengan tekstur yang sesuai dengan tema interior. Sebagai contoh, Anda dapat memilih tanaman dengan daun-daun yang terlihat glossy untuk diselaraskan dengan tema interior yang menggunakan permukaan glossy.
Elemen Desain Tekstur Kenali elemen desain tekstur, elemen desain yang dapat menambah dimensi dan menunjang rupa rumah Anda!

Penutup

Demikian penjabaran yang dapat kami sampaikan mengenai salah satu elemen desain interior yang berupa elemen desain tekstur. Kami harap penjelasan yang kami sampaikan dapat memberi manfaat untuk Anda. Untuk melengkapi koleksi peralatan rumah tangga Anda, Anda dapat menelusuri koleksi sanitary ware dari Europe Enchanting. Kami menyediakan koleksi bak cuci piring, wastafel, rak handuk, dan masih banyak lagi. Bersama Europe Enchanting, temukan produk-produk berkualitas tinggi yang tahan lama. Anda dapat menelusuri koleksi produk-produk kami melalui official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog