Tangki Toilet Rusak? Ikuti Tips untuk Mengatasinya!

Tangki Toilet Rusak? Ikuti Tips untuk Mengatasinya!

Apakah Anda ingin mengetahui tips untuk mengatasi tangki toilet rusak? Baca sampai habis! Kalau Anda memiliki toilet duduk di kamar mandi Anda, pasti Anda mengerti bahwa toilet duduk perlu dirawat secara rutin supaya tidak cepat rusak. Namun, terkadang, dengan perawatan pun, toilet duduk dapat mengalami kerusakan yang biasanya disebabkan oleh usia pakai yang sudah lama. Atau, kerusakan toilet duduk dapat disebabkan juga oleh kualitas material yang kurang baik. Selain itu, penggunaan yang kurang hati-hati juga dapat menyebabkan toilet duduk rusak. Kesalahan posisi yang ada pada komponen toilet duduk Anda juga dapat menjadi salah satu alasan toilet duduk Anda rusak. Salah satu komponen toilet duduk yang dapat mengalami kerusakan terletak pada bagian tangki. Di dalam tangki toilet duduk Anda, Anda dapat menemukan: katup flush, tabung luapan, tuas, rantai, flapper, dan bukaan katup flush (terletak di dasar tangki). Berikut beberapa alasan spesifik mengenai mengapa tangki toilet Anda mengalami kerusakan dan tips mengatasi kerusakan-kerusakan tersebut:

Tangki Toilet Rusak Karena Tingkat Air yang Rendah

Biasanya, tekanan yang dihasilkan oleh tangki saat dalam kondisi penuh cukup kuat untuk membilas isi pada mangkuk toilet ke dalam saluran pembuangan. Namun, jika tangki tidak dapat terisi penuh oleh air atau sama sekali tidak terisi, Anda dapat mengubah ketinggian pada pelampung toilet. Sesuaikan pelampung toilet Anda sehingga dapat menerima lebih banyak air pada tangki toilet. Lakukan ini sebelum mematikan katup pengisi sehingga daya pembilasan dapat meningkat.

Tangki Toilet Rusak Karena Pembentukan Mineral pada Air

Air yang mengalir melalui pipa ke toilet dapat mengandung kalsium dan magnesium. Mineral-mineral ini dapat menyebabkan adanya kerak pada saluran. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan cuka suling dan sikat toilet berbulu kaku dan menggosok bagian yang terkena kerak sampai bersih. Anda juga dapat menggunakan pelembut air untuk menghilangkan sadah pada air (yang dapat menyebabkan kerak).

Katup Flush/Flapper yang Rusak

Saat tuas/tombol toilet duduk ditekan, hal tersebut akan mengaktifkan katup flush dan membuka flapper. Kemudian, air akan mengalir dari tangki ke mangkuk toilet. Namun, kalau katup flush/flapper bermasalah, aliran air yang mengalir ke mangkuk toilet dapat terhambat. Flapper berfungsi untuk membuka bejana penyimpan air dan menyalurkan air ke mangkuk area pembuangan. Saat flapper sudah sering digunakan, alat tersebut akan menjadi lemah, longgar, dan aus hingga menjadi bocor. Untuk mengatasinya, Anda dapat memeriksa rakitan katup flush. Mungkin saja rantai pada katup flush tersebut tersangkut atau putus. Gunakan alat yang dapat menyambungkan rantai yang putus, seperti penjepit atau peniti. Anda juga dapat melepaskan karet flapper dan menggantinya dengan yang baru.

Tangki Toilet Rusak Sehingga Aliran Air Terus Mengalir

Jika aliran air pada toilet Anda terus mengalir bahkan saat Anda tidak sedang menggunakannya, mungkin saja sistem katup pada tangki kendor. Sayangnya, katup ini hampir tidak dapat diperbaiki. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu membeli katup pengisi air yang baru.

Pelampung yang Terisi Air

Jika pelampung di tangki Anda terisi dengan air, bahkan jika katup berfungsi normal, hal ini dapat menyebabkan kebocoran pada tangki. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengganti bola pelampung Anda. Untuk mengetahui apakah pelampung Anda terisi dengan air, perhatikan apakah terdengar suara air saat Anda mengocok bola pelampung tersebut.
Tangki Toilet Rusak Anda dapat mengikut tips dari kami untuk mengatasi tangki toilet yang rusak!

Penutup

Demikian beberapa alasan yang dapat kami jabarkan mengenai alasan mengapa tangki toilet duduk Anda rusak berikut dengan tips untuk mengatasi kerusakan Anda. Kami harap artikel ini dapat memberi wawasan. Kami juga hadir dengan toilet duduk berkualitas tinggi yang dapat Anda pilih sebagai toilet duduk andalan Anda dan keluarga. Koleksi toilet duduk kami hadir dengan garansi bertahun-tahun yang dapat Anda klaim, sehingga Anda dapat memiliki peace of mind saat membeli dan memakai toilet duduk kami untuk bertahun-tahun ke depan. Telusuri koleksi kami di official store Europe Enchanting di Shopee, Tokopedia, dan di showroom resmi terdekat Anda. Temukan juga berbagai penawaran menarik untuk Anda dan keluarga.
Back to blog