Memilih Meja Makan

Tengah Memilih Meja Makan yang Tepat? Ini 5 Tips Kami!

Temukan tips untuk memilih meja makan yang tepat! Untuk hunian dengan ukuran yang terbatas, terkadang ruang makan dan dapur menjadi satu. Terkadang juga, ruang makan sudah menyatu dengan dapur sesuai desain orisinil rumah tersebut. Atau, demi kemudahan penyiapan dan perapihan makanan, ruang makan dan dapur dapat disatukan. Jika ruang makan dan dapur di hunian Anda menyatu, tentu perlu diterapkan beberapa hal supaya perabot makan, seperti meja dan kursi, dapat menyatu dengan baik dengan dapur Anda. Hal ini dikarenakan adanya banyak faktor yang dapat membuat pemilihan perabot makan menjadi salah dan tidak cocok untuk ditempatkan di ruang makan yang menyatu dengan dapur. Artikel ini akan membahas beberapa faktor yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sehingga perabot makan, khususnya meja makan, cocok ditempatkan di ruang makan yang menyatu dengan dapur. Berikut penjelasannya:
  • Sesuaikan dengan Tema

Apakah dapur Anda memiliki tema yang khusus? Kalaupun tidak ada tema, Anda dapat sesuaikan meja makan Anda dengan material yang paling sering digunakan di dapur, entah material kayu, granit, dsb. Perabot makan yang disesuaikan dengan tema dapur akan menunjang estetika dan keharmonisan tampilan dapur.
  • Sesuaikan Ukuran

Ada baiknya Anda mengukur dahulu dimensi ruang dapur Anda, khususnya area dimana meja makan akan diletakkan. Hal ini sangat penting, khususnya jika ruang dapur Anda terbatas, sehingga ruang yang dipakai untuk meletakkan meja makan tidak terlalu sempit. Untuk menghemat ruang, Anda dapat memilih untuk menggunakan kitchen island sebagai meja makan. Kitchen island juga dapat berfungsi sebagai tempat menyimpan alat-alat makan dan countertop untuk menyiapkan bahan makanan. Dengan menggunakan kitchen island yang multifungsi, Anda dapat menghemat ruang.
  • Perhatikan Bentuk

Anda dapat menemukan meja makan dalam keempat bentuk ini, yaitu: persegi, oval, lingkaran, dan persegi panjang. Masing-masing bentuk memiliki kegunaannya sendiri. Anda dapat menyesuaikan bentuk meja makan Anda dengan kebutuhan. Jika ruang dapur Anda terbatas, Anda dapat memilih meja makan persegi atau lingkaran karena bentuknya yang cenderung lebih kecil. Namun, jika Anda ingin meletakkan meja makan Anda dekat dengan sudut ruang, Anda dapat memilih meja makan persegi karena sudut-sudutnya dapat Anda dekatkan dengan sudut ruang. Sementara itu, meja makan berbentuk lingkaran cocok dipilih untuk menciptakan suasana yang dekat dan hangat karena bentuknya yang tanpa sudut. Meja makan berbentuk oval dan persegi panjang dapat Anda pilih jika Anda memiliki ruang lebih di dapur Anda.
  • Memilih Material

Meja makan hadir dengan beragam material, seperti kayu, kaca, dan batu. Anda dapat memilih material meja makan sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Selain itu, Anda juga dapat memilih berdasarkan pertimbangan mengenai biaya perawatan dan harga. Anda juga dapat memilih material meja makan sesuai material di dapur Anda. Supaya tidak terkesan monoton, Anda dapat memilih material meja makan yang berbeda dengan material di dapur. Namun, jika Anda ingin menciptakan keharmonisan, Anda dapat menyamakan material meja makan Anda dengan material sesuai tema dapur. Beberapa dari material meja makan yang dapat Anda temukan adalah sebagai berikut: - Kayu: Material ini memiliki daya tahan yang tinggi dan perawatan yang mudah. - Veneer: Material ini memiliki harga yang lebih murah dari kayu. - Batu: Kalau Anda ingin menciptakan kesan mewah dan elegan di dapur Anda, Anda dapat memilih meja makan dengan material ini. Meja batu cenderung terbuat dari bahan marmer, kuarsa, maupun bebatuan lainnya yang menyerupai semen.
  • Memilih Kaki Meja

Anda dapat memilih meja makan sesuai jenis kaki meja pada meja tersebut. Di pasaran, Anda dapat menemukan meja dengan kaki yang berbentuk trestle (empat kaki meja yang ditopang dengan penyilang), pedestal (satu kaki meja utama yang didukung dengan tiga sampai empat kaki tambahan), dan kaki empat biasa. Anda dapat menyesuaikan kaki meja makan Anda dengan ruang kaki yang diinginkan dan jumlah pengguna meja makan tersebut.
Memilih Meja Makan Supaya tidak salah pilih, Anda dapat mengikuti panduan memilih meja makan yang tepat melalui artikel ini.

Penutup

Demikian beberapa tips yang dapat kami sampaikan mengenai cara memilih meja makan yang tepat untuk disesuaikan dengan dapur yang menyatu dengan ruang makan. Kami harap tips yang kami berikan dapat memberi manfaat dan inspirasi. Lengkapi juga koleksi perabot dapur Anda dengan bak cuci piring dan keran air dapur dari Europe Enchanting. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas, seperti stainless steel SS 304, perabot dapur kami termasuk kuat dan kokoh. Anda juga dapat menemukan fitur-fitur canggih pada bak cuci piring kami, yang tujuannya adalah untuk memudahkan kegiatan dapur Anda. Temukan koleksi perabot dapur Europe Enchanting di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat.
Back to blog