Jangan Salah Ukur Lagi! Cermati Dulu Ukuran dan Letak Rak Handuk Sebelum Dibeli dan Dipasang!

Jangan Salah Ukur Lagi! Cermati Dulu Ukuran dan Letak Rak Handuk Sebelum Dibeli dan Dipasang!

Suka bingung kalau mau pasang rak handuk?

Seberapa tinggi harusnya posisi rak handuk dari lantai? Gimana dengan jaraknya dari perabot lainnya?

Mungkin kalau kamar mandi kamu sudah punya rak handuk yang dipasang sama pihak developer, kamu tidak perlu pusing memikirkan hal ini. 

Tapi, gimana kalau ternyata tidak ada rak handuk? Atau, gimana kalau kamu perlu rak handuk ekstra? 

Yang gak kalah penting, kamu juga perlu tahu ukuran rak handuk yang bakal kamu beli dan ruang yang tersedia buat pasang rak handuk kamu.

Karena, ukuran rak handuk yang terlalu besar gak akan muat buat ruang yang tersedia. Sementara, ukuran rak handuk yang kekecilan bisa membuat tampilan rak tersebut aneh dan kurang cocok dengan keseluruhan tampilan kamar mandi kamu. 

Supaya gak bingung, yuk, pelajari artikel ini!  

Ukuran dari Lantai 

Posisi standar rak handuk dari lantai adalah sekitar 120cm. Ukuran ini cenderung mampu mengakomodasi tinggi badan rata-rata orang Asia dan membuat rak handuk mudah untuk dijangkau. 

Posisi ini juga melindungi bagian bawah handuk, karena tidak membuatnya menyentuh lantai.

Posisi rak handuk ini cocok buat handuk berukuran standar maupun handuk yang lebih besar ukurannya (i.e. dengan panjang lebih dari 30 cm).  

Buat rak handuk anak-anak, tentunya ukurannya dari lantai akan lebih rendah. 

Sementara, kalau rak handuk kamu adalah towel ring, kamu bisa mengikuti ukuran yang sama dengan towel bar biasa (i.e. 120 cm dari lantai).

Tapi, kalau kamu mau pasang towel ring di samping meja rias, patokan ukurannya adalah 45-55 cm dari countertop meja rias. 

Ada juga robe hook, yaitu gantungan handuk yang bentuknya seperti pengait. Robe hook ini biasanya hadir dengan satu pengait untuk mengakomodasi satu helai handuk.

Posisinya dari lantai bisa agak lebih tinggi, yaitu sekitar 130 cm. Ini dikarenakan posisi handuk cenderung lebih dekat ke lantai karena tidak direntangkan saat digantung di robe hook.

Buat rak handuk yang akan dipasang tepat di atas kloset duduk, ukurannya bisa di set 120 cm dari lantai. 

Jarak Rak dengan Benda Lain 

Jarak yang pas antara ujung rak handuk dengan perabot atau pajangan dinding lainnya adalah sekitar 15 cm.

Ukuran ini bisa dianggap pas karena posisi rak tidak akan terlihat terlalu dempet atau terlalu renggang dengan benda-benda di sampingnya.   

Ukuran Handuk 

Saat memilih rak handuk, kamu juga perlu mempertimbangkan ukuran handuk yang kamu punya.

Biasanya, handuk tangan punya lebar sekitar >20 cm. Sementara, handuk badan untuk orang dewasa punya lebar sekitar >38 cm. 

Rak handuk yang bisa kamu pilih adalah rak handuk dengan lebar sekitar >30 cm (untuk handuk tangan) atau >50 cm (untuk handuk badan), supaya bisa mengakomodir handuk kamu dengan pas. 

Cara Mengukur 

Supaya kamu bisa mengukur kamar mandi dengan tepat, kamu bisa ikuti 6 langkah praktis ini: 

- Ukur lebar keempat segi dinding di kamar mandi kamu. 

- Pilih bagian dinding yang bisa mengakomodir rah handuk kamu. 

- Ukur ruang kosong pada setiap segi dinding, khususnya ukuran dari ujung dinding sampai ujung benda yang dipajang di dinding, atau ukuran antara ujung dua benda jika benda yang dipajang lebih dari satu. 

- Setelah selesai mengukur, kamu bisa mengurangi sekitar 15 cm dari total ukuran tersebut, supaya kamu setidaknya punya ruang sekitar 6-7 cm pada kedua ujung rak handuk saat kamu memasangnya. 

- Kamu bisa pakai selotip untuk ditempelkan ke dinding sesuai ukuran rak handuk yang ingin kamu pasang, dengan menyisakan sekitar 6-7 cm antara kedua ujung selotip dengan benda lainnya yang dipasang di dinding. 

- Kemudian, menjauhlah dari dinding beberapa langkah dan amati apakah posisi untuk rak handuk sudah proporsional atau belum. Kalau ternyata belum, mungkin kamu harus mengganti ukuran rak atau ganti posisi pemasangannya.   

Penutup 

Supaya tidak salah pilih rak handuk, ada baiknya kamu mempelajari ukurannya dan mengetahui cara mengukur bagian dinding tempat kamu akan memasangnya.  

Buat kamu yang sedang cari rak handuk yang estetis, kuat, dan muat banyak handuk, yuk, check koleksi rak handuk dari Europe Enchanting! 

Kamu bisa temukan rak handuk Enchanting di official store kami di Shopee, Tokopedia, Lazada, website resmi, atau di showroom terdekat. 

Back to blog