Buang Kebiasaan yang Bisa Bikin Wastafel Kabinet Kamu Lembab! Ikuti Tips dari Kami!

Buang Kebiasaan yang Bisa Bikin Wastafel Kabinet Kamu Lembab! Ikuti Tips dari Kami!

Jangan sampai kabinet wastafel kamu rusak karena lembab!

Kabinet wastafel yang lembab membawa banyak masalah, seperti membuat kamar mandi bau apek, membuat jamur berkembangbiak, dan membuat cat di dalam atau luar kabinet mengelupas. 

Karena itu, kalau kamu ingin menjaga kondisi kabinet wastafel dengan baik, yuk, simak berbagai alasan dan cara mengatasi kelembaban pada kabinet wastafel! 

Basah dan Kurang Ventilasi

Kalau kamar mandi kamu sering basah, jarang dikeringkan, atau kurang ventilasi, ada kemungkinan besar ruangan tersebut bakal jadi lembab. 

Hujan

Hujan yang berkepanjangan juga bisa mempengaruhi kondisi kamar mandi, khususnya kalau posisi kamar mandi menghadap ke luar rumah atau kamar mandimu punya jendela atau pintu yang biasa dibiarkan terbuka saat musim hujan.

Pipa Bocor

Pipa yang bocor juga bisa menyebabkan kelembaban, entah pipa dari wastafel atau pipa yang tersembunyi di dalam dinding kamar mandi. 

Tidak Mengeringkan Alat-alat

Kalau kamu suka menyimpan botol atau alat-alat kamar mandi ke dalam wastafel kabinet tanpa mengeringkannya terlebih dahulu, bercak-bercak air dari alat-alat tersebut juga bisa membuat kabinet wastafel lembab. 

Nah, karena sekarang kamu sudah tahu berbagai alasan kabinet wastafel menjadi lembab, yuk, cari tahu cara menjaga dan membetulkan kabinet wastafel yang sudah lembab! 

Buka Pintu Kabinet

Ada baiknya kamu sering-sering buka pintu kabinet wastafel kamu. Jadi, selain menjaga supaya kabinet tetap kering, kamu juga bisa wanti-wanti lebih dini tanda-tanda kelembaban yang mungkin mulai muncul di dalam kabinet. 

Keringkan Alat-alat

Ada baiknya kamu ambil waktu buat keringkan alat-alat yang akan disimpan di dalam kabinet. Kalau ribet, kamu bisa siapkan handuk kecil dan gantung di samping kabinet. 

Gel Silika

Gel silika (silica gel) adalah silikon dioksida sintetis dan punya tekstur yang mirip butiran kaca. Produk ini biasanya diselipkan ke beberapa jenis barang jadi, seperti tas, sepatu, dan makanan, guna mencegah/memperlambat kerusakan. 

Gel silika punya banyak manfaat. Salah satunya adalah menyerap kelembaban. Di ruangan tertutup, gel silika mampu menyerap kelembaban sampai 40% (Howstuffworks). 

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menaruh gel silika di dalam kabinet, tanpa harus diapa-apakan lagi. Tidak untuk menyerap kelembaban saja, gel silika juga bisa mengurangi bau tak sedap akibat kelembaban. 

Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara juga berpengaruh ke tingkat kelembaban di kamar mandimu. Kamar mandi yang sering dikeringkan dengan cara membuka jendela, pintu atau lubang ventilasi punya resiko yang lebih sedikit dalam mengalami kelembaban. 

Tisu

Hindari juga menaruh tisu, kantong sampah atau kompos dari kertas ke dalam kabinet. Hal ini bisa meningkatkan kelembaban karena produk-produk ini dapat menyerap air dan menjadi sarana jamur berkembang biak. 

Container Anti Bocor

Walaupun alat-alat kamar mandi sudah kering, pastikan juga alat-alat mandi yang cair, seperti sabun dan shampo, tertutup rapat dan tidak dalam kondisi bocor. 

Deep Cleaning

Deep cleaning adalah proses membersihkan perabot atau ruangan secara mendalam dan keseluruhan. Pastikan kamu melakukan deep cleaning pada bagian dalam dan luar kabinet setidaknya sekali per dua bulan. 

Check Kebocoran

Check apakah ada yang bocor, baik pada pipa wastafel yang tersambung dengan kabinet atau pipa yang ada di belakang dinding kamar mandi. Segera betulkan. 

Penutup

Ada baiknya kamu menjaga sebelum kabinet rusak daripada membetulkan karena kabinet sudah rusak. Jadi, ada baiknya kamu check kondisi kamar mandimu secara berkala. 

Semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk kamu dan keluarga.

Buat kamu yang sedang cari wastafel kabinet yang kokoh dan tahan lama, Europe Enchanting hadir dengan koleksi wastafel kabinet dari bahan PVC berkualitas. 

Kamu bisa check koleksi wastafel kabinet kami di official store kami di Shopee, Tokopedia, dan di showroom terdekat. 

Back to blog